Ini Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk hidup sehat tanpa perlu mendaftar ke pusat kebugaran atau meluangkan waktu khusus untuk berolahraga. Kamu cukup berjalan kaki selama 30 menit setiap hari. Apa saja manfaat jalan kaki bagi kesehatan? Simak di bawah ini.

 

1. Langkah awal untuk menerapkan gaya hidup sehat

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Per Hari
Jalan kaki awal mula kamu ikut lomba maraton via pixabay.com

Dengan berjalan kaki selama 30 menit per hari, kamu bisa belajar untuk fokus dan menjalani suatu rutinitas baru. Kebiasaan barumu ini akan menjadi pembuka jalan untuk memulai pola hidup sehat. Kamu bisa lanjut mempelajari pola makan yang sehat atau pelan-pelan meningkatkan intensitas dari jalan menjadi joging.

 

2. Tidur lebih cepat dan nyenyak

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Per Hari
Tidurmu akan lebih berkualitas via pixabay.com

Rutin jalan kaki juga dapat membuat tubuhmu segar seperti layaknya berolahraga serta menjadikan metabolisme tubuh lebih lancar. Pada malam hari, jam tidurmu akan semakin maju karena tubuh membutuhkan istirahat malam untuk memulihkan kondisi. Dalam jangka panjang, pola tidurmu jadi teratur.

 

3. Memperbaiki mood

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Per Hari
Jalan kaki bisa memperbaiki moodmu via pixabay.com

Kamu mengalami hari yang buruk atau sedang banyak pikiran? Lampiaskan kegalauanmu dengan berjalan kaki. Aktivitas fisik seperti berjalan kaki seperti sudah disebutkan di atas dapat memperlancar peredaran darah. Nah, peredaran yang lancar membuat suasana hatimu lebih baik serta pikiran lebih jernih.

 

4. Melatih pernapasan

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Per Hari
Melatih pernafasan via pixabay.com

Sistem peredaran darah berkaitan erat dengan sistem pernapasan. Saat kita berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, jantung memompa darah lebih cepat. Tubuh juga membutuhkan oksigen lebih banyak sehingga paru-paru jadi semakin aktif bekerja. Dengan begitu rutin berjalan kaki akan melatih otot-otot pernapasan bekerja lebih efisien.

 

5. Jauh dari penyakit kronis

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Per Hari
Mencegah serangan jantung via pixabay.com

Berjalan kaki, seperti halnya berolahraga, bermanfaat menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti hipertensi, demensia, diabetes, stroke, dan lain-lain.

 

6. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat Jalan Kaki 30 Menit Per Hari
Jalan kaki dapat membantu dietmu via pixabay.com

Jalan kaki dengan langkah cepat selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori. Saat berjalan kaki, kelebihan lemak dan glukosa akan diproses menjadi energi sehingga tidak menumpuk di dalam tubuh. Jadi kalau kamu ingin mengontrol berat badan dalam waktu lama, jalan kaki bisa menjadi solusi.

 

7. Mengurangi depresi

via pixabay.com

Dari segi kesehatan mental, berjalan kaki juga dipercaya dapat mengurangi depresi. Hasilnya akan lebih maksimal kalau kamu berjalan kaki bersama orang lain. Sambil jalan, selingi dengan ngobrol sehingga rasa kesepian bisa terobati.
Jalan kaki bisa kamu lakukan sebelum berangkat ke kantor ataupun pada saat pulang dari kantor. Yuk berbagi pengalaman dan manfaat berjalan kaki di kolom komentar di bawah ini.


 

Leave a Reply