9 Bahan Alami Pelembap Tubuh dan Manfaatnya bagi Kulit

Tren kecantikan berubah cepat banget. Masih ingat, dulu banyak perempuan yang mencari sabun susu kambing. Eh sekarang, serum lendir siput dari Korea yang bikin heboh.

Walau ada yang berubah, namun ada juga yang tetap. Misalnya saja, beberapa bahan alami berikut ini penggemarnya masih banyak. Bukan cuma berkhasiat, bahan ini mudah dibuat jadi pelembap dan berbagai produk lainnya. Penasaran, apa saja bahan alami pelembap tubuh tersebut? Ini jawabannya.

 

1. Kacang almon

via wikimedia.org

Kacang almon bisa kamu ambil minyaknya, jadikan susu, makan sebagai camilan, dan tentu saja kamu jadikan bahan pelembap alami tubuh. Pemanfaatannya bagi kulit bahkan sudah dilakukan ribuan tahun lalu, sejak orang-orang yang menggeluti pengobatan Ayurveda India menggunakan almon untuk perawatan dan melembapkan kulit.

Almon kaya akan vitamin E, kalsium, magnesium, dan omega 6 yang sangat baik bagi kulit. Saat kamu mengolesi kulit menggunakan produk yang terbuat dari ekstrak almon, itu berarti kamu memproteksi kulit dari serangan sinar ultraviolet yang merusak. Kegunaan lainnya, almon bisa untuk mengobati kulit yang terbakar, iritasi, eksim, serta menghilangkan gatal-gatal.

 

2. Minyak zaitun

via pexels.com

Minyak zaitun bukan cuma cocok jadi pelezat masakan, tapi juga bagus untuk merawat kecantikan kulit. Kalau kulitmu kering dan sensitif, coba deh oleskan minyak zaitun. Yah, kayak gorengan saja pakai diolesi minyak zaitun. Ya sudah, kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang sudah diolah menjadi produk body butter. Hasilnya sama-sama oke.

 

3. Kakao

via pixabay.com

Biji kakao bahan baku cokelat bisa diolah jadi mentega kakao (cocoa butter). Mentega ini bukan untuk membuat kue atau roti tapi digunakan sebagai pelembap kulit. Cocoa butter bermanfaat melindungi tubuh dari pengaruh lingkungan yang bisa merusak kulit seperti sinar ultraviolet. Bahkan katanya, cocoa butter bisa digunakan untuk mengurangi stretch mark. Tertarik mencoba?

 

4. Kacang Shea

via wikimedia.org

Pernah memakai shea butter? Pelembap kulit ini terbuat dari kacang Shea, tumbuhan asli Afrika. Shea butter yang kaya akan asam lemak baik berguna untuk menghilangkan stretch mark, merawat kulit terbakar, mengurangi keriput, sampai mengobati psoriasis dan eksim.

 

5. Minyak jojoba

via wikimedia.org

Jojoba, tanaman asli Amerika Utara, dapat diolah untuk menghasilkan minyak jojoba. Minyak ini berguna untuk perawatan kulit. Khasiatnya antara lain dapat menyembuhkan jerawat, menetralkan kulit yang terbakar matahari, dan tentu saja melembapkan kulit. Kalau digunakan pada rambut, minyak jojoba dapat menyembuhkan ketombe dan menyehatkan kulit kepala.

 

6. Kelapa

via pxhere.com

Semua bagian kelapa memiliki manfaat, tidak terkecuali minyaknya. Minyak kelapa atau mentega kelapa berguna untuk meningkatkan metabolisme kulit sehingga membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Kamu enggak perlu beli produk suplemen kulit mahal-mahal, gunakan saja minyak kelapa.

 

7. Lidah buaya

via pixabay.com

Lidah buaya mengandung 20 mineral bermanfaat, 12 vitamin dan 18 asam amino. Dengan kandungan seperti itu, kamu enggak perlu ragu lagi akan khasiat lidah buaya. Tanaman yang punya nama keren Aloe vera ini berguna untuk mengobati kulit terbakar, mengurangi iritasi pada kulit, meningkatkan sirkulasi darah di kulit, hingga memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

 

8. Minyak argan

via wikimedia.org

Setelah tadi ada kacang shea, sekarang ada kacang argan dari Maroko. Minyak dari kacang ini cocok sebagai pelembap berbagai jenis kulit. Minyak argan kaya akan vitamin E, anti oksidan, serta asam lemak yang bermanfaat. Pakai produk yang terbuat dari minyak argan, kulit akan terlihat bercahaya serta terjaga kelembapan serta elastisitasnya.

 

9. Alpukat

via publicdomainpictures.net

Buah ini memang enak buat dijus, tapi apa untuk kulit ada manfaatnya? Jangan salah, alpukat kaya akan asam lemak tak jenuh ganda, vitamin, dan vitamin E. Dengan kandungannya tersebut, alpukat berguna untuk menjaga kulit tetap kenyal, berseri, dan lembut.

 

Pilih sendiri bahan alami pelembap kulit mana yang jadi favoritmu. Yang jelas semuanya bagus dan produknya relatif bisa kamu temukan di toko atau mal terdekat. Mau bikin sendiri juga boleh.


 

Leave a Reply