7 Tips Mujarab Mendapatkan Hotel Murah

Selain biaya tiket, biaya akomodasi jadi biaya yang porsinya paling besar sewaktu traveling. Kalau kita bisa mendapatkan hotel murah atau penginapan tarif rakyat, pastinya pengeluaran traveling akan jauh lebih hemat.

Kira-kira bagaimana ya caranya menekan biaya akomodasi ini? Enggak perlu pusing, beberapa cara di bawah ini bisa jadi solusi.

 

1. Cari dari banyak situs web

via flickr.com

Tips pertama mendapatkan hotel murah adalah kamu perlu rajin-rajin buka situs web yang menawarkan promo penginapan. Situs-situs tersebut misalnya Traveloka, Pegipegi, Booking.com, Mister Aladin, atau Airy Rooms. Cermati harga yang ditawarkan satu demi satu.

Setelah membandingkan, kamu bisa memesan deh tuh penginapan dengan harga termurah. Oh iya, pastikan situs web tempat kamu memesan adalah situs yang sudah punya nama dan terpercaya. Jangan yang nama situsnya baru kali ini kamu dengar.

 

2. Manfaatkan promo kartu kredit

via pixabay.com

Kartu kredit lumayan sering juga memberikan promo-promo yang berkaitan dengan traveling. Entah itu promo tiket perjalanan ataupun promo penginapan. Manfaatkan promo tersebut supaya kamu bisa mendapatkan hotel lebih murah.

Malahan selain bisa menghemat bujet akomodasi, kartu kredit juga sering memberikan reward point bagi penggunanya. Poin tersebut nanti bisa kamu tukarkan untuk mendapatkan kemudahan lain. Jadi dobel untung, kan?

 

3. Mengikuti loyalty program

via pixabay.com

Kamu punya hotel favorit? Kalau punya, kamu bisa lho memanfaatkan kesetiaanmu. Ada banyak hotel yang menawarkan harga khusus bagi para pelanggan setianya. Hal ini dilakukan agar mereka tetap setia menginap di hotel tersebut.

 

4. Memanfaatkan promo menit terakhir

via pixabay.com

Hotel biasanya punya penawaran khusus untuk kamar-kamar yang belum terisi atau mendadak dibatalkan oleh pemesannya. Coba deh cari-cari informasi soal promo last minute seperti itu. Kamu bisa menggali infonya dari agen perjalanan atau situs perjalanan semacam Tiket.com, Traveloka, Hotel Quickly atau lastminute.com.

 

5. Memesan penginapan pada saat bukan musim liburan

via maxpixel.freegreatpicture.com

Cara lain mendapatkan hotel murah tentu saja memesannya pada saat low season alias di luar musim liburan. Supaya tetap ada arus uang masuk, hotel pasti tidak segan-segan memberikan harga khusus pada saat-saat seperti itu.

 

6. Menggunakan paket

via flickr.com

Beberapa agen perjalanan biasanya menawarkan paket dalam bentuk tiket transportasi lengkap dengan penginapan di destinasi tujuan. Coba deh manfaatkan penawaran seperti itu. Selain lebih praktis, kamu juga bisa menghemat uang ketimbang memesan hotel terpisah dengan tiket transportasi.

 

7. Patungan dengan teman

via nps.gov

Tips terakhir, ajak temanmu untuk traveling bareng. Selain makin seru, kamu juga bisa menghemat biaya akomodasi karena biayanya sekarang kalian tanggung berdua (atau bertiga atau ramai-ramai). Kalaupun tempat tidur enggak cukup buat kamu dan temanmu, kamu bisa minta extra bed, yang biayanya jauh lebih irit ketimbang memesan kamar satu lagi.

 

Demikian tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan hotel murah. Kamu punya tips khusus untuk menghemat biaya penginapan? Kalau ada, share di kolom komentar ya.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply