7 Tips Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Musim hujan sudah tiba, guys! Selain ancaman banjir, musim hujan juga identik dengan musim sakit. Orang satu rumah atau satu ruangan kantor bisa pilek barengan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum terserang penyakit, yuk praktikkan tips tetap sehat saat musim hujan berikut ini.

 

1. Hindari air kotor

tips tetap sehat saat musim hujan
via wikimedia.org

Saat terjebak hujan di jalan, kamu pasti kepingin cepat-cepat sampai di tujuan. Kalaupun terhadang genangan air, pasti kamu lewati saja supaya bisa cepat sampai.

Besok-besok boleh seperti itu, tapi pastikan kamu mengenakan pelindung air untuk tubuh dan kaki. Kenakan ponco untuk melindungi tubuh dan sepatu bot untuk melindungi kaki. Banyak bakteri dan virus yang menular lewat air serta menjadi pemicu berbagai penyakit.

Kalau kelupaan bawa pelindung tubuh atau kaki, sebisa mungkin kamu punya baju dan sepatu ganti. Begitu sampai di tujuan, kamu bisa mengganti baju dan sepatu yang basah dengan yang bersih dan kering.

 

2. Cegah gangguan nyamuk

tips tetap sehat saat musim hujan
via wikimedia.org

Wadah yang bisa menampung air seperti pot, kaleng bekas cat, atau ember rawan jadi sarang nyamuk. Periksa ke sekeliling rumahmu. Kalau menemukan wadah yang mengandung air tergenang segera keluarkan airnya. Kalau barang tersebut sudah tidak kamu perlukan lagi, daripada jadi sarang nyamuk, lebih baik singkirkan saja.

 

3. Jangan beli makanan pinggir jalan

via wikimedia.org

Makan bakso saat cuaca dingin memang rasanya selangit. Walau begitu, ada baiknya kamu mengurangi makan bakso dan makanan pinggir jalan lainnya saat musim hujan. Air hujan potensial membawa berbagai bakteri yang dapat menempel ke makanan dan alat makan. Sebagai gantinya, persiapkan bekal dari rumah. Selain lebih bersih, bekal yang kamu bawa sudah pasti lebih sehat.

 

4. Jaga kebersihan badan

via pixabay.com

Saat musim hujan dan udara lembab, bakteri dan virus akan semakin aktif. Aktivitas sesederhana berjalan ke luar rumah atau memegang bangku di tempat umum bisa membuat kamu tertular penyakit.

Untuk mencegahnya, biasakan cuci tangan dengan sabun setiap kali kamu keluar rumah. Mandi dua kali sehari untuk membersihkan keringat dan kotoran yang melekat di badan. Kalau kehujanan, begitu sampai di rumah, segera mandi untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel dari air hujan.

 

5. Jangan memegang muka

via pexels.com

Virus flu biasanya menyebar lewat mata, hidung, dan mulut. Oleh sebab itu hindari memegang muka, mengucek mata, atau mengusap kening saat berkeringat. Lebih baik sediakan selalu sapu tangan dan tisu.

Penyakit lain seperti infeksi mata konjungtivitis dan mata kering juga umum terjadi saat musim hujan. Kalau enggak dirawat bisa fatal. Segera ke dokter kalau matamu merah, iritasi, dan gatal.

 

6. Makan makanan sehat

via staticflickr.com

Perbanyak makan makanan bergizi saat musim hujan tiba. Asupan makanan bergizi dapat menjagamu tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Sebagai tambahan, kamu bisa rutin mengonsumsi vitamin C untuk memperkuat daya tahan tubuh.

Kalau kedinginan, coba seduh teh herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti jahe, kamomil, mint, dan serai. Selain menghangatkan tubuh, minuman tersebut baik untuk melawan batuk, hidung mampet dan tenggorokan kering.

 

7. Jaga kebersihan

via pixabay.com

Jaga lingkungan sekitarmu tetap bersih selama musim hujan. Ajak orang-orang di lingkungan tempat tinggalmu untuk kerja bakti membersihkan lingkungan. Bersihkan saluran air dari sampah sehingga air tidak tergenang dan menjadi sarang nyamuk.

 

Hebat kan, saat orang-orang tumbang karena pengaruh cuaca, kamu bisa tetap sehat dan produktif. Kalau ada tips tetap sehat saat musim hujan selain yang sudah disebutkan di atas, jangan ragu bagikan di kolom komentar ya..


 

Leave a Reply