Entrepreneur Wajib Tahu, Inilah 5 Hal yang Sebenarnya Diinginkan Konsumen

Konsumen atau pembeli atau klien, apapun sebutannnya, merupakan faktor terpenting dari suatu bisnis. Seorang entrepreneur wajib mengetahui keinginan konsumen agar bisnisnya berjalan lancar.

Cuma, konsumen seringkali tidak mengatakan apa yang diinginkannya. Sering juga konsumen tidak tahu apa yang dibutuhkan atau diinginkannya. Pokoknya pengusaha atau produsen harus peka dan mengetahuinya tanpa harus diberitahukan oleh konsumen.

Repot ya kedengarannya? Sebenarnya apa sih maunya konsumen. Kalau menurut JadiMandiri, konsumen itu sebenarnya menginginkan hal-hal berikut ini.

 

1. Produk yang terbaik

pixabay.com

Zaman sekarang konsumen dihadapkan pada banyak sekali pilihan. Seringkali mereka bingung produk mana yang bagus untuk dipilih. Sebagai entrepreneur, kamu perlu memberikan masukan atas pilihan yang tersedia agar mereka enggak salah memilih. Selain itu, kamu juga perlu mencantumkan informasi atau keterangan yang jelas sehingga konsumen dapat memutuskan produk yang terbaik bagi mereka.

 

2. Dipahami kebutuhannya

via media.defense.gov

Enggak semua konsumen bisa menjelaskan apa yang mereka inginkan atau butuhkan. Lalu bagaimana dong sikap kamu sebagai produsen atau entrepreneur? Apakah kamu dituntut bisa membaca pikiran konsumen?

Kamu tidak perlu sampai belajar kemampuan supernatural seperti itu. Yang kamu butuhkan adalah kemampuan berkomunikasi kepada konsumen dengan baik. Miliki inisiatif dan empati untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan. Pasti deh, bisnis dan produkmu punya nilai plus di mata konsumen.

 

3. Dihargai dan dianggap penting

pxhere.com

Setiap konsumen ingin dihargai dan dianggap penting, karena itu pendekatan personal penting untuk dilakukan. Misalnya, memanggil nama konsumen sambil tersenyum ramah atau meminta konsumen berkontribusi memberi saran dan masukan.

Pendekatan personal seperti akan menjadikan mereka merasa dihargai dan dipercaya. Di sisi lain, kamu dapat masukan yang sangat berharga untuk meningkatkan bisnis.

 

4. Pelayanan yang prima

via wikimedia.org

Setiap konsumen ingin dilayani dan dipenuhi kebutuhannya tanpa harus berlama-lama menunggu. Tapi kecepatan saja tidak cukup. Pelayanan yang diberikan selain cepat juga harus baik dan tepat. Dengan kata lain, pelayanan haruslah prima.

 

5. Bonus

pxhere.com

Semua orang senang dapat kejutan berupa hadiah. Kamu bisa memberikan kejutan dalam bentuk bonus kepada pelangganmu. Pemberian bonus tidak harus mahal-mahal. Sedikit tambahan, misalnya pelanggan membeli 5 kilo, kamu beri bonus seperempat kilo, sudah bisa membuat pelanggan tertarik untuk datang lagi dan lagi ke tokomu.

 

Apakah kamu setuju dengan “teori” keinginan konsumen ala JadiMandiri? Kalau kamu sendiri apa yang mendorong kamu belanja di satu tempat dan tidak di tempat lain?


 

Leave a Reply