5 Buku Panduan Finansial untuk Milenial

Generasi pendahulu milenial, entah itu baby boomers atau generasi X banyak yang beranggapan milenial enggak realistis dan pemalas. Mereka mungkin belum memahami kalau milenial hidup di zaman di mana kesempatan terbentang lebar, karena itu milenial suka mengejar impian. Lihat saja Mark Zuckerberg dan berbagai pendiri startup lainnya, mereka adalah contoh generasi milenial yang berani dan sukses mengejar impiannya.

Kalau kamu bagian dari generasi milenial yang ingin mewujudkan impian, yuk baca 5 buku panduan finansial untuk milenial ini.

 

1. Your Money Your Life

A post shared by Skylar Bey (@skylarbey) on

Judul lengkap buku ini Your Money or Your Life: 9 Steps to Transforming Your Relationship with Money and Achieving Financial Independence. Lumayan panjang ya. Buku ini merupakan salah satu buku paling populer bagi generasi milenial yang ingin mengelola keuangan dengan baik. Grant Sabatier, penulis Millennial Money yang jadi miliuner hanya dalam waktu 5 tahun sangat suka dengan buku ini.

Buku yang ditulis oleh Vicki Robin, Joe Dominguez, Monique Tilford, dan Mark Zaifman ini memberikan pencerahan keterkaitan antara waktu dan uang. Gagasan utamanya, kalau seseorang mulai memikirkan berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk menghasilkan uang, maka dia akan melihat apapun yang dia beli dalam ukuran waktu.

Misalnya, penghasilanmu 5 juta sebulan dan kamu ingin membeli ponsel yang harganya 2,5 juta. Berarti harga ponsel tersebut sebanding dengan kerja kerasmu selama setengah bulan.

Selain itu, buku ini juga memberi dorongan bagi pembacanya untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Hidup jangan begitu-begitu saja. Isilah dengan bekerja, berinvestasi, melakukan kegiatan sosial, menerapkan kebiasaan keuangan yang baik, dan lain sebagainya.

 

2. The Bogleheads’ Guide to Investing

Investasi itu penting, namun banyak orang enggan mempelajari tentang investasi karena buku-buku panduannya berat dan membosankankan. Untunglah buku ini jauh dari panduan investasi kebanyakan.

Walau topik investasi lumayan berat, buku ini menyajikannya dengan santai dan menyenangkan. Penulisnya adalah sekelompok orang yang menyukai saran-saran keuangan Jack Bogle, pendiri perusahaan raksasa investasi Vanguard.

Salah satu saran yang ada di buku ini misalnya membeli sebagian kecil saham dari banyak saham yang dijual. Dalam 10 tahun saham tersebut pasti nilainya meningkat sehingga kamu akan mendapatkan keuntungan. Selain itu, buku ini juga menjelaskan keuntungan reksa dana dan berbagai strategi investasi. Komplet.

 

3. Make it Happen!

Prita Hapsari Ghozie adalah salah satu dari segelintir orang di Indonesia yang memiliki gelar akademis resmi dalam bidang Perencanaan Keuangan. Ia juga menyandang gelar profesional sebagai Certified Financial Planner Professional.

Selain menjabat sebagai CEO perusahaan perencana keuanagan Zap Finance, Prita sering berbagi pengetahuan lewat blog keuangan, acara bincang radio, bincang televisi, dan buku. Buku yang ia tulis, Make It Happen! berisikan tahapan perencanaan keuangan untuk mewujudkan berbagai mimpi seperti punya rumah, kendaraan pribadi, dana pendidikan anak, sampai dana pensiun.

 

4. How to Be a Financial Grownup

A post shared by Novel Audio (@novelaudio) on

Buku yang memiliki judul lengkap How to Be a Financial Grownup: Proven Advice from High Achievers on How to Live Your Dreams and Have Financial Freedom ini ditulis oleh Bobbi Rebell. Ia merupakan seorang pembawa berita dan kolumnis keuangan di Thomson Reuters.

Dalam bukunya ini, Bobbi Rebell, menggunakan cerita-cerita inspirasional dari berbagai tokoh sukses seperti Bob Moritz, Cynthia Rowley dan Tony Robbins. Cerita-cerita itu kemudian digunakan sebagai contoh saran finansial yang mudah diterapkan. Buku ini cocok bagi mereka yang ingin mendapatkan saran finansial dan cerita inspirasional.

 

5. Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya

A post shared by Safir Senduk (@safirsenduk) on

Safir Senduk merupakan penasihat keuangan independen pertama di Indonesia. Ia sudah lama malang melintang di dunia finansial. Enggak salah kalau kamu mempercayakan nasihat keuangan pada dirinya.

Coba baca bukunya yang berjudul Siapa Bilang Jadi Karyawan Nggak Bisa Kaya?: 5 Kiat Praktis Mengelola Gaji agar Bisa Kaya (Seri Kiat Praktis Perencanaan Keuangan). Buku ini memberi saran untuk membeli sebanyak mungkin harta produktif, mengatur pengeluaran dengan bijak, menghindari utang, memiliki proteksi (asuransi) dan menyisihkan dana untuk masa depan (pensiun).

 

Baca buku-buku di atas akan menambah banyak pengetahuan baru seputar keuangan. Apa kamu punya bacaan lain seputar topik keuangan yang seru dan asyik dibaca? Yuk, berbagi di kolom komentar.


 

Leave a Reply