5 Kiat Sukses Richard Branson yang Dapat Menginspirasimu

Sukses tidak turun langsung dari langit. Butuh ambisi, kerja keras, dan ide-ide kreatif untuk bisa sukses. Salah satu entrepreneur yang punya itu semua adalah Sir Richard Charles Nicholas Branson atau yang lebih dikenal dengan Richard Branson.

Siapa sih Richard Branson? Ia adalah orang di balik kesuksesan Virgin Group. Usaha yang dijalankannya mulai dari rekaman musik sampai penerbangan wisata ke luar angkasa. Bukan hanya itu, selain pebisnis yang andal, ia juga seorang motivator hebat dan humanitarian.

via flickr.com

Ayahnya berprofesi sebagai pengacara dan ibunya berprofesi sebagai seorang pramugari. Memiliki kesulitan di bidang akademis dan juga disleksia, ia harus drop out dari sekolahnya pada usia 16 tahun. Kegagalan di bidang akademis justru mendorongnya untuk merintis bisnis. Bisnis pertamanya adalah membuat majalah untuk pelajar bernama Student.

Tujuh tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1973, Richard Branson merambah ke bisnis rekaman musik untuk menambah modal usaha majalahnya. Ia membuat perusahaan rekaman dengan nama Virgin Records. Penyanyi dan band yang sukses di bawah label ini antara lain Smashing Pumpkins, Janet Jackson, dan Sex Pistols.

Kesuksesan di bidang musik tersebut tidak membuatnya puas dan berhenti. Ia kemudian memperluas bisnisnya ke industri penerbangan lewat mendirikan Virgin Atlantic Airline tahun 1984 dan Virgin Galactic tahun 2004.

 

7 Kiat Sukses Richard Branson yang dapat Menginspirasimu
via flickr.com

Walau begitu perjalanan bisnisnya tidak selalu mulus. Richard Branson pernah mengalami kegagalan sehingga harus menjual Virgin Records pada tahun 1992. Namun ia mampu bangkit kembali dengan membuat Virgin Radio pada tahun 1993 dan perusahaan rekaman baru V2 pada tahun 1996.

Mau mengikuti jejak kesuksesannya? Berikut adalah kiat sukses Richard Branson yang bisa kamu tiru.

 

1. Just do it!

Ketika kamu bercita-cita ingin punya bisnis, just do it! Jangan cuma jadi keinginan, wujudkan cita-citamu tersebut. Buat rencana mendetail dan percaya kalau hal tersebut bisa dicapai. Nikmati setiap proses yang harus dijalani.

2. Berani

Sukses tidak diraih dengan cuma-cuma. Sukses harus diraih dengan kerja keras dan keberanian sebab saat membangun bisnis, kamu pasti akan berhadapan dengan hal-hal yang belum pernah kamu lakukan atau terpikirkan sebelumnya. Hal-hal itu akan memberikan warna dalam hidupmu.

3. Memiliki sifat menghargai

Ketika mulai berbisnis, tetapkan di pikiranmu bahwa kamu harus selalu menghargai orang lain. Dengan bersikap sopan dan adil terhadap orang lain, niscaya orang lain akan menghargaimu juga. Pastikan juga memilih orang-orang yang tepat untuk membuatmu maju. Jangan lupa berikanlah penghargaan untuk setiap usaha dan kontribusi dari orang tersebut.

4. Cermat

Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah. Banyak rintangan akan menghalangi jalanmu menuju sukses. Selalu hitung risiko yang akan kamu hadapi dan hadapi hal tersebut dengan profesional. Kejar mimpimu dan jangan pernah menyesal.

5. Berdiri sendiri

Milikilah kemandirian. Kamu akan maju ketika kamu percaya dan mengandalkan dirimu sendiri. Kamu bisa mengejar impianmu tapi jangan pernah melupakan orang-orang yang kamu cintai. Selalu utamakan keluarga dan timmu.

 

Banyak-banyaklah belajar dari kisah sukses pengusaha hebat. Bukan hanya dari Richard Branson, tapi bisa juga dari Jack Ma, Warren Buffett, Bob Sadino, dan yang lainnya. Kalau kamu, siapa tokoh yang paling menginspirasimu untuk sukses?


 

Leave a Reply