5 Tips Mudah untuk Berpenampilan Profesional

Walaupun kinerjamu adalah yang paling utama, namun penampilanmu juga harus menunjukkan profesionalitasmu. Enggak mau kan narasumber atau klien atau orang yang kamu ajak kerja sama hilang minat gara-gara melihat penampilanmu buruk? Kalau saat ini kamu masih kurang yakin dengan penampilanmu, coba intip tips mudah untuk berpenampilan profesional berikut ini.

 

1. Menjaga kebersihan

tips mudah untuk berpenampilan profesional
via wikimedia.org

Salah satu bagian dari berpenampilan profesional adalah dengan terlihat segar dan bersih. Walaupun kamu enggak suka dandan, menjaga kebersihan dasar seperti mandi, gosok gigi, dan merapikan rambut bukan hal yang bisa ditawar. Mau semahal dan sekinclong apapun pakaianmu, kalau tubuhmu sendiri memancarkan bau-bau yang kurang sedap gara-gara belum mandi 2 hari, sudah pasti orang lain akan enggan dekat-dekat denganmu. Ayo jangan malas ya.

 

2. Berpakaian rapi dan profesional

tips mudah untuk berpenampilan profesional
via pixabay.com

Dress for success atau berbusana untuk kesuksesan bukanlah hal klise semata. Caramu berbusana sangat menentukan bagaimana orang lain melihat kadar profesionalitasmu.

Pastikan kamu mengikuti aturan berpakaian di kantormu. Kalau enggak ada aturan jelas, perhatikan apa yang digunakan oleh pegawai lain di kantormu. Di antara mereka enggak pernah ada yang pakai jeans? Berarti jangan pakai jeans. Kalau kamu punya tato sebaiknya ditutupi. Kecuali kamu bekerja di lingkungan kreatif, sudah jadi norma umum bahwa tato sebaiknya tidak terlihat.

3. Postur tubuh yang baik

tips mudah untuk berpenampilan profesional
via pxhere.com

Salah satu rahasia penampilan yang percaya diri dan menarik adalah postur tubuh yang baik. Bandingkan antara orang yang berjalan dengan bahu bungkuk dan tegap, mana yang kamu anggap terlihat profesional? Pasti yang berjalan tegap kan?

Untuk menampilkan postur yang baik, tarik bahumu ke belakang, busungkan dadamu ke depan dan tahan otot perutmu. Namun jangan sampai terlalu heboh sehingga bikin kamu jadi susah jalan ya.

 

4. Wewangian yang cocok

tips mudah untuk berpenampilan profesional
via pixabay.com

Bau dapat mempengaruhi produktivitasmu dan orang di sekelilingmu. Itu sebabnya pemakaian parfum yang tepat dapat menjadikanmu semangat bekerja plus orang-orang lain nyaman dekat denganmu. Ih, kayak iklan parfum saja ya.

Kalau kamu bekerja di ruangan kantor tertutup dan berdekatan dengan kolegamu, hindari memakai parfum yang terlalu kuat. Sementara kalau kamu banyak bekerja di luar dan terkena matahari, cari parfum yang bisa menghindarkanmu dari bau badan.

 

5. Inner beauty

tips mudah untuk berpenampilan profesional
via pixabay.com

Last but not least, rasa percaya diri dan kepribadian yang menyenangkan sangat menunjang untuk menjadikan penampilan profesionalmu sempurna. Jaga sopan santun dan sikap baik kepada orang lain. Cari tahu kelebihan dan kekurangan dirimu sehingga kamu bisa memaksimalkan potensi diri serta memberikan kontribusi yang tepat. Walaupun kamu introver, kamu tetap bisa melakukan hal-hal sederhana seperti ini.

Cara lainnya adalah dengan melatih cara bicaramu agar menjadi jelas dan tegas. Kebanyakan pemimpin paling sukses di dunia adalah mereka yang berbicara perlahan namun jelas. Mereka tidak ragu-ragu dalam mengartikulasikan kata serta pantang menggunakan jeda bicara seperti “Anu..”, “Um…”

 

Itu tadi beberapa tips mudah untuk berpenampilan profesional. Tidak sulit kan untuk menerapkannya? Selamat mencoba!


 

Leave a Reply