5 Tips Mengadakan Bridal Shower Hemat Namun Berkesan

Bridal shower merupakan pesta pemberian hadiah kepada calon mempelai perempuan dari bridesmaids atau sahabat-sahabatnya. Tradisi ini belakangan semakin marak dilakukan di Indonesia. Bridal shower diadakan selain untuk melepas masa lajang sekaligus menjadi bentuk dukungan moril bagi si calon mempelai perempuan yang tidak lama lagi akan menikah dan berumah tangga.

Untuk membuat bridal shower tidak harus mengeluarkan uang yang banyak, asal kamu tahu caranya. Berikut adalah tips mengadakan bridal shower hemat namun tetap berkesan.

 

1. Lokasi pesta

via pixabay.com

Untuk menghemat pengeluaran, bridal shower bisa diadakan di tempat yang terjangkau. Tidak harus di hotel, pesta ini bisa diadakan di kafe, restoran, atau bahkan di rumah.

Kalau ingin mengadakan bridal shower di kafe atau restoran, tanyakan apakah tempat tersebut memperbolehkan dekorasi. Apabila diperbolehkan, cari tahu juga apakah dikenakan biaya tambahan atau tidak. Supaya hemat, pilihlah restoran atau kafe yang tidak mengenakan biaya tambahan.

Bagaimana kalau mengadakan bridal shower di rumah? Halaman rumah bisa jadi tempat pesta yang nyaman, santai, dan unik. Tinggal kamu dan bridesmaids yang lain menambahkan dekorasi pendukung.

 

2. Undangan

via flickr.com

Untuk menghemat pengeluaran, undangan bridal shower bisa dibuat sendiri. Manfaatkan aplikasi dari smartphone untuk membuat undangan digital atau bisa juga menggunakan aplikasi edit foto. Setelah selesai, undangan bisa disebar melalui aplikasi chat.

Oh iya, supaya bridal shower makin seru dan meriah, jangan lupa juga tuliskan dress code di undangan agar para tamu memakai pakaian yang senada.

 

3. Pernak-pernik dekorasi

via flickr.com

Sebelum menyulap ruangan jadi lebih indah dengan dekorasi, terlebih dulu tentukan tema pesta. Kalau sudah dapat tema yang pas, baru kamu dan para bridesmaids bisa memilih pernak-pernik yang sesuai.

Tips mengadakan bridal shower hemat, dari sisi dekorasi, gunakan benda atau barang yang sudah kalian punya. Tambahkan pernak-pernik buatan sendiri, misalnya hasil guntingan aneka kertas berbagai bentuk dan warna. Kalau ada, kalian bisa juga mencetak foto sang calon pengantin dan foto kalian saat sedang bersama.

 

4. Makanan

via flickr.com

Hal terpenting dalam suatu pesta adalah makanan. Untuk itu pastikan pilihlah makanan yang lezat yang beraneka ragam. Sesuaikan juga hidangan tersebut dengan tema pesta.

Untuk menghemat bujet, hidangan untuk bridal shower bisa hasil kreasi sendiri. Ajak teman atau bridesmaids yang lain untuk membantumu menyiapkan hidangan. Sajikan hidangan dalam tampilan yang cantik agar bridal shower semakin menarik.

 

5. Acara

via flickr.com

Kamu dapat memilih beberapa kegiatan untuk memeriahkan pesta, misalnya menonton bersama, mengadakan games, atau karaoke. Selain itu, kamu juga dapat mengadakan sesi sharing. Topiknya seperti membahas kesiapan menikah atau berbagi pengalaman dari orang yang sudah menikah.

 

Kamu punya rekomendasi tema yang unik untuk bridal shower? Kalau ada, share di kolom komentar ya.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply