5 Hal yang Lebih Menguntungkan Kalau Dibayar Pakai Kartu Kredit

Banyak cerita horor yang sering kita dengar tentang kartu kredit. Mulai dari bikin utang menumpuk, bikin kecanduan belanja karena kepincut promo-promo kartu kredit, hingga menjadikan kita korban aksi kriminal. Walau begitu jangan lantas mengurungkan niat membuat kartu kredit atau menggunting kartu kredit yang kamu punya.

Kartu kredit, sama seperti benda-benda buatan manusia lainnya, selama digunakan dengan bijak akan mendatangkan berbagai manfaat dan kemudahan. Misalnya saja nih, pembelian barang atau jasa tertentu lebih menguntungkan kalau dibayar pakai kartu kredit.

Ada ya keuntungan seperti itu? Kalau enggak percaya, simak saja penjelasannya di bawah ini.

 

1. Barang elektronik

beli dengan kartu kredit
via maxpixel.freegreatpicture.com

Kalau perlu mengganti laptop yang sudah rusak atau ingin membeli kulkas yang lebih besar, sebaiknya transaksinya menggunakan kartu kredit. Banyak kartu kredit menawarkan keuntungan pembelian seperti asuransi dan kredit bunga 0%.

Fitur asuransi yang dimiliki beberapa kartu kredit mencakup penggantian kerusakan dan dan perlindungan kerugian akibat pencurian. Sedangkan kredit bunga 0% untuk pembelian barang elektronik sudah pasti akan memudahkanmu dalam mengelola keuangan.

 

2. Tagihan rutin

beli dengan kartu kredit
via pxhere.com

Kartu kredit juga sangat berguna dipakai membayar tagihan rutin tiap bulan. Kamu bisa mengatur agar kartu kreditmu melakukan pembayaran tagihan rutin secara otomatis tiap bulan. Dengan begitu kamu enggak perlu khawatir ada tagihan yang kelupaan dibayar. Pengaturan anggaran juga jadi lebih mudah karena catatan tagihan rutin bisa kamu lihat dalam tagihan kartu kredit.

Asyiknya lagi, kamu bisa memanfaatkan reward dari bank dalam bentuk diskon atau cashback. Dengan catatan, kamu disiplin melunasi tagihan kartu kreditmu tiap bulan.

 

3. Pembelian perjalanan

beli dengan kartu kredit
via pixabay.com

Pembelian perjalanan seperti reservasi hotel, tiket pesawat, atau tiket kereta juga lebih menguntungkan kalau dibayar pakai kartu kredit. Biasanya kartu kredit menawarkan asuransi perjalanan, layanan pembatalan perjalanan, layanan darurat, bantuan medis dan asuransi mobil tanpa biaya tambahan.

Beberapa kartu kredit juga menyediakan bonus penerbangan atau hotel gratis, paket liburan, akses khusus, serta cashback. Semakin sering kamu bepergian, semakin banyak pembelian perjalanan yang kamu lakukan, semakin besar pula poin kartu kredit yang kamu kumpulkan. Poin tersebut biasanya bisa kamu tukarkan untuk mendapatkan bonus atau penawaran tertentu.

 

4. Pembayaran online

beli dengan kartu kredit
via flickr.com

Sering berbelanja via online? Gunakan kartu kredit agar transaksinya lebih aman dan menguntungkan. Biasanya kartu kredit memiliki fasilitas perlindungan dari pencurian identitas atau penipuan. Kamu juga enggak perlu takut ada yang mendapatkan informasi langsung ke rekeningmu.

Sebagai contoh, kamu melakukan pembelian tiket pesawat dengan menggunakan kartu kredit, tapi di kemudian hari perusahaan tersebut enggak memenuhi hakmu. Kamu bisa melakukan klaim untuk mendapatkan ganti rugi.

 

5. Keperluan sehari-hari

via maxpixel.freegreatpicture.com

Belanja kebutuhan sehari-hari dengan kartu kredit juga banyak manfaatnya lho. Selain bisa mengumpulkan poin dan reward dari kartu kredit, kamu juga enggak perlu repot-repot mencatat pengeluaran. Rincian belanjaan tinggal kamu lihat dari laporan tagihan kartu kredit.

 

Sekarang percaya kan, kartu kredit enggak sehoror yang kamu kira. Kalau kamu sendiri biasanya paling sering menggunakan kartu kredit untuk keperluan apa?


 

Leave a Reply