Kiat Mengatur Waktu Bagi Si Super Sibuk

Banyak yang salah kaprah menyamakan sibuk dengan aktif. Orang yang terlihat super sibuk dianggap pekerja keras dan ulet, padahal kesibukan timbul justru karena cara kerja yang salah atau tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

Kalau kamu termasuk golongan pekerja super sibuk, selalu sibuk, atau sibuk tidak henti-henti, coba terapkan kiat-kiat berikut ini.

 

1. Buat to-do list

7 Cara Mengatur Waktu Bagi Si Super Sibuk
Buat jadwal via pixabay.com

Seperti yang sudah disebutkan tadi, super sibuk berawal dari cara kerja yang salah atau kurang bisa mengatur waktu. Jadi agar kamu bisa bekerja secara teratur dan tepat waktu, coba jadwal atau buat catatan semua tugas-tugasmu.

Tuliskan semua rencana tugas tersebut dari malam sebelumnya, saat kamu bisa leluasa berpikir dan menimbang-nimbang. Hal ini akan membantumu dalam mengatur waktu yang kamu perlukan untuk menyelesaikan setiap tugas.

 

2. Tentukan prioritas

7 Cara Mengatur Waktu Bagi Si Super Sibuk
Prioritas via pixabay.com

Setiap tugas punya urgensi yang berbeda-beda. Ada yang tenggatnya baru bulan depan, ada yang bisa kamu limpahkan ke rekan kerja, ada juga yang benar-benar harus kamu selesaikan sendiri hari ini.

Tentukan urutan tugas berdasarkan prioritas penyelesaian, lalu urutkan lagi berdasarkan waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Kalau masih bingung, kamu bisa membuat dan menggunakan Matriks Eisenhower untuk memilah-milah prioritas pengerjaan tugas.

 

3. Segera selesaikan tugas-tugas yang kecil

7 Cara Mengatur Waktu Bagi Si Super Sibuk
via pixabay.com

Kalau kamu kebagian tugas-tugas kecil yang gampang dan mudah dikerjakan, segera rampungkan tugas-tugas tersebut. Hindari menunda-nunda dan menyepelekan pengerjaan tugas-tugas kecil. Dengan begitu kamu enggak terbebani oleh tugas-tugas kecil yang menumpuk.

 

4. Ada gangguan? Abaikan saja

7 Cara Mengatur Waktu Bagi Si Super Sibuk
via pixabay.com

Ada banyak hal yang bisa menjadi gangguan saat kamu berusaha menyelesaikan tugas. Misalnya, tergoda untuk buka Facebook-Instagram-Youtube, bergosip, atau justru terganggu oleh tugas-tugas tambahan yang dilimpahkan oleh atasanmu.

Supaya bisa mengerjakan tugas dengan tenang, simpan gadget di dalam tas atau laci atau aktifkan mode getar. Sementara kalau sumber gangguan dari tugas-tugas tambahan yang dilimpahkan bapak/ibu bos, kamu bisa meminta konfirmasi kapan tugas tersebut harus diselesaikan. Setelah tahu tenggatnya, atur ulang lagi deh jadwal prioritas yang sudah kamu buat sebelumnya.

 

5. Catat estimasi waktu untuk mengerjakan tugas

7 Cara Mengatur Waktu Bagi Si Super Sibuk
Batas waktu via pixabay.com

Supaya tidak terus menerus dikejar tugas sehingga jadi super sibuk, kamu harus pintar berhitung. Berapa estimasi waktu yang kamu perlukan untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut? Kalau misalnya tugas tersebut dapat kamu selesaikan selama setengah jam, tulis satu jam di buku catatanmu. Beri tenggang waktu pada dirimu sendiri agar tidak terlalu ngos-ngosan sewaktu mengerjakan tugas.

 

6. Selesaikan tugas satu per satu

7 Cara Mengatur Waktu Bagi Si Super Sibuk
via pixabay.com

Multitasking bukanlah cara yang tepat untuk menyelesaikan tugas. Manusia lebih fokus dan mudah mengerjakan satu tugas dalam satu waktu. Jadi kerjakan tugasmu satu per satu. Kerjakan dengan baik dan benar sehingga waktumu enggak lagi tersita gara-gara banyak revisi.

 

7. Delegasikan ke rekan atau bawahan

7 Cara Mengatur Waktu Bagi Si Super Sibuk
via pixabay.com

Kalau kamu kesulitan menyelesaikan tugas yang bejibun, sesekali kamu boleh mendelegasikan beberapa dari tugasmu ke rekan kerja atau bawahan. Jangan asal melimpahkan begitu saja. Tanyakan apakah orang yang ingin kamu mintai tolong itu sedang punya waktu lowong. Kalau ia setuju, pilih bagian tugasmu yang menurutmu mampu ia kerjakan.

 

Demikian tadi kiat mengatur waktu bagi kamu yang selalu sibuk dan dikejar tugas. Apakah kamu setuju dengan kiat tadi atau ada yang perlu ditambahkan? Yuk, tuliskan di kolom komentar.


 

1 Comment

  1. Niceee

Leave a Reply