5 Cara Memaksimalkan Blog untuk Dapat Uang

Membuat dan mengelola blog, selama kamu lakukan dengan penuh kesenangan dan konsistensi bisa menghasilkan uang lho. Enggak percaya? Coba saja simak uraian memaksimalkan blog untuk dapat uang di bawah ini.

 

1. Menjual Produk

5 Cara Memaksimalkan Blog untuk Menghasilkan Uang
via pixabay.com

Ayah, ibu, saudara, teman, atau kamu punya produk tertentu yang ingin dijual? Kamu bisa menjadikan blogmu sebagai tempat untuk memasarkan produk tersebut. Dalam tulisan di blog kamu bisa menceritakan bagaimana produk itu dibuat, keunggulan produk, tau hal-hal unik dan menarik lain yang masih berhubungan dengan produk tersebut.

Jangan lupa sertakan nomor kontak atau akun media sosial di dalam blog. Jadi kalau ada pembaca yang tertarik untuk membeli, ia bisa dengan mudah memesannya.

 

2. Iklan

5 Cara Memaksimalkan Blog untuk Menghasilkan Uang
via pixabay.com

Cara lain memaksimalkan blog untuk dapat uang adalah dengan menyediakan ruang iklan. Cara ini berguna ketika blogmu sudah cukup populer dan ramai dikunjungi orang. Kamu juga tidak perlu bingung menempatkan iklan produk. Beberapa template blog sudah menyediakan tempat khusus untuk meletakkan iklan.

Cuma kamu perlu berhati-hati, terlalu banyak iklan bisa mengurangi ketertarikan pengunjung mampir ke blogmu. Supaya pembaca tetap tertarik, selalu sajikan konten-konten yang menarik. Jangan lupa juga rajin jalan-jalan ke blog orang lain dan mengomentari postingannya.

 

3. Promosi berbayar

5 Cara Memaksimalkan Blog untuk Menghasilkan Uang
via pixabay.com

Enak banget, kalau blog kamu sudah populer. Bukan tidak mungkin kamu dapat permintaan promosi berbayar. Pemilik produk akan mengirimkanmu sampel produknya serta memintamu untuk mengulas produk tersebut. Namanya pun promosi berbayar, selain dapat barang gratis, kamu juga bisa dapat bayaran.

 

4. Afiliasi Pemasaran

5 Cara Memaksimalkan Blog untuk Menghasilkan Uang
via pixabay.com

Kalau kamu ingin dapat uangnya secara lebih halus, kamu bisa ikut program afiliasi pemasaran. Salah satu perusahaan yang punya program seperti ini adalah toko online asal Amerika Serikat, Amazon.

Bagaimana caranya? Pertama, kamu perlu mendaftar ke perusahaan yang punya program afiliasi pemasaran. Selanjutnya kamu bisa menebar tautan produk yang dipasarkan perusahaan tadi ke dalam tulisan blogmu.

Kamu enggak harus membuat konten yang jualan banget kok. Coba tiru Maria Popova, pemilik blog inspiratif Brainpickings. Di sana ia membuat artikel misalnya tentang 10 buku inspiratif yang perlu dibaca.

Kalau pengunjung blognya tertarik dengan buku yang ia sebutkan, mereka bisa mengeklik tautan yang terhubung ke web Amazon. Maria dapat beberapa persen komisi keuntungan dari Amazon setiap ada pengunjung blognya yang membeli buku tersebut.

 

5. Pekerja Lepas

5 Cara Memaksimalkan Blog untuk Menghasilkan Uang
via pixabay.com

Cara yang terakhir, kamu bisa memaksimalkan blog untuk dapat uang dengan cara menjadikannya halaman portofoliomu. Misalnya, kamu punya kemampuan fotografi, kamu bisa membuat blog berisi jepretan-jepretan terbaikmu. Kamu piawai menerjemahkan tulisan dari dan ke berbagai bahasa? Tampilkan contoh-contoh terjemahanmu di dalam blog.

 

Bagaimana, cukup menggiurkan yah? Cuma pertanyaannya, kamu masih hafal enggak password blogmu?


 

Leave a Reply