5 Tips Ini Membantumu Tidak Gentar untuk Memulai Bisnis Impian

Enaknya jadi entrepreneur, kamu enggak punya bos yang hobi nyuruh-nyuruh, bisa bangun kapan saja, bisa bekerja di mana pun, serta bisa liburan kapan pun kamu mau. Tapi sebelum sampai ke tahap itu, pertama-tama kamu harus punya keberanian untuk mulai berbisnis.

Keberanian memang sangat-sangat dibutuhkan entrepreneur pemula sebab jadi entrepreneur berarti menanggung risiko sendiri kalau-kalau bisnismu gagal. Jangan gentar duluan. Pompa semangat dan baca tips berikut ini untuk meningkatkan motivasi memulai berbisnis.

 

1. Renungkan pekerjaanmu saat ini

motivasi memulai berbisnis
via wtop.com

Kalau kamu kepikiran punya bisnis sendiri, itu tandanya di dalam hati kecilmu kamu enggak bahagia-bahagia banget dengan pekerjaanmu yang sekarang. Alasannya cuma kamu sendiri yang tahu. Mungkin karena kamu terlalu sering kerja lembur atau merasa potensi diri enggak tergali maksimal.

Kalau kamu punya bisnis sendiri, kamu tetap akan mengerjakan banyak hal yang tidak mengenakkan. Kamu akan mengerjakan hal-hal sepele tapi ribet atau berhadapan dengan klien yang banyak maunya. Bedanya, kamu bekerja untuk kemajuanmu sendiri. Pasti ada kepuasan tersendiri tiap kali kamu menyelesaikan setiap tugasmu.

 

2. Buat visi dan misi

via coactiongroup.com

Setiap target, enggak terkecuali target berbisnis, memerlukan visi dan misi. Seorang entrepreneur juga harus menentukan visi dan misinya untuk menetapkan tujuan dan nilai-nilai dasarnya dalam berbisnis.

Tulis visi dan misimu dan ingat selalu dalam pikiranmu. Supaya tidak lupa kamu bisa menjadikannya wallpaper di ponsel, komputer, atau laptopmu. Gunakan visi misi tersebut sebagai pengingat untuk mendorongmu untuk segera mewujudkan bisnis impianmu.

 

3. Sediakan waktu untuk bisnismu

via cdn.skim.gs

Kesibukan sehari-hari seringkali menyita waktu dan perhatian. Alhasil, kamu jadi menunda-nunda terus untuk mulai berbisnis. Supaya rencana bisnismu ada progresnya, coba tetapkan jadwal harian untuk mengurus bisnismu.

Pasang pengingat dan tetapkan target harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Tujuannya agar kamu tetap fokus mengerjakan hal-hal tepat guna bagi perkembangan bisnismu. Kalau target-target tersebut tercapai, langkahmu untuk memulai bisnis akan semakin ringan. Kamu bisa semakin cepat mengucapkan selamat tinggal pada pekerjaan lamamu.

 

4. Visualisasikan kesuksesanmu

via pexels.com

Semua orang perlu motivasi untuk terus bergerak maju meraih impiannya, tidak terkecuali entrepreneur. Visualisasikan ketika bisnismu sukses, apa saja yang bisa kamu lakukan dengan kebebasan waktumu. Dari segi keuangan, apa saja yang bisa kamu beli dengan keuntungan dari bisnis.

Sah-sah saja kok berkhayal membayangkan bisnis seperti benih pohon uang. Ketika sudah berkembang, bisnismu akan menghasilkan uang bahkan ketika kamu tidur dan berlibur. Semakin kamu rajin memeliharanya, perkembangannya akan semakin baik. Jadikan khayalan tersebut sebagai penyemangat dan motivasi ketika rasa takut untuk mulai berbisnis muncul.

 

5. Cari lingkungan yang positif

via flickr.com

Perbanyak bergaul dengan orang-orang yang positif dan yang mendukung niatanmu untuk mulai berbisnis. Dengan orang-orang dan lingkaran sosial yang positif seperti itu kamu bisa saling memotivasi, berbagi pengalaman bisnis, dan berdiskusi solusi bisnis. Kamu akan jadi tambah semangat untuk cepat-cepat mewujudkan bisnis impian.

 

Bagaimana, sudah terpacu untuk segera memulai bisnismu? Ayo, segera beraksi. Kesuksesan hanya datang pada orang-orang yang berani mencoba.


 

Leave a Reply