Tips Mengatur Waktu Sesuai dengan Kepribadian

Karakter dan kepribadian kita sangat berpengaruh terhadap cara kita menyelesaikan tugas. Ada yang begitu ketat soal penggunaan waktu, namun di sisi lain ada juga yang doyan berlama-lama menunda pekerjaan.

Seperti apa sih tips mengatur waktu sesuai dengan kepribadian masing-masing orang? Langsung saja, simak uraian di bawah ini.

 

1. Si Gaul

Tips Manajemen Waktu Sesuai dengan Kepribadianmu
via pixabay.com

Kamu yang masuk tipe ini adalah yang hobi bergaul dan senang kumpul-kumpul bareng teman. Kepribadianmu menarik serta mudah masuk ke setiap lingkungan dan kelompok. Kamu juga seakan enggak pernah kehabisan topik untuk dibahas ketika mengobrol.

Selalu keep in touch dengan teman, kamu juga senantiasa terhubung ke berbagai macam akun media sosial. Sayangnya, kebiasaan mengobrol atau mengecek akun medsos bisa mengganggu tenggat pekerjaan. Niatnya cuma lihat sebentar, eh malah keterusan berlama-lama.

Tips manajamen waktu untuk si gaul adalah biasakan membawa buku agenda untuk mencatat urutan pekerjaan yang harus kamu lakukan. Penerapan teknik pomodoro juga cukup efektif bagi si gaul. Sewaktu bekerja, coba kendalikan diri supaya tidak terus menerus melirik notifikasi pesan atau medsos di ponsel.

 

2. SiĀ Tukang Pikul

Tips Manajemen Waktu Sesuai dengan Kepribadianmu
via pixabay.com

Si tukang pikul adalah orang-orang yang mandiri, punya pendirian kuat, terorganisir, dan tegas. Kalau kamu masuk kategori kepribadian ini, berarti kamu tahu apa yang kamu inginkan. Risiko enggak bikin kamu gentar.

Si tukang pikul punya ide dan semangat tinggi untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Orientasinya adalah pada tindakan yang perlu dilakukan dan hasil akhir yang ingin dicapai. Hal ini menjadikan kamu yang punya kepribadian seperti ini cenderung idealis atau ambisius dalam melakukan sesuatu.

Jeleknya, karena ingin mencapai hasil akhir yang sempurna, si tukang pikul tidak jarang mengerjakan semua pekerjaan sendiri. Hal itu bisa jadi tidak efisien dan efektif. Saran pengaturan waktu bagi si tukang pikul karena itu adalah belajar mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain. Beban jangan kamu pikul semua sendiri.

 

3. Si Kreatif

Tips Manajemen Waktu Sesuai dengan Kepribadianmu
via pixabay.com

Si kreatif senang mencoba hal-hal baru karena dapat menginspirasi mereka untuk mendapatkan ide-ide segar. Kamu yang masuk dalam kategori ini juga biasanya punya imajinasi tinggi dan tidak suka hal monoton dalam bekerja. Waktu enggak boleh jadi pengekang berkreativitas. Alhasil, orang dengan kepribadian seperti ini sering cuek dan lupa waktu ketika berhadapan dengan deadline.

Tips manajemen waktu bagi si kreatif adalah tidak melakukan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu. Sama seperti si gaul, kamu juga sebaiknya selalu membawa buku catatan. Selain untuk mencatat jadwal, buku catatan juga berguna untuk mencatat ide yang tiba-tiba melintas.

 

4. Si Pemikir

via flickr.com

Kamu yang tergolong tipe pemikir menyukai berpikir keras dan menerima masukan dari orang lain. Sayangnya, keasyikan berpikir bikin tipe pemikir lamban memutuskan sesuatu. Tenggat pengerjaan jadi molor.

Tips manajemen waktu bagi si pemikir adalah usahakan pengaturan waktunya benar-benar mendetail. Misalnya, buat asumsi waktu pengerjaan tugas dua kali lebih panjang dari standar pengerjaan. Setelah itu tetapkan waktu untuk memeriksanya kembali. Kalau sudah selesai, segera pindah ke tugas lain.

 

5. Si Tahu Segalanya

via wikimedia.org

Si tahu segalanya memang piawai mengerjakan banyak hal. Bukan hanya itu, ia juga tidak segan-segan membantu rekan kerjanya mengerjakan tugas. Sayangnya, kamu yang masuk kategori ini terkadang suka meremehkan pekerjaan. Tugas baru dikerjakan pada menit-menit terakhir.

Bagi kamu yang merasa deskripsi di atas cerminan kepribadianmu, usahakan tidak menunda-nunda pekerjaan. Selesaikan dulu pekerjaanmu sebelum membantu rekan kerjamu yang lain.

 

Nah, dari lima contoh di atas, yang mana yang paling mirip dengan kepribadianmu?


 

1 Comment

  1. Dwi Yuliana says: Reply

    Terima kasih informasinya..

Leave a Reply