7 Alasan Jadi Pegawai Bank Itu Keren tapi Penuh Perjuangan

Tiap tahun, mereka yang baru lulus kuliah pasti akan berbondong-bondong untuk melamar ke bank. Pekerjaan di bank memang menarik bagi banyak orang karena memiliki berbagai nilai plus. Mulai dari gaji tinggi, gaya hidup dinamis, pekerjaan yang menantang, sampai lingkungan kerja yang smart.

Tapi, supaya bisa mapan bekerja di bank juga butuh perjuangan. Kalau kamu baru mau melamar, berarti perlu mempersiapkan hal-hal ini agar siap mental.

 

1. Ketajaman pikiran

jadi pegawai bank butuh perjuangan
via pixabay.com

Pertama, jadi pegawai bank penuh perjuangan karena kamu harus punya pikiran yang tajam. Perkembangan dunia perbankan begitu dinamis sehingga pegawai bank harus mampu beradaptasi dengan cepat.

Kalau kamu sebagai pegawai bank enggak bisa mengikuti, kamu akan menghambat jalannya proses perbankan dan bukan tidak mungkin menjadi sumber bottleneck.

 

2. Kemampuan berkomunikasi yang baik

jadi pegawai bank butuh perjuangan
via pixabay.com

Pegawai bank, apapun divisinya, harus mampu berkomunikasi dengan berbagai jenis orang. Kemampuan berkomunikasi dengan pelanggan, kolega, atau atasan harus sama baiknya. Bukan hanya berkomunikasi secara lisan, tapi juga kemampuan berkomunikasi secara tertulis.

 

3. Kemampuan mengelola emosi

https://pixabay.com/p-2503808/?no_redirect
via flickr.com

Suasana hati sedang seburuk apapun, tapi pegawai bank terutama yang bertugas melayani pelanggan, tetap harus bisa memberikan pelayanan yang baik dan ramah. Dengan kata lain, pegawai bank wajib memiliki kemampuan mengelola emosi diri yang baik.

 

4. Teliti dan efisien

via pexels.com

Bekerja dengan uang memerlukan ketelitian yang tinggi. Selain itu mengingat bank memiliki sistem operasional yang kompleks, pegawai bank harus pandai menjaga dan mengelola dokumentasi dan catatan yang penting.

Seorang kasir bank, misalnya, harus teliti menghitung dan mencatat hasil hitungannya. Kesalahan sedikit saja dapat mengakibatkan bank mengalami kerugian besar.

 

5. Profesionalitas tinggi dan kooperatif

via flickr.com

Sebagai pekerja di bidang layanan jasa keuangan, pegawai bank akan selalu berhadapan dengan pelanggan, klien, dan pemangku kepentingan. Profesionalitas tinggi dan kemampuan bekerja dalam tim haruslah kamu miliki. Walau begitu, ketika dituntut harus proaktif mengerjakan proyek secara individu, pegawai bank juga harus mampu melakoni sama baiknya.

 

6. Kepandaian matematis dan analisis

via pixabay.com

Setiap pegawai bank perlu memiliki memiliki kemampuan dan keinginan menjadi seorang problem solver. Itu sebabnya mereka perlu memiliki kemampuan analisis dan matematis yang baik untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi di sektor finansial.

Dalam ujian masuk bank pun, kandidat yang ideal biasanya adalah yang memiliki kemampuan matematis dan mampu bekerja dengan angka.

 

7. Kejujuran

via flickr.com

Kualitas terakhir yang sangat diperlukan seorang pegawai bank tentu saja adalah kejujuran. Memang sih semua pekerjaan menuntut sifat jujur, namun profesi pegawai bank yang dekat dengan uang bikin tuntutan untuk berlaku jujur semakin besar.

Walau tuntutan untuk berlaku jujur sangat besar, di sisi lain itu juga yang menyebabkan pegawai bank jadi profesi yang amat dihargai.

 

Begitulah berbagai kemampuan yang perlu dimiliki pegawai bank. Terkesan kayak manusia super ya. Kalau kamu sekarang bekerja di perbankan, kemampuan apa lagi sih yang perlu dimiliki oleh orang yang ingin bekerja di bank? Yuk berbagi di kolom komentar.


 

2 Comment

  1. Mario Bya says: Reply

    Mudah-mudahan bisa berkarir dengan baik di Mandiri 😆

  2. Ya ya ya . . .

    Jadi pegawai bank juga harus tahan LDR karena kebanyakan dimutasi ke luar domisili . . . Terutama level officer keatas . . .

Leave a Reply