9 Comfort Food dari Berbagai Belahan Dunia

Comfort food adalah makanan yang menimbulkan rasa sentimental, nostalgia, kangen, atau menenangkan saat disantap. Makanan ini cocok disantap ketika sedang uring-uringan karena sesuai namanya, memberikan perasaan nyaman dan tenang.

Dari mana perasaan tenang itu muncul? Perasaan itu timbul mungkin karena makanan ini dulu (atau bahkan sampai sekarang) sering disajikan oleh ibumu atau hanya muncul pada momen-momen istimewa.

Beda negara dan kebudayaan, beda pula comfort food-nya. Yuk, kita lihat contoh-contoh comfort food dari berbagai belahan dunia.

 

1. Borscht, Rusia

comfort food dari berbagai belahan dunia
via wikimedia.org

Sup tradisional berwarna merah menyala ini menjadi favorit di semua negara Slavia, terutama di Rusia dan Ukraina. Borscht (dibaca: bôrSHt) lezat disajikan panas ataupun dingin. Cara masaknya biasanya dengan menggabungkan kaldu, bit dan sayuran tumis seperti kol, wortel, bawang, kentang dan tomat. Ada juga yang menambahkan daging atau ikan ke dalamnya. Borscht rasanya asam manis dan biasanya dimakan dengan sesendok krim asam.

 

2. Moussaka, Yunani

via flickr.com

Makanan favorit dari Mediterania yang juga terkenal sebagai hidangan vegetarian ini biasanya dimasak dengan terong atau kentang dan disajikan dengan gaya casserole. Terong ditumis, dimasak terpisah lalu dimasukkan bersama daging domba cincang, tomat cincang, bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah.

Di atasnya diberi saus krim béchamel dan disajikan panas setelah keluar dari oven. Dengan sentuhan kayu manis, rasa moussaka jadi segar dan unik. Nyam!

 

3. Pierogi, Polandia

via wikimedia.org

Pierogie adalah makanan favorit penduduk Polandia. Hidangan yang sepintas mirip pangsit ini selalu ada di hampir semua hari besar Polandia.

Cara memasaknya tidak terlalu rumit. Kulit “pangsit” diisi dengan kentang tumbuk, bawang, keju, asinan kubis, daging giling, bahkan kadang-kadang buah. Sesudahnya, adonan tersebut kemudian direbus dan digoreng dengan mentega. Pierogie siap disantap.

 

4. Picadillo, Kuba

via wikimedia.org

Picadillo berasal dari Spanyol dan populer di negara-negara Amerika Latin. Versi Kuba dari hidangan ini biasanya mengandung buah zaitun di dalamnya.

Picadillo terbuat dari daging sapi giling, tomat (saus tomat bisa digunakan sebagai pengganti), dan bahan lainnya yang bervariasi menurut wilayah masing-masing. Makanan yang berasal dari bahasa Spanyol, picar (berarti giling atau potong kecil-kecil) ini seringkali disantap bersama dengan nasi dan kacang hitam. Kadang-kadang juga picadillo digunakan sebagai pengisi untuk taco, roti, atau kroket.

 

5. Ratatouille, Perancis

via flickr.com

Pernah menonton film kartun buatan Pixar, Ratatouille? Yak, hidangan inilah yang dimasak oleh tikus koki dalam film tersebut.

Kuliner khas kota Nice, Perancis, ini terbuat dari rebusan sayuran seperti terong, zucchini, tomat, bawang merah, bawang putih, dan bumbu (biasanya basil dan thyme). Bahan-bahan tersebut dimasak bersama sampai lunak, atau dimasak terpisah dan kemudian digabungkan.

Ratatouille bisa disajikan panas atau dingin sebagai hidangan pembuka atau lauk. Namun karena kepopulerannya, hidangan ini kini dibuat dengan berbagai versi.

 

6. Goulash, Hungaria

via flickr.com

Goulash merupakan perpaduan dari sup dan semur, namun di negara asalnya, hidangan ini tetap dianggap sebagai sup hidangan utama. Mie atau roti, terutama yang dibuat dengan keju cottage, cocok disantap bersama dengan sup yang kental dan berat ini.

 

7. Dhal, India

via wikimedia.org

Hidangan ini merupakan makanan pokok India. Dhal dibuat dengan memasak kacang dengan air dan rempah-rempah pada api kecil dalam waktu yang agak lama, sampai menjadi lembut. Setelah konsistensi yang tepat didapat, berbagai perasa dan bahan tambahan dimasukkan sesuai selera. Beberapa orang lebih suka dhal yang kental dan lembut, sedangkan yang lainnya lebih memilih dhal yang cair dan seperti sup.

 

8. Ayam Piri-piri, Afrika Selatan

via flickr.com

Hidangan ayam panggang ini berasal dari Angola dan Mozambik namun mendapat pengaruh dari masakan Portugis, oriental, dan Arab. Untuk membuatnya, ayam piri-piri biasa diolah bersama dengan rempah-rempah yang harum, saus piri-piri panas, saus kelapa, dan sejumput kacang mete atau kacang tanah. Lalu saat disantap, ayam panggang ini disajikan lengkap dengan matapa, daun singkong yang dimasak dengan saus kacang. Kebayang kan lezatnya.

9. Nasi goreng, Indonesia

via pixabay.com

Orang Indonesia mana yang enggak kenal makanan satu ini. Malahan bukan orang Indonesia saja, nasi goreng bahkan sudah terkenal pula di mancanegara. Bahan-bahannya yang gampang didapat, cara membuatnya yang tidak sulit, serta rasanya yang enak bikin nasi goreng layak jadi dinobatkan jadi hidangan comfort food orang Indonesia.

 

Bagaimana dengan kamu? Makanan apa yang biasanya kamu santap untuk bikin suasana hati jadi lebih nyaman? Tulis di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply