7 Camilan Sehat Saat Diet, Mana yang Paling Kamu Suka?

Sewaktu menjalankan diet, keinginan makan makanan berat biasanya gampang diusir jauh-jauh. Yang susah itu godaan untuk tidak nyemil. Sekali khilaf makan keripik kentang, rencana diet bisa langsung jadi berantakan.

Daripada menyiksa diri enggak nyemil sama sekali, lebih baik kamu siasati dengan makan camilan sehat. Ketika nyemil kamu enggak dihantui rasa bersalah, tubuh pun jadi sehat. Apa saja camilan sehat saat diet yang bisa kamu coba? Berikut daftarnya.

 

1. Kacang almon

cemilan sehat saat diet
via flickr.com

Walaupun kalorinya tinggi, kacang almon justru bagus untuk dikonsumsi sebagai camilan diet. Kacang ini menimbulkan perasaan kenyang sehingga kamu terdorong mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih sedikit.

Saat nyemil kacang almon perhatikan porsinya. Porsi yang disarankan adalah satu ons atau sekitar 20-24 butir kacang per hari. Pilih jenis kacang almon yang kalorinya paling rendah, seperti kacang almon mentah. Soalnya kalau kacang almon sudah diberi garam, madu, apalagi gula, jumlah kalorinya sudah pasti melonjak drastis.

 

2. Edamame

cemilan sehat saat diet
via flickr.com

Edamame mudah untuk diolah dan rasanya enak. Kamu bebas mau menyajikannya panas, dingin, diberi garam, atau dimakan begitu saja. Setengah cangkir edamame, yang jumlah kalorinya sekitar 95 kalori, sudah cukup untuk membuatmu merasa kenyang.

Edamame punya kandungan protein tinggi sehingga kamu enggak langsung lapar setelah selesai makan. Asupan kalorimu pun jadi terkontrol. Siap-siap deh merayakan keberhasilan dietmu.

 

3. Keripik sayur panggang

via wikimedia.org

Daripada nyomot keripik kentang, saat mulut gatal ingin mengunyah sesuatu, kamu bisa nyemil keripik sayur panggang. Camilan ini enggak kalah gurih dan yang pasti, jauh lebih sehat.

Bagaimana cara membuatnya? Potong tipis-tipis sayur kesukaanmu seperti terong, bayam, dan wortel. Taburi garam, bumbu, serta rempah kering lain untuk menambah rasa. Kalau ingin rasanya lebih kaya kamu bisa menambahkan minyak zaitun. Hasilnya? Camilan sehat yang sama sekali enggak akan merusak dietmu. Yuk coba!

 

4. Cokelat hitam

via pixabay.com

Makan cokelat enggak selalu bikin gendut. Selama kamu tahu jenis cokelat yang cocok dan tahu batasannya, camilan ini bisa menunjang dietmu.

Jadi cokelat apa yang cocok jadi camilan diet? Pilihlah cokelat hitam rendah gula. Sebuah studi yang dilakukan di Belanda tahun 2010 menunjukkan bahwa memakan dan mencium cokelat bisa meningkatkan energi, menciptakan perasaan senang, dan kenyang. Intinya, makan cokelat hitam rendah gula sebelum makan dapat mencegahmu makan berlebihan.

 

5. Agar-agar

via wikimedia.org

Agar-agar sangat berguna untuk diet karena bisa menekan nafsu makan. Selain itu, makanan ini juga berguna untuk membantu mengatur dan membersihkan usus karena tinggi kandungan mineral dan serat.

 

6. Nori

via wikimedia.org

Selain kandungan karbohidrat dan kalorinya rendah, nori juga punya serat alami bernama alginat. Serat ini menjadikan tubuh kita lebih lambat menyerap lemak. Menurut sebuah studi, konsumsi nori dalam jumlah sedikit saja bisa mengurangi jumlah lemak yang diserap tubuh hingga 75 persen.

 

7. Buah-buahan

via pixabay.com

Buah-buahan tentu saja jadi camilan wajib saat diet. Namun sama seperti makanan lainnya, porsinya tetap perlu ditakar ya.

Sebagai bayangan, untuk apel, pisang, pir, jeruk, dan buah berukuran serupa lainnya, kamu cukup makan satu buah. Untuk buah yang lebih besar seperti melon atau nanas, kamu bisa makan satu irisan besar.

Bagaimana kalau kamu kepinginnya minum jus? Takaran yang disarankan adalah satu gelas kecil atau 150 ml.

 

Dari contoh-contoh camilan sehat di atas, yang mana kira-kira yang paling kamu suka?


 

1 Comment

  1. Dian Sari Murdyanti says: Reply

    Nyemil buah enak sehat bkin kenyang juga.. hihihi

Leave a Reply