Bukan Hanya Danau Toba, 5 Objek Wisata di Sumatera Utara Ini Juga Menarik untuk Dikunjungi

Danau Toba, danau terbesar di Sumatera Utara dan di Pulau Sumatera, keindahannya memang sudah tidak diragukan lagi. Walau begitu, salah besar kalau kamu mengira Danau Toba satu-satunya destinasi wisata menarik di Sumatera Utara. Provinsi yang beribu kota di Medan ini menyimpan banyak tempat wisata yang seru untuk dijelajahi. Berikut objek wisata di Sumatera Utara yang menarik untuk kamu kunjungi.

 

1. Kawah Putih Tinggi Raja

Wisata Tinggi Raja terletak di kawasan Cagar Alam Dolok Tinggi Raja di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Dari ibu kota Medan, kurang lebih 3 jam perjalanan.

Objek wisata Kawah Putih Tinggi Raja luasnya sekirar 30 hektar. Kawah Putih Tinggi Raja berasal dari bukit kapur putih yang mirip seperti bukit salju. Di sisi lain dari kawah terdapat sungai yang airnya berasal dari aliran panas kawah putih. Sumber air panas di kawah ini mencapai 90 derajat celcius. Kamu dapat membawa telur dan merebusnya di tempat itu.

Sayangnya, tempat wisata ini belum sepopuler Danau Toba. Alasannya, akses ke tempat ini cukup sulit. Jalanan cukup terjal dan penuh bebatuan. Selain itu, pohon-pohon tinggi yang menggelilingi kawah ini membuat objek wisata ini tak cukup terlihat.

 

2. Pantai Lagundri


Pantai yang menjadi satu dari 10 spot surfing terbaik di dunia ini terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Tinggi gelombang yang ada di pantai ini bisa mencapai 10 meter dengan 5 tingkatan. Bukan cuma itu, pantai ini juga menjadi lokasi kejuaraan rutin selancar, Nias Open, yang diikuti peselancar dari dalam dan dan luar negeri.

Walau gelombang terus bergemuruh, Pantai Lagundri sebenarnya adalah lokasi yang cocok bagi kamu yang ingin berlibur di tempat wisata yang sepi. Syaratnya, datanglah saat tidak ada kejuaraan selancar. Airnya yang jernih dan pasirnya yang putih bersih pasti akan membuatmu betah berlama-lama di sini.

 

3. Istana Maimun


Istana Maimun dibangun pada abad ke-19 oleh Sultan Maimun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, keturunan ke-9 dari Kesultanan Deli. Iya, istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Deli.

Istana Maimun memiliki 2 lantai, 3 bagian (bangunan utama, bangunan sayap kiri, bangunan sayap kanan) dan 30 ruangan. Luas keseluruhannya 2.700 meter persegi. Yang menjadi keunikan istana istana ini adalah interiornya yang memadukan gaya Melayu, Spanyol, India dan Italia. Koleksi yang terdapat di tempat ini, antara lain foto keluarga sultan, senjata, dan perabotan rumah tangga bergaya Eropa.

Tertarik untuk berkunjung? Istana Maimun terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun.

 

4. Tangkahan Langkat


Tangkahan terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, tepatnya di antara desa Namo Sialang dan Sei Serdang. Dari kota Medan, kamu butuh berkendara kurang lebih 3-4 jam.

Selain menawarkan panorama indah dan udara yang sejuk, banyak atraksi menarik yang bisa kamu lakukan di sini. Misalnya saja mengelilingi hutan dengan menunggangi gajah, memandikan gajah, arum jeram, dan berenang di sungai.

 

5. Taman Alam Lumbini


Taman Alam Lumbini Ā berlokasi di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo. Dari Medan ke tempat ini butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan. Daya tarik utama di taman dengan luas kurang lebih 3 hektar ini adalah Pagoda Lumbini. Pagoda tersebut merupakan replika pagoda terbesar di dunia yang ada di Myanmar, Pagoda Shwedagon.

Untuk menikmati tempat wisata yang indah, tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, karena juara-juaranya ada di negeri kita tercinta ini. Dari 5 objek wisata di atas, mana yang menjadi favorit kamu?

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari Amelia Hadiwinata. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply