5 Ide Sarapan Sehat dan Sederhana untuk Memulai Hari

Sarapan di pagi hari sangat penting agar tubuh kita punya cukup energi untuk memulai hari. Tapi terkadang kita bingung sarapan yang cocok. Mulai sekarang, jangan bingung lagi. Berikut ini ide sarapan sehat dan sederhana yang sudah pasti menyehatkan juga.

 

1. Nasi

5 Ide Sarapan Sehat dan Sederhana untuk Memulai Harimu
via pixabay.com

Makanan berat seperti nasi sudah lumrah disajikan sebagai menu sarapan di pagi hari. Variannya pun banyak, mulai dari nasi uduk, nasi rames, nasi kuning, dan lain-lain.

Kalau kamu tidak sempat memasak menu sarapan nasi yang lumayan rumit itu, kamu bisa memasak nasi putih saja lalu menambahkan lauk pauk. Lauknya bisa tempe goreng, tahu goreng, atau telur mata sapi. Nasi hangat dengan lauknya tersebut bisa kamu tambahkan kecap manis dan potongan cabe rawit agar tambah nikmat.

 

2. Telur

5 Ide Sarapan Sehat dan Sederhana untuk Memulai Harimu
via pixabay.com

Kalau kamu enggak punya cukup waktu untuk membuat sarapan, langkah praktis dan kilatnya adalah dengan membuat olahan telur. Kamu bisa mengolah telur dengan cara direbus atau digoreng.

Untuk membuat telur rebus, masak air sampai mendidih lalu cemplungkan telur. Kalau kamu kepingin buat telur setengah matang, angkat telur setelah 5 menit. Tapi kalau kamu kepingin buat telur rebus matang, angkat telur setelah 10 menit.

Kalau mau digoreng, kamu bisa membuat telur acak, telur dadar, atau telur mata sapi. Kamu bisa menggunakan metega untuk menggorengnya. Saat disantap, kamu bisa menambahkan garam, saus sambal atau kecap pedas manis untuk menambah rasa.

 

3. Roti

5 Ide Sarapan Sehat dan Sederhana untuk Memulai Harimu
via pixabay.com

Makanan yang satu ini super praktis. Ketika kamu tidak sempat membuat dan menyantap sarapan di rumah, kamu bisa menjadikan roti sebagai pengganjal perut. Roti mudah ditemukan di kantin, warung, atau minimarket. Rasanya yang bermacam-macam seperti selai kacang, cokelat, stroberi, menjadikan makanan ini alternatif menu sarapan yang enak di lidah.

 

4. Buah dan sayuran

5 Ide Sarapan Sehat dan Sederhana untuk Memulai Harimu
via pixabay.com

Sarapan dengan buah atau sayuran bukan hanya praktis namun juga menyehatkan. Buah-buahan seperti jeruk, ceri, apel, kiwi, anggur, stroberi, pepaya mengandung zat antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Sementara untuk sayuran, kamu bisa menyantap brokoli, tomat, labu, sawi, wortel, kentang, dan jagung.

Buah bisa kamu santap langsung atau campurkan menjadi salad buah. Tambahkan minyak zaitun dan mayones supaya makin nikmat. Untuk sayuran, kamu bisa menyantapnya setelah direbus atau dikukus terlebih dahulu.

 

5. Jus

5 Ide Sarapan Sehat dan Sederhana untuk Memulai Harimu
via pixabay.com

Kalau kamu enggak suka atau enggak bisa sarapan makanan berat, sebagai gantinya kamu bisa mengonsumsi jus. Jus menyediakan energi bagi tubuh supaya fit mengawali hari.

Kamu bisa berkreasi menciptakan jus yang sehat dan menyegarkan. Misalnya, membuat jus apel yang dicampur dengan bayam, wortel, lemon atau jus tomat yang dicampur dengan jeruk. Hmm, kebayang menyegarkannya, kan?

 

Itu tadi ide-ide sarapan sederhana dan sehat untuk memulai hari. Kalau kamu biasanya apa yang kamu makan atau minum untuk memberi energi di pagi hari? Atau jangan-jangan sering melewatkan sarapan? Yuk berbagi di kolom komentar.


 

Leave a Reply