5 Tips untuk Menjual Menggunakan Youtube

Pernah dengar Pewdiepie yang sukses menjadi Youtuber paling kaya seantero dunia? Kalau kamu anak muda kekinian yang selalu update, harusnya sih tahu. Kekayaan Youtuber yang punya nama asli Felix Arvid Ulf Kjellberg ini mencapai miliar dolar AS. Fantastis banget, kan? Enggak heran banyak orang yang kepingin mengikuti jejaknya.

Youtube memang sarana yang sangat fantastis untuk mendongkrak bisnis. Rugi kalau kamu enggak baca 5 tips untuk menjual menggunakan Youtube ini.

 

1. Judul dan kata kunci yang tepat

tips untuk menjual menggunakan Youtube
via pexels.com

Judul videomu adalah faktor utama yang akan membawa pelanggan ke produkmu. Jadi, perhatikan judul yang kamu cantumkan. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan target konsumen. Mereka pasti akan mencari kata kunci untuk produk yang mereka butuhkan. Jadikan kata kunci itu sebagai label pada videomu.

 

2. Berikan tautan

via flickr.com

Deskripsi video Youtubemu jangan dibiarkan kosong melompong. Kamu bisa memasang atau menuliskan tautan (link) ke halaman produkmu dalam kolom deskripsi tersebut. Selain mengarahkan dan memudahkan orang untuk membeli produkmu, tautan itu juga baik bagi optimasi mesin pencarian (SEO). Google (atau mesin pencarian lain) jadi gampang melacak videomu untuk kemudian ditampilkan di hasil pencarian.

Contoh Youtuber yang sukses menerapkan trik ini adalah Eric the Car Guy. Akun Youtubenya menyajikan video-video seputar perbaikan kendaraan, saran-saran otomotif, dan sesi tanya jawab. Salah satu videonya yang berjudul “How to recharge an AC System sudah mendapatkan 2,5 juta view. Kebayang kan berapa banyak orang yang membeli produk yang ia tautkan di channel Youtubenya?

 

3. Berikan sentuhan pribadi

via flickr.com

Pepatah lama, tak kenal maka tak sayang. Dalam bisnis, tak (di)kenal maka tak laku. Bagaimana caranya supaya orang lain kenal? Kamulah yang harus memulai inisiatif untuk berkenalan.

Buat video perkenalan di channel Youtubemu. Kamu juga bisa menambahkan video lain yang menunjukkan bagaimana produkmu dibuat, dari mana asalnya, hingga bagaimana keadaan di belakang layar. Memberikan sentuhan personal akan membuat koneksi dan akhirnya menciptakan pelanggan setia.

Kamu bisa mencontoh Mia Connor. Ia merupakan penata rias profesional yang menggunakan Youtube untuk memperkenalkan jasanya. Mia sering mengunggah tutorial makeup yang mudah dan gampang diikuti. Dengan melihat Mia melakukan keahliannya, banyak penonton akhirnya tertarik untuk membeli jasanya.

 

4. Konten yang menjual

via pixabay.com

Apapun produk yang kamu jual, orang pasti bakal tertarik menonton kalau mereka melihat videomu seru dan berfaedah. Seperti apa konten yang seru dan berfaedah? Coba masukkan 4 hal di bawah ini.

Edukatif

Buat video semacam panduan membeli. Misalnya kamu menjual mainan anak, kamu bisa membuat video mengenali mainan yang aman bagi anak balita. Lewat video itu secara halus kamu mempromosikan produkmu yang aman bagi anak.

Solutif

Buat video tutorial yang berhubungan dengan bidang produkmu. Sebagai contoh, kalau kamu menjual produk kosmetik, kamu bisa membuat tutorial dandan alami. Dalam video tersebut, berikan informasi dan tautan untuk membeli produk yang kamu gunakan dalam tutorial.

Wawancara para ahli

Menampilkan wawancara dengan para ahli atau profesional di bidang yang kamu geluti akan sangat membantu penjualan. Kalau kamu menjual peralatan olahraga, kamu bisa mewawancarai pebulu tangkis ternama dan menanyakan produk kesukaannya. Dalam video tersebut sertakan tautan untuk membeli produk kesukaan atlet tersebut di tokomu.

Penjelasan produk

Kalau produkmu tergolong inovatif, kamu bisa menyajikan video tutorial cara menggunakan produkmu. Jelaskan berbagai fitur menarik dan kelebihannya. Jangan lupa berikan tautan di mana penonton bisa membeli produk ini.

 

5. Gunakan Youtube Analytics

via goodfreephotos.com

Gunakan aplikasi YouTube Analytics untuk menganalisis efektivitas channel Youtubemu. Lewat aplikasi tersebut, kamu bisa memonitor berapa kali videomu ditonton, demografi penonton, hingga seberapa baik videomu mampu menarik perhatian penonton.

Perusahaan General Electric adalah salah satu yang sukses menggunakan aplikasi ini. Mereka mampu menampilkan video-video dengan konten yang disukai pemirsanya. Demografinya meliputi mereka yang tertarik dengan bidang teknik, sains, kedokteran, dan teknologi. Konten-kontennya mencerminkan hal tersebut dengan informasi mengenai sains, wawancara dengan ilmuwan terkenal, masa depan ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.

 

Demikian tadi tips untuk menjual menggunakan Youtube. Akan lebih baik lagi jika kamu memaksimalkan juga penggunaan media sosial untuk memasarkan produkmu.


 

Leave a Reply