5 Ide Kegiatan Seru untuk Merayakan Hari Batik Nasional

Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah diakui badan PBB, UNESCO, sebagai warisan budaya tak-benda umat manusia. Pengakuan tersebut jatuh pada tanggal 2 Oktober 2009 dan bersamaan dengan itu, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Nah, bagaimana nih caramu menyambut Hari Batik Nasional? Kalau masih bingung,  beberapa ide kegiatan seru ini bisa kamu lakukan.

 

1. Belajar membatik

A post shared by Karina Nadila (@karinadila8921) on

Jelang atau pada Hari Batik Nasional, enggak ada salahnya lho kamu mempelajari teknik pembuatan batik. Beberapa teknik pembuatan batik yang dikenal di Indonesia antara lain teknik canting tulis, teknik celup ikat, teknik printing, teknik cap, dan teknik colet.

Di Jakarta, kamu bisa praktik langsung belajar membatik di Museum Tekstil atau di Kampung Batik Palbatu. Kegiatan ini pasti sangat menarik untuk kamu ikuti. Belajar membatik beramai-ramai bersama teman juga seru. Sesudah mengenal lebih dekat proses pembuatan batik, pastinya kamu akan lebih menghargai batik-batik khas Indonesia serta jerih payah pengrajin batik.

 

2. Wisata ke kampung batik

A post shared by Priliant (@prilbeba) on

Kegiatan lain yang menarik untuk kamu lakukan menyambut Hari Batik Nasional adalah berwisata ke kampung batik. Seperti sudah disebut di poin pertama, Jakarta punya kampung batik di Palbatu, Tebet, Jakarta Selatan. Tempat tersebut tidak hanya memproduksi kain batik khas Betawi, tapi ada juga studio untuk belajar membuat batik. Uniknya, dinding rumah dan jalanan sekitar Kampung Batik Palbatu dicat dengan motif batik juga lho.

Selain di Jakarta, masih banyak kampung batik lainnya di Indonesia. Di Pekalongan ada Kampung Batik Kauman dan Pesindon. Di Solo ada Kampung Batik Laweyan dan Kauman (walau namanya sama dengan di Pekalongan, tapi bukan franchise). Di Cirebon ada Kampung Batik Trusmi. Belum lagi yang di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta Papua.

 

3. Membuat acara fashion show batik

A post shared by Dyah Puspitasari (@itadyah) on

Untuk merayakan Hari Batik Nasional kamu juga bisa membuat acara fashion show yang bertemakan batik. Kalau enggak punya koleksi batik yang cukup, kamu bisa menggandeng komunitas pencinta batik di daerahmu.

Soal tempat pun enggak usah terlalu jadi masalah. Kamu bisa mengambil inspirasi dari warga Desa Sekoto. Pada peringatan Hari Batik Nasional tahun 2014, warga Desa Sekoto, Kediri, Jawa Timur menyelenggarakan pameran busana batiknya di pinggir jalan desa. Selama ada kemauan, pasti ada jalan deh.

 

4. Fotografi jalanan bertema batik

 

Kamu punya keahlian fotografi? Kamu bisa mengasah skill fotografi sekaligus merayakan Hari Batik Nasional. Caranya, jelang atau pada hari batik, turunlah ke jalan. Potretlah gaya batik yang dikenakan orang-orang. Masukkan foto-foto jepretanmu ke Instagram.

Kalau ingin tambah menarik, kamu bisa bertanya singkat alasan orang tersebut memakai batik. Jadikan jawaban orang tersebut sebagai narasi atau pengantar fotomu. Ala-ala Humans of New York.

 

5. Ikut lomba lari Tjanting Run

via facebook.com/tjantingfunday

Merayakan Hari Batik Nasional dengan ikut lomba lari sekaligus berdonasi? Kenapa enggak? Pada tanggal 24 September 2017 kemarin Yayasan Tjanting Batik Nusantara yang disponsori oleh Bank Mandiri dan beberapa sponsor lainnya telah mengadakan lomba lari bertajuk ”Tjanting Funday – Bring Culture With Tjanting Run” di The Flavor Bliss, Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Tema dari acara Tjanting Run tahun ini adalah batik Cirebon, dengan mengangkat unsur ornamen batik SAWAT. Batik dengan unsur ini digunakan oleh raja dan puteranya, dan memiliki makna mampu memberikan kehidupan bagi rakyat atau orang sekitarnya. Sebelumnya, dari tanggal 1 Agustus – 10 September 2017, Tjanting Funday bersama dengan GNOTA (Gerakan Nasional Orang Tua Asuh) menggelar pengumpulan sepatu olahraga layak pakai untuk anak-anak di Cirebon.

Tjanting Funday sudah diselenggarakan sejak tahun 2016 lalu dan kemungkinan besar akan diselenggarakan lagi tahun depan. Jangan sampai ketinggalan ya.

 

Ayo lestarikan batik dengan kegiatan yang bermanfaat. Dari lima kegiatan di atas, mana yang paling menarik untuk kamu lakukan bersama teman-temanmu?


 

Leave a Reply