5 Hal Penting yang Bisa Membuat Pegawaimu Bahagia

Posisi sebagai pimpinan atau pemilik bisnis tantangannya berbeda dibanding sebagai pegawai biasa. Kini kamu harus memikirkan target pekerjaanmu sekaligus orang-orang yang kamu pimpin. Kamu perlu membuat suasana kerja yang efektif dan kondusif, termasuk memikirkan cara membuat pegawaimu bahagia dan betah bekerja. Apa sih yang bisa bikin pegawai kerasan bekerja? Simak di bawah ini.

 

1. Rasa ikut memiliki

via pexels.com

Kamu perlu memunculkan rasa ikut memiliki di hati dan pikiran pegawaimu. Mereka menjadikan kantor sebagai rumah keduanya ketimbang sekadar tempat untuk mencari uang atau mendapatkan gaji. Ketika pegawaimu punya rasa ikut memiliki dengan kantor atau pekerjaan, mereka enggak akan mau gagal atau menampilkan performa yang buruk dalam bekerja. Mereka akan terpacu untuk memberikan yang terbaik bagi pelanggan atau klien.

Bagaimana caranya? Kamu bisa mengatur terjalinnya rasa kekompakan di antara sesama pegawai. Dengan begitu mereka saling memahami apa yang rekannya lakukan. Kalau pekerjaan pegawaimu enggak terlalu butuh keahlian khusus, kamu bisa merotasi pekerjaan mereka. Masing-masing pegawai bisa memberikan pendapat dan idenya untuk membuat peningkatan.

Cara lainnya adalah dengan memperlakukan pegawaimu seperti mitra bisnis. Dengan cara ini mereka diberikan kesempatan untuk membangun perusahaan dan menuai hasilnya bersama-sama. Bahkan kamu bisa saja memberikan bagian kepemilikan atas perusahaan. Dijamin mereka akan memberikan kinerja yang maksimal.

 

2. Transparansi

via pexels.com

Pemilik usaha punya perspektif yang lebih luas dan menyeluruh tentang keadaan perusahaan. Rutinkan berbagi informasi mengenai hal-hal yang sedang dialami atau dihadapi perusahaan kepada para pegawai. Informasi ini dapat memunculkan rasa ikut memiliki dan kebersamaan. Biarkan pegawai mengetahui hal-hal yang sedang terjadi di divisi lain perusahaan. Berikan kesempatan untuk memberikan masukan, gagasan, dan umpan balik.

 

3. Penghargaan

via wikimedia.org

Perlakukan pegawaimu dengan baik. Kenali mereka secara pribadi di luar urusan pekerjaan. Tunjukkan kalau kamu melihat mereka bukan cuma sekadar pegawai tapi juga sebagai individu dan bagian dari tim.

Untuk meningkatkan motivasi bekerja, berikan bonus atau penghargaan semacam “Pegawai Terbaik Bulan Ini.” Sebarkan kisah sukses mereka ke seluruh tim di dalam perusahaan. Bahkan kamu bisa menggunakan alat pengenal sosial seperti Globoforce yang bisa mengenali¬†pegawai berdasarkan¬†kontribusinya yang luar biasa.

 

4. Batasan yang jelas

via pixabay.com

Sebagai pimpinan kamu wajib menjalin relasi yang baik dengan pegawaimu. Walau begitu batasan yang jelas haruslah ada. Akan ada saatnya kamu perlu mengambil keputusan sebagai seorang pemimpin, apapun upayamu untuk membudayakan kesetaraan dalam kantor.

Banyak pimpinan yang berlaku seperti kolega namun di saat mereka harus menjadi pimpinan keadaan berubah 180 derajat. Ketidakkonsistenan ini malah dapat merusak hubunganmu dengan pegawai karena akan muncul rasa ketidakpastian.

Idealnya kamu memiliki hubungan yang terbuka dengan pegawaimu namun bukan sebagai sesama kolega. Kamu harus konsisten dengan dinamika hubungan seperti itu.

 

5. Kesempatan belajar

via wikimedia.org

Jangan takut untuk memberikan pegawaimu tanggung jawab baru yang akan mengembangkan pengetahuan dan keahlian mereka. Berikan mereka kesempatan belajar lewat pelatihan atau pengembangan keahlian baru.

Ingin cara yang lebih simpel dalam memberikan pelatihan sekaligus mengembangkan kekompakan? Kamu bisa menyediakan budaya berbagi pengetahuan dan keahlian antar pegawai.

Pegawai bagian keuangan mungkin bisa mengajarkan metode pembukuan sederhana, sementara orang bagian media sosial bisa mengajarkan trik mengoptimalkan penggunaan media sosial. Setiap orang senang jika mereka bisa mengembangkan diri, termasuk pegawaimu.

 

Pegawai betah bekerja bukan cuma soal gaji. Memenuhi hal-hal di atas juga jadi cara membuat pegawaimu bahagia. Kalau kamu sendiri, apa sih yang membuat kamu betah bekerja di kantor yang sekarang?


 

Leave a Reply