5 Kebiasaan Bikin Boros Listrik Ini Wajib Kamu Hindari

Pernah bertanya-tanya kenapa tagihan listrik bulan ini bertambah padahal sepertinya pemakaiannya wajar-wajar saja? Atau kalau kamu menggunakan listrik prabayar (token), kamu pernah merasa saldo listriknya terlalu cepat habis?

Saat kita sudah merasa mengatur pemakaian listrik secara hemat, namun biaya yang dikeluarkan tetap saja boros, bisa jadi penyebabnya adalah kebiasaan penggunaan listrik. Berikut kebiasaan bikin boros listrik yang wajib kamu hindari.

 

Menyalakan Dispenser Air Panas Non Stop 24 Jam

via wikimedia.org

Dispenser listrik yang punya fitur air panas dan air dingin menyedot daya listrik 300 watt sampai 500 watt jika dinyalakan 24 jam sehari. Bayangkan daya yang tersedot dalam waktu seminggu atau sebulan. Tidak heran pembayaran listrik bulanan kamu besar atau token listrik kamu cepat habis.

Selain boros listrik, membiarkan dispenser menyala terus menerus juga membuatnya cepat rusak. Maka dari itu sebaiknya gunakan fitur air panas atau air dingin dispenser di saat kita hanya membutuhkannya saja. Tidak perlu dibiarkannya menyala terus menerus.

 

Pompa Air Tanpa Tandon

via hoa.africom.mil

Bagi warga pedesaan, air bersih mungkin bisa didapatkan langsung dari mata air atau sungai yang airnya masih jernih. Namun bagi warga perkotaan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih pilihannya cuma dua, dari perusahaan air minum atau menyedot sendiri air tanah menggunakan mesin pompa.

Nah, mesin pompa inilah yang biasanya memakan daya listrik besar. Sebaiknya lengkapi mesin pompa airmu dengan tandon untuk menyimpan air sehingga kamu tidak harus terus menerus menyalakan mesin.

Apalagi ketika pompa menyedot air pertama, daya listrik yang dibutuhkan adalah dua kali lipat dari daya listrik yang tertera pada keterangan mesin pompa. Jadi kalau mesin pompamu dayanya 100 watt, berarti daya listrik yang dibutuhkan untuk menyedot air pertama sebesar 200 watt.

 

Lupa Mencabut Pengisi Daya Smartphone

via pixabay.com

Saat ini semakin banyak orang yang sudah menggunakan smartphone untuk berkomunikasi ataupun untuk kegiatan lainnya. Tidak semua smartphone dirancang untuk hemat baterai. Ada juga cepat sekali memakan daya baterai.

Sudah pasti, semakin banyak smartphone yang kamu miliki, semakin sering pula kamu melakukan aktivitas isi ulang daya baterai. Di sinilah seringkali pengguna smartphone sering kelupaan mencabut charger dan membiarkannya di stop kontak. Padahal menurut penelitian PLN, setiap charger yang tidak dicabut akan memakan 1 watt daya listrik setiap harinya.

Kebiasaan ini yang sering kali yang dilakukan terus menerus tanpa disadari sudah membuat tagihan listrik membengkak.

 

Menyalakan Dan Mematikan Pendingin Ruangan

via pixabay.com

Sama seperti pompa air, mesin pendingin udara ketika dinyalakan akan membutuhkan daya listrik dua kali lebih banyak dibandingkan jumlah daya seharusnya pada mesin tersebut. Jadi kebiasaan mati nyala pendingin udara harus kita hindari karena bisa jadi salah satu penyebab besarnya tagihan listrik.

 

Membiarkan Penanak Nasi Menyala Setelah Dipakai

via wikimedia.org

Penanak nasi listrik saat ini sudah jadi andalan sewaktu ingin memasak nasi. Namun sayangnya kebiasaan kita membiarkan penanak nasi menyala seharian rupanya bisa jadi penyebab tagihan listrik membengkak.

Triknya, kita bisa mematikan penanak nasi bila tidak digunakan. Kalau ingin makan baru kita hidupkan lagi. Bisa juga dengan memasak nasi sesuai dengan porsi habis saat itu, sehingga saat ingin makan kita bisa memasaknya lagi.

 

Semoga ulasan tentang kebiasaan bikin boros listrik di atas bermanfaat bagimu. Hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut agar pengeluaran listrikmu tetap normal dan tidak bikin megap-megap. Selamat mencoba!

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply