Fresh Graduate, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan Sewaktu Memilih Kartu Kredit

Kamu baru lulus kuliah? Selamat! Kamu berhasil menjadi bagian dari generasi milenial yang siap sukses. Apalagi kalau kamu sudah mendapat pekerjaan. Rasanya begitu banyak pintu yang terbuka dan pilihan hidup yang perlu dipilih.

Dari sekian banyak hal yang perlu kamu pilih, kartu kredit mungkin jadi salah satunya. Agar awalmu indah, berikut pertimbangan dalam memilih kartu kredit yang cocok bagi fresh graduate.

 

1. Kriteria aplikasi

via thebluediamondgallery.com

Langkah pertama tentu saja mencari kartu kredit yang akan menerima permohonanmu. Cermati kriteria aplikasi yang sesuai untuk lulusan baru atau fresh graduate seperti kamu. Walaupun gajimu sebagai lulusan baru belum terlalu besar, beberapa perusahaan penerbit kartu kredit menyediakan produk yang cocok kok dengan kantong lulusan baru sepertimu.

 

2. Iuran tahunan

kartu kredit yang cocok untuk fresh graduate
via pixabay.com

Hal lain yang perlu kamu jadikan pertimbangan adalah biaya iuran tahunan kartu kredit. Sesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Hindari termakan bujuk rayu bank yang menawarkan pembebasan iuran tahunan dengan menyelipkan banyak persyaratan. Misalnya, bebas iuran tahunan pada dua tahun pertama atau bebas iuran tahunan tapi minimal harus 12 kali gesek kartu.

 

3. Reward sesuai kebutuhan

via pixabay.com

Sesuaikan kartu kredit pertamamu dengan kebiasaan berbelanjamu. Pengeluaran apa yang paling sering kamu lakukan? Apakah untuk hiburan, belanja kebutuhan sehari-hari, atau belanja online? Sesuaikan juga dengan gaya hidupmu sehari-hari. Apakah kamu bekerja di perusahaan fashion dan perlu tampil modis? Apakah kamu seorang teknopreneur yang juga pencinta gadget?

Kalau kamu sudah mengenali kebiasaanmu berbelanja, kamu akan lebih mudah menemukan kartu kredit yang sesuai. Kamu bisa mencari kartu kredit yang menawarkan diskon, cashback, atau poin reward sesuai kebutuhanmu.

Sebagai fresh graduate, sebaiknya prioritas utamamu memiliki kartu kredit adalah untuk melakukan penghematan. Kamu bisa takjub melihat besar penghematan yang bisa kamu lakukan ketika kamu memilih kartu kredit yang tepat.

 

4. Bunga

kartu kredit yang cocok untuk fresh graduate
via pixabay.com

Hal penting yang perlu kamu cermati juga tentu saja bunga untuk kartu kreditmu. Cari yang bunganya kecil supaya enggak memberatkanmu ketika membeli barang. Metode kalkulasi bunga biasanya didapat dari rata-rata saldo rekening harian dikalikan tingkat suku bunga periodik (biasanya berdasarkan jumlah hari dalam setahun).

Cermati juga Annual percentage rate (APR) atau Tingkat Persentase Tahunan dari kartu kreditmu. Ini adalah bunga yang ditagihkan lebih mahal untuk carried-over-balances seperti telat membayar tagihan, menarik uang tunai, transfer saldo, dan penggunaan kartu melebihi batas kredit.

APR ini jenisnya bisa tetap atau tidak tetap. APR tetap memiliki tingkat bunga yang tetap sedangkan APR tidak tetap tergantung pada indeks ekonomi.

 

5. Aturan main

via pixabay.com

Sewaktu membuat kartu kredit pelajari kontrak yang diberikan dengan saksama. Ingat, penyedia kartu kredit dapat mengubah ketentuannya sewaktu-waktu. Jadi periksa kotak pesan atau surelmu untuk mendapatkan info yang akurat.

Pelajari juga berbagai istilah dan ketentuan yang biasanya muncul dalam kontrak. Misalnya, Batas Kredit adalah  jumlah maksimal yang dapat kamu gunakan termasuk bunga dan biaya, Masa Tenggang adalah jumlah hari (biasanya 20 sampai 30 hari) kamu harus membayar penuh tagihan sebelum bunga bertambah.

Cermati juga biaya-biaya yang ditagihkan. Misalnya, Biaya Umum yang biasanya mencakup biaya tarik tunai, transfer saldo, telat membayar, penggunaan melebihi batas kredit dan kadang-kadang biaya tahunan. Hindari kartu kredit yang meminta biaya yang tidak umum seperti biaya jika tidak menggunakan kartu, biaya pengelolaan akun online, atau biaya untuk mengakhiri akun.

 

Semoga artikel di atas berguna untuk membantu memilih kartu kredit yang tepat ya.


 

Leave a Reply