7 Keuntungan Berhenti Menggunakan Media Sosial

Tahun 2015 lalu, penyanyi Ed Sheeran sempat berhenti menggunakan media sosial. Kelihatannya sih ia sengaja menonaktifkan akun Instagram dan Twitternya supaya bisa fokus menggarap album ketiga. Soalnya, ketika setahun kemudian ia kembali menggunakan media sosial, gambar yang pertama kali ia unggah adalah bocoran album terbarunya.

Bisa lebih fokus adalah salah satu keuntungan berhenti menggunakan media sosial. Apa lagi kira-kira ya keuntungan lain menonaktifkan semua akun media sosial? Simak di bawah ini.

 

1. Lebih fokus

7 Keuntungan Ketika Berhenti Sosial Media
via pixabay.com

Keuntungan ini sudah disebut di pengantar. Berhenti menggunakan media sosial ampuh untuk memperbaiki fokus kita. Kerja otak tidak terbagi-bagi antara melihat notifikasi terbaru dan mengerjakan tugas. Perhatian bisa kita arahkan sepenuhnya untuk aktivitas yang sedang dikerjakan saat itu.

 

2. Lebih kreatif

7 Keuntungan Ketika Berhenti Sosial Media
via pixabay.com

Percaya atau enggak, imajinasi sulit berkembang ketika benak kita dipenuhi oleh banyak hal. Penggunaan media sosial, apalagi kalau tidak terkontrol, bisa bikin kepala penuh.

Ketika kita memutuskan untuk berhenti menggunakan media sosial, kepala bisa lebih bersih dari berbagai sampah informasi. Imajinasi dapat berkembang dengan bebas.

 

3. Stres berkurang

7 Keuntungan Ketika Berhenti Sosial Media
via pixabay.com

Pernah debat dengan orang lain di media sosial? Atau mood pernah hancur berantakan setelah melihat konten yang dibagikan pengguna lain di media sosial? Kurangi penggunaan media sosial atau kalau perlu, berhenti total sekalian. Stresmu pasti berkurang.

 

4. Lebih percaya diri

7 Keuntungan Ketika Berhenti Sosial Media
via pixabay.com

Media sosial tertentu seperti Facebook dan Instagram menampilkan momen-momen terbaik dalam hidup seseorang. Di sana orang-orang terlihat hidupnya menyenangkan dan bahagia.

Lalu apa hubungannya dengan percaya diri? Terlalu sering melihat versi terbaik dari orang lain bisa membuat kamu terjebak membanding-bandingkan kondisimu dengan orang tersebut. Padahal bisa jadi perbandinganmu tidak apple to apple.

 

5. Tidur lebih teratur

7 Keuntungan Ketika Berhenti Sosial Media
via pixabay.com

Rutinitas malam pengguna gadget biasanya memelototi media sosial sampai tertidur. Namun kebiasaan ini justru mengacaukan jam tubuh kita. Banyak riset yang menyebutkan sinar biru dari layar gadget mengganggu jam tubuh manusia.

Ketika kamu memutuskan berhenti menggunakan media sosial, kamu yang memegang kendali penuh atas jam tidurmu. Waktu tidur malam bisa lebih teratur dan tidak perlu tertunda oleh aktivitas scrolling-scrolling media sosial.

 

6. Punya waktu berkualitas dengan orang terkasih

7 Keuntungan Ketika Berhenti Sosial Media
via pixabay.com

Pernah lihat ilustrasi di satu meja makan orang-orang yang duduk bareng bukannya mengobrol malah melihat gadget masing-masing. Ketika kamu berhenti menggunakan media sosial, hal seperti itu enggak akan terjadi. Kamu bisa mencurahkan perhatian sepenuhnya kepada orang terkasih.

 

7. Hemat

7 Keuntungan Ketika Berhenti Sosial Media
via pixabay.com

Sering kehabisan kuota karena sering online? Atau sering belanja online karena tergiur membeli barang yang dimiliki oleh idola atau temanmu? Hal ini tentunya akan memberatkan kantongmu bukan? Inilah saatnya untuk berhenti menggunakan media sosial. Selain menyetop hidup konsumtif, kamu juga dapat berhemat.

Bagaimana, berani meniru langkah Ed Sheeran berhenti menggunakan media sosial? Berapa lama sih kamu tahan enggak bukan media sosial sama sekali?


 

1 Comment

  1. Ini bangeeettt

Leave a Reply