Ini Pengaruh Gaya Hidup Sehat terhadap Keadaan Finansialmu

Gaya hidup sehat bukan hanya menjauhkan kamu dari sakit penyakit, namun juga menguntungkan dari segi keuangan. Studi mengatakan orang-orang yang menjaga kesehatan fisik cenderung punya tingkat kepedulian yang besar terhadap kesehatan keuangannya.

Kedengarannya cukup masuk akal. Ketika kamu berusaha menjalankan gaya hidup sehat, dalam praktiknya kamu pasti akan menjauhkan diri dari hal-hal yang merugikan kesehatan tubuh. Apalagi zaman sekarang berobat butuh biaya besar. Ingin memaksimalkan gaya hidup sehat supaya keuangan semakin sehat? Berikut tipsnya.

 

1. Setop kebiasaan buruk

Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Keuangan
via pixabay.com

Kebiasaan buruk seperti merokok, makan makanan cepat saji, dan kurang tidur dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Penyakit paru-paru, jantung, diabetes, obesitas siap menyerang jika kamu tidak segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Dari segi keuangan, mengurangi kebiasaan seperti merokok bisa melegakan sedikit pengeluaranmu lho. Hitung berapa ratus ribu yang bisa kamu hemat ketika kamu mengurangi atau menyetop sama sekali kebiasaan merokok. Bukan hanya pengeluaran saat ini, pengeluaran di masa depan seperti untuk biaya berobat juga bisa diperkecil.

 

2. Hidup teratur

Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Keuangan
via pixabay.com

Bangun dan tidur pada jam yang sama setiap hari. Sarapan, makan siang, dan makan malam teratur tiap hari. Setiap enam bulan sekali memeriksakan kesehatan gigi. Hidup teratur seperti itu walaupun kesannya sepele, punya manfaat besar menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan keuangan. Hidup teratur adalah wujud nyata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati.

 

3. Kelola stres dengan kegiatan positif

Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Keuangan
via pixabay.com

Kelola stres dengan baik. Jika tidak, kamu bisa terjebak ke situasi yang merugikan diri kamu sendiri. Misalnya gara-gara stres, kamu melampiaskannya dengan cara mengonsumsi obat-obatan terlarang, menghambur-hamburkan uang berbelanja secara berlebihan, atau makan makanan yang tidak sehat.

Kalaupun butuh pelampiasan stres, salurkan lewat hal-hal yang positif. Kamu bisa melakukan olahraga lari, angkat berat, yoga, atau apapun olahraga yang kamu suka. Bisa juga, kamu salurkan untuk kegiatan berkesenian seperti menari, menyanyi, dan lain-lain.

 

4. Tentukan tujuan hidup

Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Keuangan
via pixabay.com

Hidup jangan cuma begitu-begitu saja. Semua orang sebaiknya harus punya dan mengenali tujuan hidupnya. Hal-hal seperti apa yang ingin kamu tuju serta cara untuk mencapai tujuan tersebut. Punya tujuan hidup dalam praktiknya akan mengarahkan kamu untuk punya tujuan keuangan juga.

Contoh sederhananya, kamu ingin mandiri dan membahagiakan orangtua. Bagaimana caranya kamu bisa mandiri? Seberapa banyak dana yang perlu kamu simpan agar bisa mandiri dan membahagiakan orangtua?  Rencana itu bisa kamu susun dengan lebih matang dan konkret menggunakan alat bantu seperti mind map. Metode ini berguna untuk menjabarkan hal-hal spesifik ketika kamu punya banyak hal yang ada di pikiranmu.

 

5. Miliki keterampilan hidup

Gaya Hidup Sehat untuk Kesehatan Keuangan
via pixabay.com

Makanan jadi faktor penting yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan keuangan sama-sama baik. Untuk itu kemampuan memasak makanan merupakan hal yang penting kamu kuasai. Selain bisa mengurangi pengeluaran makan di luar, makanan yang kamu buat juga lebih terjaga nutrisinya.

 

Bagaimana, sudah percaya belum kalau gaya hidup sehat berpengaruh terhadap keadaan keuangan? Yuk, terapkan mulai dari sekarang.


 

Leave a Reply