7 Aroma Menyegarkan yang Bisa Bikin Harimu Jadi Lebih Baik

Indera penciuman adalah indera yang paling memengaruhi aktivitas otak. Bebauan atau aroma yang tepat dapat mengaktifkan bagian otak tertentu. Efek yang ditimbulkan bermacam-macam, mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi tekanan darah, hingga menstimulasi pencernaan.

Pasti kamu mau kan mendapatkan efek yang bikin semangat dan menyehatkan seperti itu? Untuk mendapatkannya, hadirkan atau semprotkan 7 aroma menyegarkan berikut ini.

 

1. Lemon

Aroma yang Bisa Meningkatkan Produktifitasmu
via pexels.com

Saat kamu merasa gelisah, marah, atau lelah, semprotkan wewangian aroma lemon di tubuh atau ruangan. Aroma ini punya sifat menenangkan dan meningkatkan konsentrasi. Bukan cuma itu, aroma lemon juga bersifat antivirus dan antibakteri sehingga baik untuk mencegah sakit tenggorokan atau flu.

 

2. Oseanik

via pixabay.com

Untuk menghadapi wawancara kerja atau ketika harus menghadiri acara formal, coba gunakan wewangian aroma oseanik. Aroma ini merupakan aroma sintetik yang menyerupai aroma udara pegunungan dan lautan. Aromanya bersifat menenangkan dan pas untuk situasi formal.

 

3. Lavender

via pxhere.com

Aroma menyegarkan khas bunga lavender sudah sering dipakai sebagai aroma losion anti-nyamuk. Selain berguna untuk mengusir serangga, aroma lavender juga memicu efek menenangkan pada saraf kita. Aroma ini dapat membantu melepaskan ketegangan dan kecemasan serta menyembuhkan pusing dan migrain.

 

4. Melati

via pexels.com

Walau identik dengan hal-hal mistis, aroma melati rupanya punya efek menenangkan juga lho. Minyak esensial aroma melati sering digunakan sebagai anti depresan karena ampuh menyegarkan dan meningkatkan semangat. Orang yang menciumnya akan merasa segar, penuh semangat, dan optimis menjalani hari.

 

5. Rosemary

via maxpixel.freegreatpicture.com

Aroma rosemary adalah aroma yang tepat untuk kamu hadirkan saat hari Senin datang. Selain meningkatkan daya ingat, aroma rosemary berguna untuk mengusir pusing dan rasa lelah. Gunakan sabun atau pelembab dengan aroma ini agar kamu semangat sepanjang hari.

 

6. Kayu manis

via publicdomainpictures.net

Aroma menyegarkan dari kayu manis bersifat stimulan. Aroma ini berguna untuk mengusir kelelahan mental serta memperbaiki konsentrasi. Riset yang dilakukan Wheeling Jesuit University, kerja otak orang yang membaui aroma kayu manis lebih baik dibanding yang tidak membaui.

 

7. Pepermin

via maxpixel.freegreatpicture.com

Aroma pepermin berguna untuk meningkatkan energi, menyegarkan pikiran, serta meningkatkan konsentrasi. Kamu bisa menggunakan aromaterapi pepermin saat sesi brainstorming.

 

Kamu bisa menikmati manfaat dari berbagai aroma di atas dengan berbagai cara, mulai dari parfum, minyak esensial, hingga produk kebersihan dan perawatan diri. Dari 7 aroma menyegarkan di atas, aroma apa yang paling kamu suka?


 

Leave a Reply