5 Alasan Kamu Perlu Mengurangi Konsumsi Garam Saat Ini Juga

Apakah kamu termasuk orang yang suka makan makanan yang asin-asin? Tubuh kita memang membutuhkan garam. Kandungan sodium dalam garam berguna untuk menjaga fungsi normal tubuh. Tapi yang tubuh kita perlukan enggak banyak-banyak. Orang dewasa hanya butuh 6 gram garam per hari.

Mulai sekarang kurangi konsumsi garammu dan rasakan manfaatnya. Berikut beberapa manfaat mengurangi konsumsi garam bagi tubuh.

 

1. Mencegah kembung

keuntungan mengurangi konsumsi garam
via maxpixel.freegreatpicture.com

Makanan yang asin dan banyak mengandung garam memicu rasa haus. Itu sebabnya di bulan Ramadan, orang yang berpuasa sebaiknya menghindari sahur menyantap makanan yang banyak mengandung garam.

Di bulan biasa yang bukan bulan Ramadan pun kita juga sebaiknya mengurangi konsumsi garam. Coba bayangkan, kalau kita sering haus, pasti akan jadi sering minum. Minum air memang menyehatkan tubuh, tapi kalau kebanyakan juga bisa bikin kembung.

 

2. Mencegah darah tinggi

keuntungan mengurangi konsumsi garam
via staticflickr.com

Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat mengganggu keseimbangan sodium alami di dalam tubuh. Jika kadar garam dalam tubuh meningkat, hal tersebut dapat meningkatkan tekanan yang diberikan aliran darah terhadap pembuluh darah. Kondisi inilah yang disebut tekanan darah tinggi atau hipertensi.

 

3. Menjaga kesehatan jantung

keuntungan mengurangi konsumsi garam
via pixabay.com

Hipertensi adalah penyebab terbesar untuk meningkatnya masalah kesehatan dan serangan jantung. Mengurangi asupan sodium akan menurunkan tekanan darah sehingga kerja jantung menjadi lebih ringan. Orang-orang yang mengonsumsi garam dalam jumlah sedikit memiliki resiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah. Kebetulan dua kondisi kesehatan tersebut adalah alasan utama dari kematian dan cacat tubuh. Seram kan?

 

4. Memperbaiki fungsi ginjal

via flickr.com

Ginjal membantu menyaring urine dan menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh. Ketika tubuh mendapatkan jumlah sodium yang diperlukan, maka ginjal akan menahannya. Namun ketika asupan sodium berlebihan, ginjal bertugas untuk mengeluarkannya lewat air seni.

Jumlah garam yang berlebihan akan memberatkan kerja ginjal dan mengganggu fungsinya. Hal ini bisa menyebabkan sodium menumpuk sehingga menimbulkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan seperti kanker ginjal.

 

5. Mencegah osteoporosis

via wikimedia.org

Kandungan garam yang terlalu tinggi di dalam tubuh juga bisa mengikis kalsium dari tulang. Bila terjadi terus menerus, kondisi ini bisa melemahkan tulang sehingga terjadi osteoporosis. Ingin tulang selalu sehat dan kuat, kan? Makanya mulai kurangi konsumsi garam. Sebagai ganti camilan yang asin-asin, kamu bisa menyantap buah-buahan atau sayuran.

 

Pernah menghitung enggak berapa banyak garam yang kamu konsumsi setiap hari?


 

Leave a Reply