Belajar Nilai-Nilai Entrepreneurship dari Sosok Donald Trump

Donald Trump merupakan sosok yang kontroversial. Pengusaha yang sekarang menjabat Presiden Amerika Serikat ke-45 ini banyak mengeluarkan pernyataan dan kebijakan yang bikin orang-orang mengernyitkan dahi. Di sisi lain, kalangan yang mengelu-elukan dan menyanjungnya tinggi juga enggak kalah banyaknya.

Pada kesempatan ini, kita kesampingkan dulu kariernya di politik. Kita fokus pada pencapaiannya di bidang bisnis, karena suka enggak suka, Donald Trump merupakan sosok pengusaha yang lihai. Kita bisa mengambil pelajaran entrepreneurship dari sepak terjangnya. Penasaran? Berikut 5 tips entrepreneurship ala Donald Trump.

 

1. Fokus pada masalah saat ini

Tips Entrepreneurship ala Donald Trump
via wikimedia.org

Banyak orang yang suka nostalgia ke masa lalu atau sebaliknya, berpikir kejauhan ke masa depan, sementara masalah yang di depan mata belum beres. Dalam kamus bisnis Donald Trump pantang berbuat yang seperti itu. Dia percaya menyelesaikan masalah saat ini adalah cara untuk membangun masa depan.

 

2. Bangun personal brand

via staticflickr.com

Donald Trump sadar kalau merek itu penting. Ia lihai memanfaatkan nama besarnya untuk berbagai hal, mulai dari bisnisnya di bidang real estat hingga produk-produk lain seperti produk baju pria, parfum, buku, dan acara televisi.

Bagaimana caranya agar pamor dan nama besar itu selalu terngiang-ngiang di benak banyak orang? Donald Trump gemar membuat sensasi. Kontroversi itu menjual. Dengan berbagai sensasi dan kontroversinya, kursi kepresidenan AS pun berhasil ia duduki.

 

3. Gunakan kata-kata yang sederhana

via wikimedia.org

Donald Trump pantang menggunakan kata-kata susah ketika berbicara. Dia menggunakan kata-kata mudah yang bisa dimengerti oleh anak umur 10 tahun. Semua orang bisa memahami perkataannya dengan jelas dan hal ini pula yang menyebabkan banyak orang menjadi pendukungnya.

Dalam bisnis, daripada menjelaskan fitur produkmu yang memiliki banyak bahasa ilmiah yang enggak dimengerti oleh calon pelanggan, lebih baik jelaskan apa saja kelebihan produkmu. Gunakan bahasa sederhana yang dapat dimengerti oleh target konsumen.

 

4. Jangan terlihat putus asa saat negosiasi

via static.kremlin.ru

Dalam bisnis, orang lebih tertarik dengan sosok yang ulet dan percaya diri ketimbang yang muram dan putus asa. Performa seperti itulah yang selalu Donald Trump munculkan ke publik. Jarang kan melihat Donald Trump klemar-klemer atau ragu-ragu?

Dari situ, kamu bisa belajar untuk menghindari gaya putus asa ketika menjelaskan atau menjual produk. Cara terbaik untuk bernegosiasi adalah dengan menunjukkan kekuatan dan kepercayaan diri.

 

5. Tunjukkan kamu percaya dengan kemampuanmu

via staticflickr.com

Dalam kariernya di bisnis atau politik, Donald Trump punya prinsip mempercayai apa yang ia katakan. Jargonnya “Make America great again” terdengar di awang-awang. Namun dia mengatakannya dengan penuh percaya diri sehingga banyak yang percaya dan akhirnya dia terpilih menjadi Presiden AS.

Dari sini kita bisa belajar untuk memandang produk sendiri sebagai produk terbaik di dunia. Jelaskan apa kelebihan yang menjadikannya menonjol. Sebab kalau kamu sendiri enggak percaya dengan apa yang kamu katakan, bagaimana orang lain bisa percaya?

 

Demikian tadi tips entrepreneurship ala Donald Trump. Yah, kalau kamu sudah terlanjur enggak suka sama sosoknya, bisa belajar dari entrepreneur yang lain. Bisa dari entrepreneur fiksi seperti Tony Stark ataupun yang nyata seperti Warren Buffet. Atau kamu punya panutan lain dalam dunia bisnis? Yuk share di kolom komentar.


 

Leave a Reply