7 Tips Sukses Bersaing di Situs Marketplace Desain Grafis

Ada orang yang bilang hidup adalah kompetisi. Dalam situasi tertentu, seperti mencari pekerjaan, ungkapan itu ada benarnya. Pelamar perlu bersaing dengan puluhan, ratusan, bahkan ribuan orang lainnya untuk mendapatkan posisi tertentu di suatu perusahaan.

Bukan cuma pekerja tetap, pekerja lepasan (freelancer) seperti desainer grafis pun perlu bersaing dengan desainer lainnya. Persaingan itu terlihat banget di dalam marketplace desain grafis yang mempertemukan klien dengan desainer. Mau jadi desainer lepas yang rajin dapat proyek? Yuk baca 7 tips sukses bersaing di situs marketplace desain grafis berikut.

 

1. Menyukai dan menguasai proyek

via wikimedia.org

Sebelum buru-buru mengajukan diri menggarap suatu proyek, pelajari dulu dengan baik arahan klien. Bayangkan dirimu sedang mengerjakan proyek tersebut, mulai dari sketsa awal sampai sentuhan terakhir.

Sesudah membayangkan, tanyakan pada dirimu sendiri, kamu akan menikmati mengerjakan proyek tersebut enggak? Kamu punya kemampuan dan waktu untuk menyelesaikannya enggak? Daripada mandek di tengah jalan atau menghasilkan karya setengah hati yang bisa berakibat kamu dapat testimoni buruk di marketplace, mending cari proyek yang benar-benar kamu mau dan mampu kerjakan.

 

2. Jangan terlalu awal mengirimkan desain

via pixabay.com

Dalam dunia desain grafis, terlebih di era digital seperti sekarang, orang lain bisa dengan gampangnya mencontek idemu. Kejadian seperti itu rawan terjadi di situs marketplace, di mana semua desain dapat dilihat oleh semua anggota atau pengunjung situs.

Kalau situasinya seperti itu, mending kamu tunggu sampai beberapa saat sebelum tenggat waktu pengumpulan. Selain menghindari idemu dibajak, kamu juga bisa mempelajari persaingan.

 

3. Pelajari persaingan

via pexels.com

Waktu adalah uang, terutama bagi pekerja lepasan yang perlu memperhitungkan penggunaan waktunya dengan baik. Sebelum menawar suatu proyek, amati berapa banyak desainer yang sudah lebih dulu ikutan. Pelajari karya-karya kompetitor yang sudah dikirimkan.

Kalau sudah ada 20-30 desainer yang ikutan dan karya-karya mereka kelihatan lebih berkualitas, mending cari proyek lain yang lebih sesuai untukmu. Bukannya enggak percaya diri, tapi ini menunjukkan bijak menggunakan waktu dan tenaga.

 

4. Pahami keinginan klien

Tips Sukses Bersaing di Situs Marketplace Desain Grafis
via pixabay.com

Setelah membaca dan memahami arahan dari klien, mulai riset desain berdasarkan kata kunci yang ada pada arahan tersebut. Terjemahkan keinginan dan kesan pribadi klien dalam desain lewat tipografi, motif, karakter, dan lain sebagainya.

 

5. Cermati sifat klien

via staticflickr.com

Dalam situs marketplace, enggak jarang klien sudah mulai merespons atau mengomentari karya-karya yang dikirimkan desainer. Dari sana kamu bisa mempelajari lebih banyak karakteristik klien.

Apakah klien tersebut sering memberikan umpan balik yang berguna? Apakah ia menghagai kreativitas desainer? Bagaimana riwayatnya dalam bekerjasama dengan desainer?

Punya cukup informasi mengenai klien dapat memudahkanmu memilah pilih klien yang berpotensi jadi pelanggan tetap.

 

6. Berikan deskripsi yang menarik

via staticflickr.com

Selain desain yang bagus, deskripsi desain juga enggak kalah penting. Berikan ringkasan penjelasan yang jelas dan cerita di balik desainmu. Jadilah berbeda dari yang lainnya namun tetap sesuai dengan kemauan klien. Jangan lupa untuk menjelaskan bahwa kamu sangat terbuka untuk menerima kritik, revisi dan umpan balik untuk memperbaiki desainmu.

Tempatkan juga dirimu pada posisi klien dan jelaskan apa yang akan menarik bagi mereka. Apakah kamu sudah pernah mengerjakan proyek yang serupa? Jangan ragu untuk menceritakan kemampuan dan reputasimu yang sesuai dengan kebutuhan proyek tersebut.

 

7. Komunikasi yang lancar

via pixabay.com

Sama seperti bisnis online yang menjual barang, menjual jasa secara online juga perlu komunikasi yang baik dan cepat kepada calon klien. Selalu balas komentar klien dengan cepat dan baik. Perbaharui desain dengan umpan balik yang diberikan. Jangan takut juga untuk memberikan saran dan masukan dengan alasan serta konsep yang kuat. Buat klien merasa nyaman dan percaya untuk menyerahkan proyek kepadamu.

 

Demikian tadi beberapa tips sukses bersaing di situs marketplace desain grafis. Pernah mencoba menawarkan jasa di situs marketplace seperti itu? Yuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar


 

Leave a Reply