Do & Don’t dalam Membuat dan Menjalankan Anggaran

Kamu masih buta soal membuat dan menjalankan anggaran keuangan? Sayang sekali lho sebab anggaran sangat berguna untuk mengatur dan mengendalikan keuangan kita. Anggaran dapat mengerem nafsu belanja hari ini demi hidup sejahtera sampai akhir bulan.

Kalaupun kamu benar-benar masih awam soal anggaran, tidak usah cemas. Ikuti aturan membuat dan menjalankan anggaran di bawah ini agar keuanganmu aman terkendali.

 

Lakukan

Do's & Don'ts dalam Membuat dan Menjalankan Anggaran
Kamu dapat mengendalikan keuanganmu dengan anggaran via pixabay.com

1. Niatkan

Semua berawal dari niat. Kalau sudah capek keuangan terus menerus jebol atau memang ingin belajar membuat anggaran, niat akan membantu kamu semangat menjalankannya.

2. Luangkan waktu

Kapan waktu yang terbaik untuk membuat anggaran? Jangan tunggu sampai awal atau akhir bulan. Waktu yang paling tepat adalah sekarang.

3. Tulis pemasukan dan pengeluaran

Sebagai langkah awal, tulis semua pemasukan dan biaya-biaya yang biasa kamu keluarkan setiap bulannya. Menuliskannya sesuai dengan angka yang sebenarnya ya, jangan berandai-andai atau berimajinasi.

4. Buat anggaranmu dengan detail

Agar lebih jelas, susun anggaran detail secara mendetail. Berikan deskripsi penggunaan uang tersebut, misalnya untuk tabungan, bujet untuk liburan, dan lain-lain. Kamu bisa juga mengelompokkannya menggunakan metode 50/30/20.

5. Tentukan tujuan keuanganmu

Anggaran keuangan yang kamu susun adalah cerminan hidup dan kegiatanmu sehari-hari. Tidak ada salahnya juga kamu mulai memasukkan rencana-rencana jangka panjang dalam anggaran keuangan tersebut. Rencana jangka panjang atau tujuan keuangan itu misalnya beli rumah sendiri, keperluan biaya menikah, biaya kuliah, melunasi utang, dan lain-lain.

6. Kenali kelemahanmu

Sembari terus mencatat pengeluaranmu dari hari ke hari, mulai cari tahu letak kelemahanmu. Apakah frekuensimu belanja sudah berlebihan? Apakah biaya transportasi yang kamu keluarkan tidak kemahalan?

7. Evaluasi dan perbarui anggaranmu

Evaluasi kondisi keuanganmu setiap akhir bulan. Periksa apakah bulan depan akan ada kebutuhan yang hilang, berkurang, atau justru sebaliknya, membengkak. Dengan begitu kamu bisa mulai mencari penyelesaiannya. Bisa jadi kamu perlu mengutak-atik pos pengeluaran yang lain, mencoba berhemat, mencari pendapatan sampingan, atau melakukan ketiganya.

Hindari

Do's & Don'ts dalam Membuat dan Menjalankan Anggaran
via pixabay.com

1. Membuat anggaran tapi tidak dijalankan

Apa hasil dari membuat anggaran tapi tidak dijalankan? Enggak ada hasilnya. Kondisi keuanganmu akan tetap begitu-begitu saja.

2. Memanfaatkan celah

Anggaran kamu susun sendiri, pertanggung jawabkan sendiri. Kalau ada kesalahan pengeluaran, yang harus menanggung sudah pasti kamu sendiri. Jadi jangan berdalih atau mencari-cari alasan pengeluaran yang seharusnya tidak kamu keluarkan ya. Misalnya kamu suka piringan hitam lalu berdalih memasukkannya ke dalam pengeluaran investasi, walau sebenarnya piringan hitam itu itu sebenarnya barang konsumsi.

3. Menyalin anggaran orang lain

Katakanlah pendapatanmu 3,5 juta, sedangkan orang yang kamu salin pendapatannya 7 juta. Kalau kamu menyalin anggarannya, secara tidak langsung kamu menyalin gaya hidupnya. Siap-siap tekor di akhir bulan ya.

4. Mengeluarkan uang tanpa perencanaan

Jangan pernah mengeluarkan uang tanpa perencanaan. Hal ini akan membuat anggaran yang telah kamu buat sebelumnya berantakan. Pada akhirnya kamu akan kebingungan untuk mengelola keuanganmu di tengah bulan.

5. Mengeluarkan uang lebih dari pemasukan

Yang satu ini sangat tidak disarankan. Jika dilakukan, bisa dipastikan di dalam rekening dan dompetmu tidak ada yang tersisa sebelum bulan berakhir. Apalagi jika kamu mengandalkan kartu kredit, yang ada kamu akan menumpuk utang dan bekerja.

6. Meminjam dari tabungan sendiri

Apabila ada kekurangan  uang yang harus dikeluarkan dalam bulan berjalan, jangan pernah meminjam dari tabunganmu. Karena apabila terus terjadi maka tabunganmu pun tidak akan bertambah.  Buat evaluasi sesegera mungkin dan pergunakan anggaran darurat. Selain itu, berikan tanda untuk pengeluaran tersebut di bulan berikutnya.

7. Mengabaikan anggaran darurat

Jangan pernah mengabaikan anggaran darurat ini. Apabila sesuatu yang tidak diinginkan terjadi dan atau membutuhkan dana cair segera, kamu bisa menggunakan anggaran darurat ini.

 

Demikian tadi aturan yang perlu kamu perhatikan dalam membuat dan menjalankan anggaran. Hayo, mana yang sudah kamu praktikkan dan mana yang belum?


 

Leave a Reply