5 Alasan Menabung di Celengan Masih Asyik Walaupun Kamu Sudah Dewasa

Pemerintah terus menggalakkan rakyatnya untuk menabung di bank. Selain lebih aman, dana yang terhimpun di bank bisa disalurkan untuk tujuan yang produktif. Tapi kalau sampai sekarang kamu lebih memilih menyimpan uang di celengan, ya enggak ada salahnya juga. Berikut beberapa alasan asyiknya menabung di celengan.

 

1. Memanfaatkan Uang Receh agar Tidak Terpakai Percuma

via flickr.com

Pasti banyak di antara kita yang menyia-nyiakan uang receh kembalian. Uang pecahan kecil itu kamu biarkan terselip di sofa, tas, atau tempat-tempat lain yang tidak kamu ingat. Daripada tercecer tidak karu-karuan seperti itu, lebih baik dimasukkan ke celengan. Selain bisa lebih bertanggung jawab atas uang-uang yang kamu miliki, kalau kepepet kamu bisa ambil sedikit uang dari celengan tersebut.

 

2. Tidak Ada Biaya Administrasi seperti di Bank

via pixabay.com

Asiknya menabung di celengan, kamu enggak perlu membayar biaya administrasi setiap bulannya seperti di bank. Uang yang kamu simpan di celengan tetap utuh sebanyak yang kamu masukkan ke celengan.

 

3. Sedikit Demi Sedikit Tahu-tahu Menjadi Bukit

via flickr.com

Menyisihkan uang untuk dimasukkan ke celengan bisa bikin kita tambah semangat untuk menabung. Pasti ada kesenangan sendiri ketika melihat celengan yang tadinya enteng ,lama kelamaan bertambah berat. Dari yang isinya sedikit lama-lama bertambah banyak. Kamu bisa menyentuh dan menggenggam langsung hasil jerih payah kamu dalam menabung, enggak cuma dalam bentuk tulisan di atas kertas atau layar.

 

4. Media untuk Mendidik Anak Menabung

via vimeo.com

Bagi yang punya adik, keponakan, atau anak kecil, praktik menabung di celengan bisa menjadi media pembelajaran yang menarik. Kamu bisa mengajarkan mereka untuk berhemat, bersabar, serta menghargai arti pentingnya uang.

 

5. Merasa Kembali Menjadi Anak Kecil

via pixabay.com

Terakhir, menabung di celengan juga bisa jadi ajang bernostalgia ria. Kamu bisa mengembalikan kenangan masa kecil dulu ketika orangtua menyuruh kamu menyisihkan uang jajan untuk ditabung. Uang itu kamu masukkan dalam celengan yang bentuknya lucu-lucu. Momen memecahkan celengan akan bikin kamu kembali merasa seperti anak kecil lagi.

 

Lihat, walaupun sudah dewasa, sah-sah saja kan menyimpan uang di dalam celengan? Hanya saja pastikan kamu menyimpan celengan di tempat yang aman agar hasil jerih payahmu tidak dicuri atau ditilep orang lain. Bagaimana pendapatmu? Kamu masih mau enggak menabung di celengan?


 

Leave a Reply