9 Alasan Traveling Bikin Kamu Jadi Entrepreneur Andal

Mulai sekarang, buang jauh-jauh anggapan traveling itu sekadar kegiatan hura-hura. Selain bermanfaat menghilangkan stres, bagi kamu yang berniat jadi entrepreneur, banyak nilai-nilai kewirausahaan yang bisa kamu petik dari kegiatan traveling. Enggak percaya? Baca aja artikel manfaat traveling bagi entrepreneur di bawah ini.

 

1. Keteguhan

via pixabay.com

Saat traveling kamu akan mengalami berbagai macam ketidaknyamanan. Sepanjang perjalanan bisa jadi kamu harus menginap di penginapan tidak layak, terpaksa menggunakan toilet kotor, mengendarai transportasi umum yang tidak nyaman dan lain sebagainya.

Dari situ kamu akan belajar bahwa pelancong dan entrepreneur sama-sama butuh keteguhan dalam melakukan perjalanan dan mencapai tujuan.

 

2. Fokus pada hal-hal penting

via pixabay.com

Kamu sering khawatir kehilangan klien? Susah dapat pelanggan? Banyak merugi saat akhir bulan? Saat melancong, kamu juga akan menghadapi banyak tantangan seperti kehabisan uang, ketinggalan kereta, tidak dapat penginapan, sampai kehilangan barang berharga.

Supaya tidak tambah stres, kamu harus belajar menerima kemalangan tersebut. Setelah pikiran sudah agak jernih, mulai deh memikirkan apa yang sebaiknya harus kamu lakukan untuk mengatasi keadaan.

 

3. Kerendahan hati

via pixabay.com

Traveling mengajarkan kita untuk senantiasa rendah hati. Selama perjalanan kamu akan bertemu banyak orang dengan cerita hidupnya masing-masing. Kamu akan melihat masalah hidup dan pencapaianmu bisa jadi tidak seberapa dibanding orang-orang yang kamu temui tersebut. Jadi ketika pulang, saat mulai mengeluh dan berbangga diri, kamu bisa selalu mengingat pelajaran yang kamu dapatkan kemarin saat traveling.

 

4. Mudah beradaptasi

via flickr.com

Saat traveling bukan tidak mungkin, kamu akan menemui banyak kejadian tidak terduga. Mulai dari penerbangan yang terlambat, koper yang hilang, makanan yang aneh, tujuan wisata yang sulit ditemui, dan lain sebagainya.

Dari kejadian-kejadian itu kamu akan dipaksa untuk beradaptasi dengan baik dan menghadapi semua masalah dengan tenang. Kemampuan itu sangat bermanfaat, bukan hanya saat traveling tapi juga dalam berbisnis.

 

5. Memicu kreativitas

via pixabay.com

Kamu akan dipaksa untuk melakukan hal-hal kreatif selama perjalanan. Dari mencari penginapan murah dengan bertanya ke penduduk sekitar, mencari tambahan uang, mencari tumpangan transportasi, belajar bersepeda dan lain sebagainya.

Sebagai entrepreneur kamu juga akan dipaksa untuk melakukan banyak keputusan dan kegiatan yang membutuhkan kreatifitas serta belajar banyak keahlian baru. Dengan traveling, kamu sudah terbiasa untuk menjadi kreatif dan terbuka pada banyak ide.

 

6. Melatih spontanitas

via pixabay.com

Memulai suatu bisnis sama seperti pergi ke negara baru atau mengunjungi suatu tempat untuk pertama kalinya. Semuanya baru dan tidak dikenali. Berarti kamu harus siap untuk selalu spontan dan terbuka terhadap pengalaman baru. Kamu boleh saja berencana tapi dalam perjalanan, semua rencanamu tersebut bisa berubah. Kamu harus selalu siap membuat keputusan yang tepat.

Traveling mengajarkan kita untuk spontan dan mengikuti insting. Bukan cuma itu, traveling juga mengajarkan kita untuk selalu siap melakukan petualangan karena dari sanalah kamu akan mendapatkan pengalaman terbaik. Hal ini akan sangat berguna sebagai entrepreneur yang perlu selalu positif, spontan dan siap menghadapi segala tantangan.

 

7. Melatih komunikasi

via defense.gov

Dalam bisnis, seorang entrepreneur harus memiliki keahlian komunikasi yang baik untuk berjejaring dan mempromosikan bisnisnya. Dengan traveling, kamu bisa terbiasa berada pada situasi yang membutuhkan keahlian komunikasi yang baik. Selama traveling kamu akan menemui banyak orang baru dari berbagai daerah, budaya dan bahkan bahasa yang berbeda. Kamu harus berkomunikasi berbagai cara dengan sebaik-baiknya

 

8. Memberdayakan sumber daya yang terbatas

via pixabay.com

Saat traveling kamu tidak mungkin membawa semua barang yang ingin kamu bawa. Kamu harus memilih dan memilah barang yang esensial untuk dibawa. Kamu juga tidak boleh menggunakan uang secara sembrono. Singkat kata, kamu harus selalu bijak dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas.

Hal seperti itu diperlukan juga dalam berbisnis. Kamu wajib bijak mengatur pengeluaran dan memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk kepentingan bisnis. Kalau asal-asalan, dari mana nanti bisa dapat untung?

 

9. Memperluas pandangan

via flickr.com

Traveling memberimu pengalaman baru serta membawamu berkenalan dengan budaya dan orang-orang baru. Pengalaman itu akan membuka ide-ide dan inspirasi.

Dalam dunia bisnis, sangat penting untuk selalu dinamis dan terbuka akan pemikiran baru. Coba-coba terbuai oleh zona nyaman, rasakan sendiri sakitnya saat kamu disalip oleh pesaing dan zaman.

 

Sekarang sudah percaya kan kalau traveling punya banyak manfaat bagi entrepreneur?


 

Leave a Reply