5 Lokasi Pengibaran Bendera Merah Putih yang Unik dan Luar Biasa

Menyambut hari-hari besar kenegaraan, terkhusus pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, kita pasti bakal sering melihat bendera merah putih berkibar di mana-mana. Bendera merah putih berkibar di halaman rumah, gapura, tiang bendera kantor pemerintahan, hingga di tempat-tempat yang terbilang enggak biasa.

Penasaran enggak, tempat-tempat unik mana saja yang pernah dijadikan lokasi pengibaran bendera merah putih? Yuk, simak di bawah ini.

 

1. Pengibaran bendera di udara

Pada tanggal 1 April 2016 lalu, penerjun dari Kopassus melakukan pengibaran bendera merah putih di udara. Enggak main-main, bendera berukuran 22 meter X 33 meter tersebut dikibarkan di atas ketinggian 8 ribu kaki serta berhasil memecahkan rekor MURI. Atraksi keren ini digelar untuk memeriahkan HUT Kopassus ke-64 yang jatuh pada tanggal 16 April. Simak adegan menegangkannya dalam video di atas.

 

2. Pengibaran bendera di bawah laut

Dari udara kita turun ke air. Pada tanggal 17 Agustus 2015, organisasi pemandu selam Tulamben berkolaborasi dengan Love Mother Nature Difable Dive Club berhasil melakukan pengibaran bendera merah putih di bawah laut. Pengibaran tersebut dilakukan di dekat lokasi kapal karam USAT Liberty, Pantai Tulamben, Kabupaten Karangasem, Bali. Proses pengibaran bendera ini bikin hati nano-nano; mengharukan, membanggakan sekaligus juga sangat menginspirasi. Merdeka!

 

3. Pengibaran bendera di puncak Gunung Gede

Tahun 2011, komunitas pencinta sepak bola yang tergabung dalam Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI) berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak Gunung Gede, Jawa Barat. Mereka sukses membawa bendera berukuran 800 meter hingga ke puncak gunung yang tingginya 2.958 mdpl tersebut. Semangat mereka mendaki gunung siang malam membawa bendera yang besar dan berat itu pantas diacungi lebih dari dua jempol, guys!

 

4. Pengibaran bendera di Monas

Siapa sangka, Monumen Nasional (Monas) kebanggaan warga DKI Jakarta dan Indonesia pernah dijadikan tiang bendera. Kebayang enggak, kalau tiang benderanya saja sebesar itu, supaya proporsional, ukuran benderanya harus sebesar apa? Bendera merah putih yang dikibarkan untuk memperingati Hari Bela Negara tahun 2014 tersebut ukurannya 2.250 meter persegi.

Untuk mengerek bendera sebesar itu sampai puncak Monas, tentu butuh banyak orang dan tenaga. Angin yang kadang menggoyahkan bendera sebelum sampai ke atas turut mempersulit. Salut deh buat anggota TNI, Polri, serta Pramuka yang bahu membahu menaikkan bendera sampai puncak Monas!

 

5. Pengibaran bendera di Raja Ampat

Dari Sabang sampai Merauke, bangsa Indonesia antusias menyambut peringatan HUT Republik Indonesia. Untuk menyambut HUT RI ke-71 tahun 2016 yang lalu, pemerintah dan masyarakat Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat sukses mengibarkan bendera merah putih. Dibantu oleh aparat TNI, mereka berhasil membentangkan bendera merah putih berukuran 140 meter X 35 meter dari Pulau Painemo ke pulau kecil di sebelahnya. Pengibaran bendera ini memecahkan rekor MURI pembentangan merah putih terpanjang di antara dua pulau.

 

Unik dan keren ya lokasi pengibaran bendera merah putih di atas. Kalau kamu, momen seperti apa sih yang bikin kamu bangga banget jadi orang Indonesia? Bagikan di kolom komentar dong.


 

Leave a Reply