5 Fakta Tempat Paling Ekstrem di Indonesia yang Akan Bikin Kamu Terperangah

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan kekayaan alam yang sangat melimpah ruah. Keadaan geografis dan alam negeri kita tercinta ini pun sangat beragam. Mulai dari pegunungan bersalju sampai padang gersang ada di Indonesia.

Penasaran enggak seperti apa sih tempat-tempat yang punya predikat “paling” di Indonesia? Paling tinggi, paling rendah, paling dingin, paling panas, dan lain sebagainya. Yuk, baca 5 tempat paling ekstrem di Indonesia berikut ini.

 

1. Tempat tertinggi

Tempat tertinggi di Indonesia sudah pasti adalah Puncak Jaya di Pegunungan Jayawijaya di Papua. Ketinggian tempat itu mencapai 4.884 meter, paling tinggi dibanding gunung lain di Indonesia. Saking tingginya, Puncak Jaya ini selalu berselimut salju!

Dengan predikat paling tinggi, tidak heran ekspedisi ke Puncak Jaya jadi salah satu pendakian yang mahal dan sulit. Menurut sebuah artikel di situs nationalgeographic.co.id, biaya untuk mendaki ke sini mencapai 1.800 dolar AS per orang, setara dengan 24 juta rupiah.

Di mancanegara, Puncak Jaya lebih terkenal dengan sebutan Cartensz Pyramid. Orang pertama yang berhasil menaklukkan ketinggian Pegunungan Jayawijaya dan sampai ke Puncak Jaya adalah Anton Colijn, Jean Jacques Dozy, dan Frits Wissel di tahun 1936.

Satu fakta menarik lagi tentang Puncak Jaya. Kalau kamu pernah menonton filmnya Brad Pitt yang berjudul 7 Years in Tibet, karakter yang ia mainkan di film tersebut, aslinya pernah menginjakkan kaki ke Puncak Jaya. Heinrich Harrer, nama karakter yang Brad Pitt perankan tersebut, berhasil menaklukkan Puncak Jaya pada tanggal 13 Februari 1962. Kisah perjalanannya ke Papua ia tuangkan dalam buku berjudul I Come from The Stone Age.

 

2. Laut terdalam

via maxpixel.freegreatpicture.com

Titik terdalam Indonesia berada di Laut Banda. Perairan ini berada di sebelah selatan Pulau Ambon dan sebelah utara Pulau Timor. Sudah kebayang kira-kira posisinya? Di perairan tersebut terdapat Palung Laut Banda, jurang laut berkedalaman 7.000 meter. Perbandingannya, kalau menara Burj Khalifa di Dubai itu tingginya 820-an meter, berarti kedalaman Palung Laut Banda kira-kira 9 kali Burj Khalifa.

Hingga saat ini belum pernah ada penyelam yang mampu menelusuri hingga dasar palung. Jangankan penyelam, cahaya matahari saja tidak mampu menembus sampai dasar. Gara-gara itu, banyak spesies laut aneh yang mungkin belum pernah dilihat manusia sebelumnya, hidup di sana.

 

3. Tempat terpanas

Kantor Wali Kota Cirebon via wikimedia.org

Kota Cirebon yang berada di pesisir utara Pulau Jawa ini suhu udaranya sangat panas. Saking panasnya, Dinas Kesehatan Cirebon sampai pernah memberikan imbauan agar warga menjaga kesehatan. Suhu panas yang terlalu ekstrem rentan menimbulkan penyakit ISPA, heat stroke, dan lain sebagainya.

Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Ferguson, keadaan iklim di Kabupaten Cirebon termasuk tipe C dan D. Daerah terpanas di kota Cirebon dan Indonesia secara keseluruhan adalah di Jatiwangi. Suhu udara tertinggi yang pernah terjadi bahkan mencapai 39,5 derajat Celcius!

 

4. Kota terdingin

Kota Mulia via wikimedia.org

Teorinya, makin tinggi suatu tempat, suhunya akan semakin dingin. Tidak heran, Kota Mulia yang merupakan ibu kota Kabupaten Puncak Jaya, mendapat predikat sebagai kota paling dingin di Indonesia. Kota yang terletak di ketinggian 2.448 mdpl ini pada siang hari suhu udaranya antara 15-20 derajat Celcius. Kalau malam hari? Lebih dingin lagi, yakni bisa mencapai di bawah 10 derajat Celcius.

 

5.  Gua terpanjang

via wikimedia.org

Papua menyimpan banyak bentang alam paling ekstrem di Indonesia. Satu lagi yang baru saja ditemukan adalah gua terpanjang di Indonesia, dan disinyalir punya peluang jadi gua terpanjang di dunia. Gua tersebut terletak di Pegunungan Lina, Kabupaten Manokwari, Papua Barat. Berhubung baru ditemukan, gua tersebut belum diberi nama resmi.

Ketua tim ekspedisi berkebangsan Perancis, Bruno Thery, dalam laporannya kepada Pemerintah Kabupaten Manokwari mengatakan, kedalaman goa itu mencapai 2.000 meter. Dengan kedalaman tersebut, goa ini diduga sebagai yang terdalam di dunia setelah goa Lamprechtsofen-Vogelshacht di Austria (1.632 m).

 

Masih banyak fakta lain tentang tempat paling ekstrem di Indonesia. Paling basah, paling kering, daerah paling kaya, paling melarat, dan lain-lain. Kapan-kapan disambung lagi kalau ada kesempatan. Tetap cintai tanah air kita tercinta ini ya!


 

Leave a Reply