5 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sewaktu Mencari Tempat Kost

Capek melaju tiap hari atau keadaan mengharuskan kamu merantau ke kota lain? Solusi dari dua masalah di atas adalah mencari tempat kost. Tempat kost yang kamu pilih tentunya yang nyaman dan bikin betah berlama-lama di dalamnya. Nah, supaya bisa dapat tempat kost yang ideal seperti itu, berikut hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sewaktu mencari tempat kost.

 

1. Lokasi

7 Tips Mencari Kosan yang Tepat
via pixabay.com

Lokasi adalah hal pertama yang harus kamu pertimbangkan. Kalau ingin hemat waktu, tenaga, dan uang, carilah tempat kost yang dekat dengan kantor, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau naik sepeda. Dengan begitu, kamu bisa hemat uang transportasi setiap bulannya. Badan juga jadi lebih sehat.

Pastikan juga tempat kost yang kamu pilih lokasinya strategis, dalam artian dekat dengan sarana transportasi, rumah makan, dan minimarket.

 

2. Harga

7 Tips Mencari Kosan yang Tepat
via pixabay.com

Pilihlah tempat kost yang sewanya bulanan. Selain memudahkan pencatatan keuangan, kamu juga lebih fleksibel jika sewaktu-waktu harus pindah. Tanyakan juga pada pemilik kost apakah biaya sewa tersebut sudah termasuk dengan biaya listrik, air, dan lain-lain. Kalau belum, totalkan biaya sewa dengan biaya tambahan tersebut.

Buat perhitungan biaya yang harus kamu keluarkan setiap bulannya. Masukkan biaya sewa kost ke dalam pengeluaran bulanan tersebut. Kalau kamu rasa biaya kost terlalu memberatkan, maka sebaiknya kamu mencari tempat baru.

 

3. Fasilitas

7 Tips Mencari Kosan yang Tepat
via pixabay.com

Hal lain yang harus kamu pertimbangkan sewaktu mencari tempat kost adalah fasilitas yang ditawarkan. Banyak pemilik kost menawarkan kamar saja, tanpa fasilitas tambahan. Kamu sendiri yang harus mengisi kamar tersebut agar layak untuk ditinggali. Namun banyak juga pemilik yang menawarkan fasilitas lengkap, seperti misalnya tempat tidur, lemari baju, meja belajar, kursi, kamar mandi dalam, kipas angin, AC, hingga WiFi. Tentunya harga yang ditawarkan juga berbeda.

 

4. Keamanan dan jam malam

7 Tips Mencari Kosan yang Tepat
via pixabay.com

Kalau kamu sering beraktivitas sampai malam hari, sebaiknya cari tempat kost yang tidak punya jam malam. Dengan begitu kamu bebas lembur atau keluyuran sampai pagi. Kalaupun pemilik kost memberlakukan jam malam, supaya aktivitasmu dan keamanan kost sama-sama tidak terganggu, kamu bisa minta izin untuk menggandakan kunci pagar.

 

5. Keadaan tempat kost

via flickr.com

Hal terakhir yang harus kamu jadikan bahan pertimbangan adalah keadaan kamar kost itu sendiri. Apakah kamar tersebut punya ventilasi yang cukup? Apakah dindingnya tidak lembap? Kalau kamar mandi dalam, apakah kamar mandi itu terawat dengan baik? Apakah tidak bocor ketika hujan? Kalau kamu punya kesempatan ngobrol dengan anak kost di tempat tersebut, coba tanyakan pendapatnya. Dari situ kamu bisa dapat gambaran lebih utuh keadaan di tempat tersebut.

 

Untuk mendapatkan info mengenai tempat kost kamu bisa langsung menanyakan pada warga sekitar atau bisa juga mencari info di internet. Luangkan waktu untuk meninjau langsung ke calon tempat tinggalmu. Jangan lupa memberikan catatan setiap habis melakukan survei. Kira-kira kamu punya saran lain soal mencari tempat kost yang tepat? Sampaikan di kolom komentar ya.


 

Leave a Reply