5 Pengeluaran Tidak Terduga Entrepreneur

Sama halnya dengan hidup, membangun suatu bisnis juga penuh dengan kejutan. Walaupun kita sudah teliti dan merencanakan segala sesuatunya dengan baik, pasti adalah saja hal-hal yang tidak terduga. Dampaknya, hal yang tidak terduga tersebut bisa jadi akan mempengaruhi omzet.

Supaya bisa mengantipasi dan berjaga-jaga, berikut pengeluaran tidak terduga entrepreneur yang wajib kamu kenali.

 

1. Pajak

5 Pengeluaran Tidak Terduga Entrepreneur
via pixabay.com

Bagi kamu yang baru mulai berbisnis mungkin belum terpikirkan mengenai pengeluaran yang satu ini. Walau begitu pajak merupakan komponen pengeluaran yang sudah harus kamu perhitungkan sejak awal berbisnis. Lakukan riset kecil-kecilan besar pajak yang harus kamu bayarkan. Dengan begitu kamu terhindar dari sanksi atau denda akibat lalai membayar pajak.

 

2. Asuransi

5 Pengeluaran Tidak Terduga Entrepreneur
via pixabay.com

Setiap usaha mempunyai risiko yang berbeda-beda. Untuk menanggulangi risiko tersebut, sebaiknya kamu mengasuransikan tempat usaha beserta segala fasilitasnya. Dengan begitu, ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu masih punya dana untuk melanjutkan usahamu.

Mulailah berhitung risiko yang mungkin terjadi. Setelah itu pilihlah asuransi yang dapat memberi jaminan penggantian seluruh atau sebagian aset yang kamu punya. Biasanya sih semakin banyak aset yang kamu asuransikan, premi asuransi akan semakin besar.

 

3. Perbaikan darurat

5 Pengeluaran Tidak Terduga Entrepreneur
via pixabay.com

Saat menjalankan bisnis, pasti ada kalanya alat operasional usaha seperti komputer, mobil, motor, atau telepon mengalami kerusakan. Supaya tidak mengganggu kelancaran usaha, kamu harus segera memperbaiki atau mengganti alat-alat yang rusak tersebut.

Misalnya, kamu punya bisnis penatu. Ketika mesin cuci atau mesin pengering rusak, kamu wajib memperbaiki atau setidaknya memanggil tukang reparasi untuk menyervis mesin tersebut. Kalau dibiarkan lama-lama rusak, omzet bisnismu pasti deh terganggu.

 

4. Penambahan SDM

5 Pengeluaran Tidak Terduga Entrepreneur
via pixabay.com

Ketika masih dalam tahap merintis bisnis, mungkin kamu bisa melakukannya sendiri. Kalaupun tidak sendiri, mungkin kamu mengerjakannya dibantu keluarga atau teman.

Nanti saat usahamu makin berkembang dan pelanggan bertambah banyak, kamu akan butuh tambahan tenaga. Tentunya tambahan tenaga tersebut tidak akan cuma-cuma. Kamu harus mengeluarkan dana tambahan untuk membayar gaji atau upah pekerja.

 

5. Kenaikan biaya-biaya

5 Pengeluaran Tidak Terduga Entrepreneur
via pixabay.com

Kenaikan biaya di tempat usaha dapat terjadi sewaktu-waktu. Seperti biaya listrik, air, gas, internet, bensin dan telepon. Kenaikan tersebut bisa saja disebabkan oleh peraturan pemerintah, kecurangan atau naiknya intensitas operasional. Periksa dan pelajari kenaikan biaya tersebut. Kalau ada biaya yang bisa ditekan, lakukan sebisa mungkin agar tidak mengganggu keuangan usaha.

 

Itu tadi pengeluaran yang sewaktu-waktu bisa muncul saat menjalankan usaha. Apa lagi sih biasanya pengeluaran tidak terduga yang muncul sewaktu menjalankan usaha? Yuk berbagi pengalaman dengan teman-teman JadiMandiri lainnya.


 

Leave a Reply