7 Tips Ampuh Melawan Demam Panggung

Siapapun pasti akan menghadapi situasi yang mengharuskan untuk maju berbicara ke depan orang banyak. Misalnya presentasi ke klien, sharing di satu komunitas, atau memberi kata sambutan dalam satu acara formal. Supaya bisa melawan demam panggung kala tampil, praktikkan 7 tips berikut ini.

 

1. Arahkan fokusmu keluar diri

via pixabay.com

Enggak usah berpikir berlebihan kalau semua orang akan senang melihat kamu melakukan kesalahan di depan umum. Penonton sebenarnya hanya ingin melihat hal yang hendak kamu presentasikan. Fokuslah pada tujuan utamamu yakni memberikan sesuatu yang berguna bagi penonton.

 

2. Jangan takut-takuti dirimu

via pixabay.com

Berhenti menakut-nakuti diri sendiri dengan bayangan kegagalan dan kemungkinan terburuk. Lebih baik fokuskan diri pada hal yang menyenangkan dan menenangkan. Misalnya bagaimana nanti orang-orang jadi tergerak untuk bertindak setelah mendengar penyampaianmu.

 

3. Latihan pernapasan

via pixabay.com

Rasa gugup selalu diiringi dengan kesulitan bernapas. Kalau hal ini enggak cepat-cepat kamu atasi, pasti bakal membuat semakin panik. Tipsnya, sebelum maju ke panggung, lakukan gerakan-gerakan kecil yang menenangkan pikiran dan pernapasan. Kamu bisa mengangkat kedua tangan tinggi-tinggi ke atas, atau melakukan latihan pernapasan. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan-lahan lewat hidung dan mulut. Berdoa agar semua baik-baik saja juga boleh kamu lakukan.

 

4. Visualisasi kesuksesan

via pixabay.com

Visualisasikan kesuksesan yang didapat dari penampilanmu di depan umum. Apapun yang kamu ingin dapatkan, tepuk tangan, persetujuan orang-orang, dan lain sebagainya, bayangkan di dalam pikiranmu sebelum maju ke depan. Selain menenangkan diri, hal ini juga membantumu agar mencapai hal-hal tersebut.

 

5. Ciptakan koneksi dengan penonton

via pixabay.com

Jangan lupa untuk selalu membuat koneksi dengan penonton. Tersenyumlah kepada mereka. Sapa jika memungkinkan. Pikirkan mereka seperti temanmu daripada orang asing yang siap menyerang.

 

6. Fokus pada 5 menit pertama

via pixabay.com

Bayangkan seluruh presentasi atau penampilanmu hanya berlangsung selama 5 menit. Hal ini akan membuat stresmu berkurang. Setelah 5 menit berjalan, kamu sudah akan tenang dan terbiasa dengan panggung.

 

7. Jangan soroti kesalahanmu

via pixabay.com

Apapun yang terjadi, jangan terlalu memikirkan kesalahanmu. Orang lain mungkin saja enggak sadar kamu melakukan kesalahan. Selain akan membuatmu makin panik, terlalu memikirkan kesalahan malah akan memperparah penampilanmu.

Tidak usah memberitahukan kalau kamu cemas. Hal ini malah akan membuat penonton ikut cemas dengan penampilanmu dan tidak akanĀ fokus pada apa yang kamu akan sampaikan. Duduk atau berdiri tegak, tampilkan bahasa tubuh yang percaya diri.

 

Itu tadi beberapa tips untuk melawan demam panggug. Bagaimana dengan kamu, apa yang biasanya kamu lakukan kalau demam panggung?


 

Leave a Reply