Mudah Mengatur Keuangan Pribadi dengan Manajemen Amplop

Rasa-rasanya kamu enggak pernah belanja atau jajan berlebihan, tapi kenapa gaji enggak pernah cukup sampai akhir bulan ya? Supaya uangmu terpantau penggunaannya, ada baiknya kamu melakukan penganggaran keuangan.

Sebagai alat bantu, saat ini sudah banyak aplikasi keuangan yang bisa kamu install di gadget. Tapi kalau kamu ingin cara yang lebih simpel dan enggak perlu pakai mengutak-atik gadget, kamu bisa menerapkan manajemen amplop.

 

Apa itu Manajemen Amplop?

Manajemen Amplop untuk Mengatur Keuangan Pribadimu
via pixabay.com

Biasanya sewaktu bikin anggaran keuangan, kita sekadar menuliskannya di aplikasi atau catatan pribadi. Nah, dalam menerapkan manajemen amplop, bukan cuma dituliskan, uang yang kita miliki juga dipisah-pisahkan ke dalam pos pengeluaran yang ada.

Kok kayaknya kenal sih dengan metode ini? Manajemen amplop memang metode lama. Ibu-ibu zaman dulu memakai metode ini untuk membuat anggaran keuangan. Namun seiring kemajuan zaman, metode ini sudah semakin jarang dilakukan.

 

Bagaimana Melakukan Manajemen Amplop?

via flickr.com

Untuk menerapkan manajemen amplop ini kamu harus memegang utuh gajimu. Kalau perusahaan memberikan gajimu lewat transfer bank, berarti kamu harus menarik semua uangmu. Sisakan sedikit sesuai dengan ketentuan saldo minimal bank.

Sudah? Langkah selanjutnya adalah menyusun anggaran pengeluaran pada buku catatan. Tentukan banyaknya uang untuk belanja kebutuhan, belanja keinginan, dan untuk ditabung. Pisahkan lagi pengeluaran untuk belanja kebutuhan dan keinginan ke dalam pos yang lebih spesifik. Misalnya pos kebutuhan transportasi, uang makan, uang untuk bayar kontrakan, uang untuk bayar listrik, dan lain-lain.

Kalau sudah terdata, sediakan amplop sesuai banyaknya pos pengeluaran. Masukkan jumlah uang yang kamu anggarkan ke setiap amplop. Misalnya kebutuhan untuk makan 2 juta sebulan, maka masukkanlah uangnya ke amplop yang bertuliskan “Uang Makan”. Terakhir, rekatkan lem pada amplop-amplop tersebut.

 

Keuntungan Manajemen Amplop

Manajemen Amplop untuk Mengatur Keuangan Pribadimu
Manajemen amplop dapat membuatmu hemat dan disiplin mengatur keuangan pribadi via tribunnews.com

Tujuan manajemen amplop adalah mengendalikan diri agar tidak membeli sesuatu atau membelanjakan uang di luar penganggaran yang sudah kamu buat. Kamu bisa belajar lebih bijak dalam menggunakan uang.

Setiap amplop sudah ada lem perekatnya jadi kamu enggak bisa sesuka hati mengutak-atik isi satu pos anggaran untuk menambal kekurangan di pos lainnya. Sistem amplop ini juga membuat kamu hemat waktu karena tidak perlu bolak-balik ke ATM untuk mengambil sekian rupiah. Namun lagi-lagi, sebaik apapun sistem atau metode penganggaran yang kamu buat, kalau tidak dijalankan dengan komitmen tentu tidak ada gunanya.

Selamat mencoba!


 

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply