5 Tips Tampil Modis Tanpa Bikin Kantong Jebol

Di Indonesia, harga suatu barang biasanya sebanding dengan kualitasnya. Dengan begitu biar bisa tampil kece perlu modal yang besar juga. Benar enggak kayak begitu? Jawabannya enggak selalu. Asal tahu caranya, kamu bisa tetap tampil modis tanpa harus beli item mahal yang menghabiskan banyak uang.

Perancang kenamaan asal Prancis, Coco Chanel, pernah bilang, “I don’t do the fashion. I am fashion.” Seperti perkataannya itu, kamu enggak perlu selalu mengikut perkembangan fashion, alias jadi korban mode. Sebaliknya, buatlah gayamu sendiri. Enggak perlu basa-basi lagi, ini nih tips tampil modis tanpa perlu keluar uang banyak.

 

1. Perhatikan kualitas bahan pakaian

via pixabay.com

Barang yang bagus enggak selalu harus barang keluaran mal atau butik. Kamu bisa saja pergi ke pasar tradisional atau ke penjual emperan untuk beli baju. Pastikan pakaian yang kamu beli bahannya bagus. Kadang suatu pakaian modelnya biasa saja, tapi karena terbuat dari kain yang bagus atau motifnya menarik, pakaian tersebut jadi kelihatan mewah.

Dalam memilih bahan pakaian, pilihlah pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang terlalu banyak bahan sintetisnya. Pakaian dari bahan katun, linen atau sutra dapat menjadi pilihan yang tepat. Perhatikan juga kualitas jahitan pakaian tersebut, apakah rapi ataukah sembarangan.

 

2. Beli barang bekas

via flickr.com

Kalau ingin beli barang bermerek dengan harga miring, kamu bisa versi cari versi second hand-nya di internet ataupun di kios yang jual pakaian second hand. Pastikan barang tersebut masih dalam keadaan baik seperti enggak robek dan enggak bernoda. Setelah membeli, jangan langsung digunakan ya. Cuci dulu dengan bersih, kalau perlu pakai air hangat, agar kehigienisannya terjamin.

 

3. Memburu barang diskonan

via pixabay.com

Punya brand favorit? Kalau ingin membeli barang baru dan bermerek dengan harga terjangkau, diskon adalah kunci. Kamu bisa menunggu brand favorit kamu memberikan penawaran harga spesial. Bisa juga berburu pakaian di musim diskon seperti jelang hari raya atau akhir tahun. Beberapa toko juga suka mengadakan midnight sale dengan potongan harga yang menarik. Jangan sampai ketinggalan event-event seperti itu.

 

4. Padu padan pakaian

via flickr.com

Kamu enggak harus punya pakaian yang seabrek supaya bisa selalu tampil menarik. Coba ubek-ubek lemari, perhatikan pakaian yang kamu punya, dan mulai berkreasi. Padu padankan pakaian-pakaian yang sudah kamu punya supaya kamu bisa tampil modis.

Kamu bisa mix and match baju atasan dengan rok, jeans, legging, atau stoking yang kamu punya. Bisa juga menambahkan pakaian luaran seperti jaket, kardigan, atau bolero.

 

5. Do it yourself

via pixabay.com

Do it yourself (atau biasa disingkat DIY) di sini artinya kamu merancang atau memodifikasi sendiri pakaianmu. Misanya kaus biasa yang terlihat begitu-begitu saja bisa kamu tambahkan sablonan, renda, pita, atau kreasi lain agar terlihat lebih menarik. Selain lebih memancarkan gayamu sendiri, DIY juga membuat kamu tampil unik dan punya ciri khas tersendiri.

 

Sudah enggak bingung lagi kan bagaimana cara tampil modis kala dompet sedang tipis. Kalau kamu punya tips lain, boleh kamu share di kolom komentar.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

5 Comment

  1. DIY ???

  2. Dwi Yuliana says: Reply

    Bagus sekali tipsnya. Kalo tanggal tua pun nggak perlu takut tampil gaya ya.. thankyou..

  3. Rissa says: Reply

    Nah ini tipsnya…

  4. Cynthia says: Reply

    Next time mgkn harus investasi di kursus menjahit. Kalau lg iseng, bisa banget jahit pakaian sendiri, or at least jahit ornamennya sendiri.

  5. Astuti kurniasih says: Reply

    Nomor 3, cucoookkkkk….

Leave a Reply