5 Jenis Tabungan yang Perlu Disiapkan Sejak Muda

Masih ingat dengan peribahasa yang sering diajarkan guru SD bahwa hemat pangkal kaya? Sejak kecil dan duduk di bangku Sekolah Dasar kita sudah diajarkan tentang hidup hemat dan rajin menabung. Agar bisa menjalani hidup dengan baik dan terencana kita memang perlu berhemat dan menyisihkan pendapatan untuk ditabung.

Jangan tunggu sudah berumur dulu baru menabung. Sejak muda kita harus rajin menabung. Berikut ini beberapa jenis tabungan yang perluĀ disiapkan sejak muda.

 

1. Tabungan Darurat

via flickr.com

Tabungan darurat adalah jenis tabungan yang sangat penting untuk dianggarkan. Kita tidak pernah tahu kapan akan terjadi kondisi yang tak diinginkan. Misalnya saja, tiba-tiba kita mengalami kecelakaan, pemutusan hubungan kerja sehingga tidak punya pemasukan selama menganggur, ataupun kena bencana alam. Tabungan darurat menjadi penyelamat saat kondisi seperti itu terjadi.

 

2. Tabungan Liburan dan Rekreasi

via flickr.com

Berhemat bukan berarti kita mengabaikan kebahagiaan diri ya. Supaya enggak stres dan punya energi baru untuk melanjutkan hidup, kita perlu sekali-sekali liburan dan rekreasi. Dari mana dapat uang untuk biaya liburan? Tentunya dari tabungan khusus liburan dan rekreasi. Jadi, secara berkala coba deh sisihkan juga uang untuk liburan dan rekreasi ke tempat-tempat yang kamu suka.

 

3. Tabungan Asuransi Kesehatan

via maxpixel.freegreatpicture.com

Menjaga kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi semua orang. Walaupun masih muda dan merasa masih prima bukan berarti kita tidak membutuhkan asuransi kesehatan. Risiko kesehatan, kecelakaan, bencana, kematian tidak bisa kita prediksi. Asuransi kesehatan menjadi penting dalam menghadapi risiko-risiko tersebut.

Saat memilih asuransi kesehatan sesuaikan dengan kemampuanmu pribadi. Kalaupun merasa berat premi asuransi swasta, kamu bisa memilih asuransi dari BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan menawarkan tiga pilihan kelas dengan besar premi bulanan yang tidak terlalu mahal.

 

4. Tabungan Modal Nikah

via flickr.com

Saat masuk ke dunia kerja, meskipun kita masih belum tahu kapan dan dengan siapa kita akan menikah, kamu juga harus sudah memikirkan tabungan modal nikah.

Impian semua pengantin adalah melangsungkan pernikahan sekali seumur hidup dengan sebaik-baiknya. Tetapi, perlu disadari pernikahan membutuhkan biaya yang besar. Untuk mengantisipasi kerepotan biaya pernikahan kita harus menganggarkan tabungan modal nikah dari sekarang ya.

 

5. Tabungan Hari Tua

via pixabay.com

Walau usia pensiun dan hari tua masih sama sekali enggak ada dalam bayanganmu, tetap tidak ada salahnya mengantisipasi dari sekarang. Kamu perlu mempersiapkan tabungan pensiun atau tabungan hari tua agar nanti bisa menghabiskan hari tua dengan tenang dan damai tanpa dikuatirkan masalah keuangan.

 

Itu tadi beberapa contoh tabungan yang perlu dipersiapkan sejak muda. Kira-kira tabungan apa lagi ya yang harus kita persiapkan? Kalau punya ide, ayo tuliskan di kolom komentar.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply