5 Tips Berhemat Bagi Anak Kos yang Kantongnya Pas-pasan

Memulai fase hidup yang baru seperti ngekos dan tinggal jauh dari orang tua tentulah tidak mudah. Kamu butuh berbagai kemampuan agar bisa survive, salah satunya adalah kemampuan mengatur keuangan. Dengan begitu kamu tidak tekor apalagi defisit.

Kalau orang tuamu memberikan jatah uang bulanan yang lumayan banyak, beruntunglah kamu karena enggak bakal pusing memenuhi kebutuhan. Tapi bagaimana kalau jatah uang bulananmu pas-pasan banget? Kamu enggak perlu kecil hati. Supaya bisa punya sedikit uang untuk ditabung lakukan tips berhemat bagi anak kos berikut ini.

 

Minum Air Putih Bikin Hemat dan Sehat

via pixabay.com

Ketimbang minum minuman kalengan atau botol berwarna, mending perbanyak minum air putih. Selain menyehatkan, minum air juga lebih ramah kantong.

Enggak percaya? Coba hitung pengeluaran yang kamu keluarkan seandainya rutin membeli satu botol minuman ringan. Katakanlah satu botol harganya 5 ribu, dalam satu bulan, berarti kamu kamu bisa keluar uang sampai 150 ribu.

Bandingkan kalau kamu beli air putih. Satu galon air harganya cuma 15 ribu dan biasanya cukup untuk minum satu minggu lebih. Kalau dihitung-hitung, kamu bisa berhemat sampai 100 ribu tiap bulan jika kamu lebih memilih beli (dan minum) air putih ketimbang minuman ringan.

 

Masak Nasi Putih Sendiri Jadi Lebih Hemat

via pixabay.com

Sewaktu makan di luar, pernah enggak menghitung harga nasi putih yang kamu makan? Kalau satu porsi nasi putih dihargai 5 ribu dan kamu makan tiga kali sehari, berarti dalam sebulan kamu keluar uang 450 ribu. Itu baru untuk nasi putih saja, belum ditambah lauk dan sayur.

Tips berhemat ala anak kos yang bisa kamu lakukan karena itu adalah masak nasi sendiri. Harga satu karung beras saat ini mungkin sekitar 200-300 ribu. Harga segitu jauh lebih murah dibanding pengeluaran untuk beli nasi putih satu bulan, kan?

 

Bisa Sekalian Coba Masak Lauk Sendiri

via pixabay.com

Mau lebih hemat lagi? Kamu bisa praktikkan tips hemat bagi anak kos dengan cara masak lauk sendiri. Saat ini sudah banyak video tutorial memasak di Facebook atau Youtube. Tonton dan praktikkan agar kamu bisa andal memasak. Keuntungan memasak lauk sendiri adalah bahan-bahan mentah yang sudah kamu beli bisa disimpan dan diolah untuk beberapa hari ke depan.

 

Jangan Nongkrong di Kafe, Mending di Kosan Aja

via pixabay.com

Salah satu hal yang biasanya bikin kita sulit berhemat adalah ajakan atau tawaran dari teman untuk nongkrong-nongkrong di kafe. Tahu sendiri kan, harga makanan dan minuman di kafe beberapa kali lipat lebih mahal dibanding harga makanan dan minuman di warteg atau warkop.

Trik berhematnya, ketimbang menuruti ajakan teman-teman ke kafe, kenapa kamu enggak mengajak mereka ke kosanmu aja? Di sana kalian tetap bisa ngobrol dan nongkrong tanpa perlu keluar uang banyak. Kalau teman-temanmu lapar, sajikan saja kreasi masakanmu hasil dari menonton video-video masak di media sosial.

 

Tahan Keinginan, Utamakan Kebutuhan

via pixabay.com

Ketahui cara membedakan keinginan dengan kebutuhan. Supaya lebih gampang, ilustrasinya kira-kira kayak begini. Suatu hari di Instagram kamu melihat kafe yang menyajikan mie dengan tampilan Instagrammable. Kamu ingin ke sana, tapi apa kamu butuh ke sana? Belum tentu. Kalau lapar, yang kamu butuhkan adalah mie instan biasa yang enggak perlu tampilan Instagrammable.

Belajar membedakan keinginan dengan kebutuhan akan sangat membantu kamu untuk menjalankan hidup hemat. Untuk hidup hemat, memang awalnya berat, tapi kalau dijalani dengan santai, lama-lama kamu bakal terbiasa kok.

 

Itu tadi beberapa tips berhemat bagi anak kos. Semoga tips tersebut bermanfaat ya.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

(Visited 12 times, 1 visits today)
The following two tabs change content below.

Leave a Reply