5 Tempat Wisata Budaya yang Bisa Kamu Kunjungi di Jakarta

Kita tahu kalau Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman budaya yang sangat kaya. Bayangkan saja, ada lebih dari 1.200 suku bangsa yang tinggal dan hidup di nusantara. Setiap suku punya ciri kebudayaannya masing-masing dalam bentuk makanan, pengobatan, senjata, alat musik, pakaian, hingga falsafah hidup. Jadi ada berapa kekayaan budaya yang Indonesia punya? Banyak.

Sebagai ibu kota negara, Jakarta punya keistimewaan sebagai tempat bercampur baurnya suku bangsa dan budaya di Indonesia. Bagi kamu yang tinggal atau sedang singgah di Jakarta dan mau mempelajari ragam budaya Indonesia, tempat wisata budaya Jakarta ini cocok untuk kamu kunjungi.

 

1. Galeri Indonesia Kaya

Wisata budaya di mal? Bisa-bisa saja di Jakarta. Kamu bisa melihat ragam budaya Indonesia di mal Grand Indonesia tepatnya di Galeri Indonesia Kaya (GIK). Lokasi persisnya ada di West Mall lantai 8.

GIK menyuguhkan ragam budaya Indonesia melalui teknologi dan pertunjukan. Begitu masuk, kamu akan disambut layar monitor yang memperlihatkan sepasang penerima tamu dengan baju adar dari berbagai daerah. Di selasar juga ada gadget untuk bermain gamelan, congklak, menggambar batik, serta layar yang bisa kita gunakan untuk menjelajah Indonesia.

Asyiknya lagi, GIK rutin menggelar pertunjukan kesenian dan kebudayaan Indonesia tiap akhir pekan. Kamu bisa menyaksikan pertunjukan tari, musik, dan teater di auditorium GIK.

 

2. Kampung Batik Palbatu

Ingin mengenal dan belajar batik motif Betawi? Kamu bisa berkunjung ke Kampung Batik Palbatu. Kampung yang digagas oleh Budi Dwi Haryanto dan Budi Darmawan pada tahun 2011 ini terletak di Jalan Palbatu, Tebet, Jakarta Selatan.

Di sini selain bisa mengenal serba-serbi batik, kamu juga bisa belajar membatik lho. Pengunjung yang tertarik dengan batik yang dipamerkan di sini juga boleh membelinya. Asyik kan?

 

3. Setu Babakan

A post shared by @aini_pinklotus on

Setu Babakan merupakan kawasan danau buatan yang terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Nah, tidak jauh dari situ, berdiri Kampung Budaya Setu Babakan. Kampung ini merupakan lokasi pusat pelestarian budaya Betawi.

Namanya saja pusat pelestarian budaya Betawi berarti kamu bisa menemukan segala sesuatu tentang budaya Betawi di sini. Mulai dari rumah adat Betawi, makanan khas Betawi (kerak telor, bandrek, dan bir pletok) hingga suvenir khas Betawi seperti ondel-ondel mini. Pada waktu-waktu tertentu, Kampung Budaya Setu Babakan juga menggelar pertunjukan kesenian Betawi seperti silat dan tari-tarian Betawi. Komplet.

 

4. Bentara Budaya Jakarta

Bentara Budaya Jakarta merupakan lembaga kebudayaan yang terletak di Palmerah, Jakarta Barat. Bangunan utamanya berbentuk Joglo Kudus yang konon diboyong langsung dari kota tempat pembuatannya. Tempat ini rutin menjadi lokasi pameran, pertunjukan kesenian, ataupun lokakarya budaya.

Bukan hanya itu, Bentara Budaya Jakarta juga punya kegiatan rutin kelas tari-tarian tradisional dan kelas gamelan. Semua kegiatan itu sesuai dengan slogannya yakni, manembah hangesti songing budi, yang artinya menampung dan mewakili wahana budaya bangsa.

 

5. Taman Mini Indonesia Indah

A post shared by MIRU SEGYE (@mirusegye) on

Bisa dibilang Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah miniatur Indonesia. Di sini kamu bisa melihat anjungan seluruh provinsi di Indonesia. Tiap anjungan biasanya punya agenda budaya sendiri-sendiri. Selain itu masih banyak objek wisata budaya yang bisa kamu temukan di TMII, seperti Museum Asmat, Museum Hakka, Museum Timor Timur, dan Teater Keong Mas, tempat menonton dokumenter budaya Indonesia.

 

Tempat-tempat wisata budaya Jakarta tersebut bisa jadi wisata alternatif. Jadi akhir pekanmu di Jakarta enggak dihabiskan hanya untuk cuci mata di mal saja.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply