5 Cara Dapat Uang Memanfaatkan Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi yang ada sekarang turut merambah ke sektor keuangan dan komersil. Berbagai online shopping bermunculan disertai dengan ragam pilihan pembayaran yang sangat memudahkan transaksi. Tidak hanya sampai di situ, berbagai aplikasi online untuk belanja tunai ataupun kredit juga bermunculan.

Kemajuan ini, kalau tidak bijak disikapi, bisa membawa masalah keuangan. Belum sampai akhir bulan, duit sudah habis karena keasyikan belanja. Daripada seperti itu, lebih baik jadikan perkembangan teknologi ini sebagai peluang usaha. Ini beberapa cara mendapatkan uang yang bisa kamu lakukan memanfaatkan perkembangan teknologi.

 

1. Belajar jualan pulsa elektrik

via flickr.com

Berbagai aplikasi serta startup yang berkecimpung di bidang pemasaran barang dan jasa online kini berlomba mengembangkan berbagai fitur tambahan. Salah satunya adalah menjual token, mulai dari listrik, paket data, hingga pulsa handphone.

Kamu bisa jadi agen perantara, menjual token pulsa tersebut ke saudara, rekan kerja, atau orang sekitar. Berhubung aplikasi tertentu memberikan diskon 5 – 10 persen untuk aneka item tanpa tambahan biaya administrasi, kamu bisa dapat untung dari sana. Asal kamu tekun, biaya pulsamu pasti bisa ketutup lho. Lumayan kan.

 

2. Jasa pembayaran tagihan

via flickr.com

Kalau dulu untuk membayar tagihan listrik, air, atau telepn harus datang ke loket tertentu, sekarang pembayarannya bisa dilakukan secara online. Ini bisa jadi kesempatanmu mengambil alih fungsi ATM atau loket pembayaran mainstream.

Cari aplikasi yang punya fitur membayar tagihan tersebut tanpa biaya admin. Tawarkan kepada teman, tetangga, atau orang sekitar. Tagihannya bisa kamu naikkan sedikit sebagai margin keuntunganmu. Uang yang didapatkan dari cara seperti itu memang receh, tapi kalau ditekuni hasilnya cukup untuk jajan.

 

3. Makelar online shoping

via flickr.com

Seringkali orang di sekitar kita kesulitan mencari produk yang sedang mereka butuhkan. Padahal kalau kita cari lewat berbagai aplikasi belanja, barang yang mereka cari banyak sekali dipasarkan.

Ambil kesempatan tersebut untuk mendapatkan uang. Kamu bisa menawarkan jasa titip belikan barang yang orang tersebut cari. Pasang harga yang sedikit lebih mahal, hitung-hitung sebagai ongkos beli.

 

4. Jualan tiket online

via flickr.com

Seperti halnya poin 1 hingga 3, kini berbagai tiket dipasarkan secara digital. Mulai dari tiket transportasi, hiburan, hingga acara pengembangan diri pun tersedia. Kamu bisa mulai jualan tiket. Untuk pemula, cobalah cari merchant yang menawarkan sistem reseller atau yang memberikan komisi kepada orang yang menjual kembali produknya.

 

5. Berburu voucer dan diskon

via flickr.com

Beragam tempat hiburan, usaha kuliner, toko retail, hingga tempat kini juga sudah memanfaatkan teknologi digital untuk memasarkan dan mempromosikan produknya. Berbagai voucer, dari yang bisa diuangkan hingga hanya untuk belanja produk tertentu saja, kini mulai bermunculan.

Sebagai contoh, ada aplikasi belanja kredit yang memberikan voucer dengan nominal 30 hingga 100 ribu. Syaratnya kita harus mengajak orang lain menggunakannya juga.

 

Itu tadi beberapa cara yang bisa jadi gambaran bagi kita memanfaatkan teknologi di dunia penjualan. Banyak perusahaan berlomba memperbaharui layanannya. Sayang sekali jika kita tidak ikut mengambil pelajaran darinya.

 

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

 

Leave a Reply