Mengenal Beda Cappuccino, Latte, dan Minuman Kopi Lainnya

Banyak kedai kopi saat ini menyajikan beragam jenis minuman kopi. Mulai dari cappuccino, latte, espresso, Americano, dan lain-lain. Kalau kamu awam, mungkin bakal kebingungan mau pesan minuman kopi yang mana.

Sebenarnya apa sih beda cappuccino, latte, dan minuman kopi lainnya? Supaya enggak bingung lagi, simak penjelasan sederhananya di bawah ini.

 

Espresso

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via pixabay.com

Espresso merupakan penyajian kopi yang paling dasar, tanpa tambahan gula, susu, dan bahan lainnya. Mungkin itu sebabnya dinamakan espresso karena proses membuatnya ekspres alias sangat cepat. Espresso yang takaran standarnya sekitar 25-30 ml merupakan hasil pemrosesan 7-9 gram bubuk kopi. Bubuk kopi tersebut diseduh dengan tekanan tinggi dan air yang sangat panas.

 

Double Espresso (Doppio)

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via pixabay.com

Kalau kamu mendengar ada orang yang pesan double espresso atau doppio, enggak usah bingung-bingung. Doppio menggunakan takaran air dan bubuk kopi dua kali espresso. Kopi dengan takaran standar 50-60 ml ini hasil pemrosesan bubuk 14-18 gram bubuk kopi. Rasanya? Sama kental dan kuatnya seperti espresso.

 

Ristretto

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via wikimedia.org

Ingin kopi yang lebih kuat dibandingkan espresso? Kamu perlu mencoba ristretto. Kopi ini menggunakan takaran bubuk kopi yang sama seperti espresso (7-9 gram) namun dengan volume air yang lebih sedikit, kira-kira 15-18 ml.

 

Americano

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via pixabay.com

Kalau sebaliknya, kamu ingin membuat kopi yang rasanya enggak terlalu kuat, bisa mencoba americano. Pada dasarnya americano adalah espresso dengan tambahan air panas sehingga menghasilkan kopi yang lebih encer dan rasa yang lebih ringan.

 

Latte

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via pixabay.com

Latte merupakan minuman kopi yang menggabungkan secangkir espresso dengan steamed milk dan busa susu ke dalam gelas. Dengan volume susu yang lebih banyak ketimbang kopinya, minuman ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang kurang suka rasa kopi yang kental.

 

Piccolo Latte

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via Pixabay.com

Pada dasarnya piccolo latte merupakan latte dalam versi mini. Minuman ini terbuat dari secangkir ristretto yang dicampur dengan steamed milk dan busa susu. Sama seperti latte, rasa susu piccolo latte lebih mencuat ketimbang kopinya.

 

Cappuccino

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via pixabay.com

Banyak orang yang suka dengan minuman yang satu ini, tapi mungkin belum tahu beda cappuccino dengan latte. Perbedaan paling kentara adalah cappuccino sangat jarang dihias-hias di permukaannya. Minuman kopi yang permukaannya dihias-hias itu adalah latte.

Perbedaan lain, kalau latte lebih banyak susu ketimbang kopinya, komposisi kopi dan susu di cappuccino bisa dibilang seimbang. Secangkir cappuccino terbuat dari espresso, steamed milk, dan busa susu dalam takaran yang sama banyak. Oh iya satu lagi, cappuccino juga di atasnya ditaburkan bubuk coklat untuk memperkaya rasa.

 

Flat White

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via flickr.com/photos/taubinphoto

Beda cappuccino dengan flat white terletak pada busa susu dan coklat. Flat white terbuat dari secangkir espresso plus steamed milk tanpa ditambahkan busa susu atau coklat di atasnya.

 

Mochaccino

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via flickr.com/photos/drtran

Mochaccino bisa dibilang minuman kekopi-kopian karena kandungan kopinya kalah dibandingkan bahan-bahan lainnya. Secangkir atau satu gelas mochaccino terbuat dari cappuccino (espresso + steamed milk + busa susu) yang ditambahkan sesendok coklat bubuk.

 

Macchiato

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via wikimedia.org

Kalau kamu ingin minuman kopi dengan tambahan bahan lain tapi rasa kopinya masih tetap kuat, cobalah macchiato. Minuman ini terbuat dari espresso yang ditambahkan sedikit steamed milk.

 

Affogato

Mengenal Perbedaan Penyajian Kopi
via flickr.com/photos/breville

Affogato adalah hidangan penutup yang banyak disediakan pada saat musim panas atau setelah makan malam. Hidangan ini terbuat dari satu atau dua sendok es krim vanila yang kemudian diguyur dengan espresso atau doppio.

 

Minuman kopi yang mana yang jadi favoritmu?


 

(Visited 516 times, 1 visits today)

1 Comment

  1. Illga altalliza says: Reply

    Artikelnya pas bangeeet nih, kadang msh meraba2 bedanya kalau mau order hihihi

Leave a Reply