5 Objek Wisata Tegal yang Wajib Kamu Kunjungi

Tahukah kamu tentang Tegal? Biasanya ketika mendengar kata Tegal, orang-orang selalu teringat dengan dialek medhog dan warteg (warung tegal). Padahal bukan cuma dialek medhog dan warteg, wisata Tegal juga menarik lho.

Tegal terdiri dari dua bagian, yaitu Kota Tegal yang berada dekat dengan kawasan laut dan Kabupaten Tegal dengan ibu kotanya Slawi yang berlokasi di dataran rendah dan pegunungan. Apa saja objek wisata Tegal menarik untuk dikunjungi? Simak di bawah ini.

 

1. Pemandian Air Panas Guci


Pemandian air panas Guci adalah salah satu pemandian air panas terfavorit di Indonesia. Pemandian ini berada di Kabupaten Tegal tepatnya di Kecamatan Bumijawa, di bawah lereng Gunung Slamet. Sebagai informasi, kawasan Guci punya 10 air terjun, 13 pemandian pancuran dan 7 pancuran. Pemandian dan pancuran ini mengalirkan air yang mengandung belerang dari Gunung Slamet.

Orang-orang ramai mandi dan berendam untuk mencari kesegaran jasmani serta menyembuhkan penyakit kulit. Pada malam Jumat Kliwon biasanya pemandian Guci akan tambah ramai oleh pengunjung yang berendam dengan alasan mistis.

Bukan cuma mandi dan berendam, di kawasan ini juga terdapat kebun teh, kebun stroberi, vila, wisata hutan, kolam renang air panas, lapangan tenis, lapangan sepak bola, serta bumi perkemahan. Banyaknya pilihan wisata menjadikan tempat ini cocok untuk tujuan liburan kamu sekeluarga.

 

2. Waduk Cacaban

Waduk Cacaban berlokasi di Pangkah, Kabupaten Tegal. Berkunjung ke sini kurang asyik kalau belum keliling-keliling waduk menggunakan perahu.  Selain menikmati pemandangan waduk, kamu juga bisa menghirup segarnya udara di tengah hutan. Dari sini kamu juga bisa memandang ke arah Gunung Semar.

 

3. Situs Manusia Purba Semedo

A post shared by Ali Nusuri (@nusuriali) on

Di Tegal, ditemukan satu situs baru di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng. Situs ini dinamakan Situs Manusia Purba Semedo. Di sini kamu bisa melihat aneka fosil dan peninggalan manusia purba yang dulu mendiami wilayah Tegal. Ragam artefak yang bisa kita jumpai antara lain tengkorak homo erectus, kapak penetak, serpih, serut, fosil-fosil gajah purba, badak, kuda nil, rusa, babi, sapi, kerbau dan banteng yang pernah hidup sekitar satu juta tahun yang lalu.

 

4. Agro Wisata Loco Antik

A post shared by Info Tegal (@infotegal) on

Di pabrik gula Pangkah terdapat Agrowisata Loko Antik. Kita bisa mengelilingi kebun tebu di sekitar pabrik gula ini dengan menggunakan lokomotif tempo dulu. Kebun tebu dan pabrik gula ini merupakan peninggalan dari penjajah Belanda.

 

5. Konsorsium Rumah Wayang

A post shared by Info Tegal (@infotegal) on

Tegal juga dikenal karena ketenaran Dalang Ki Enthus Susmono. Dalang yang sekarang menjabat sebagai Bupati Tegal ini memiliki Sanggar Satria Laras. Kini di dalam sanggar ini terdapat Konsorsium Rumah Wayang.

Rumah Wayang ini menyuguhkan ribuan wayang, baik wayang gaya tradisi maupun gaya kontemporer. Mulai dari wayang golek, wayang kulit, wayang santri, wayang bambu, wayang kreasi. Selain wayang, kita juga bisa melihat-lihat keris, topeng, batik tegalan, lukisan dunia pewayangan, dan senjata-senjata khas dunia pewayangan.

 

Tuh, banyak kan objek wisata menarik di Tegal? Punya rekomendasi objek wisata favorit lain di Tegal? Tuliskan di kolom komentar ya.

Tulisan di atas adalah kiriman dari pembaca. Kamu punya kesempatan yang sama juga lho untuk berbagi ide dan informasi di JadiMandiri. Klik di sini sekarang!

Leave a Reply