Jangan Patah Semangat, Jadikan 5 Tips Ini Pendorong untuk Bangkit dari Kegagalan

Siapa sih yang enggak pernah gagal? Semua orang pasti pernah merasakan pahitnya kekalahan dan kegagalan. Orang-orang beken pun enggak luput dari kegagalan. Bill Gates kuliahnya mandek. Oprah Winfrey dipecat dari pekerjaan pertamanya. Aktris langganan Oscar, Meryl Streep, dibilang terlalu jelek untuk jadi aktris di audisi pertamanya.

Tapi ada kata-kata bijak yang mengatakan orang paling sukses di dunia adalah mereka yang paling sering merasakan kegagalan. Kalau kamu sekarang masih merasa sulit bangkit dari kegagalan, coba praktikkan kiat-kiat di bawah ini.

 

1. MengakuiĀ kesalahan

tips bangkit dari kegagalan
via pixabay.com

Yap, langkah pertama bangkit dari kegagalan adalah mengakui kesalahan diri sendiri. Ego yang kuat sering bikin kita bersikeras kalau kegagalan bukan salah kita. Sikap defensif seperti itu memang melindungi diri kita dari emosi yang enggak enak. Sayangnya, defensif melulu bikin masalah enggak selesai-selesai,

Menyadari kesalahan yang kita perbuat sangat penting bagi perkembangan diri. Dengan mengakui kesalahan yang kita lakukan, kita jadi mampu melihat segala sesuatu dengan lebih objektif.

 

2. Umumkan kegagalanmu

tips bangkit dari kegagalan
via pixabay.com

Proyek gagal saja kok pakai diumumkan segala? Eits, jangan salah. Kini ada tren baru membicarakan kegagalan secara terbuka dan terang-terangan kepada orang sekitar. Tujuannya, selain bikin hati lebih legawa terhadap kegagalan tersebut, juga sebagai ajakan berkolaborasi dengan orang-orang yang mengalami nasib serupa.

Di San Fransisco, tren ini sudah berkembang menjadi sangat serius. Pada acara FailCon, semua investor, entrepreneur, pengembang aplikasi atau web, serta desainer kumpul bareng. Mereka saling berbagi dan mempelajari kegagalan mereka dan orang lain.

 

3. Lihat kegagalan sebagai peluang belajar

via wikimedia.org

Kalau mau jadi orang sukses, kita perlu memiliki pola pikir bahwa kegagalan adalah kesempatan untuk belajar. Setelah menerima kegagalan, kamu bisa mulai memikirkan di mana letak kesalahan yang kamu perbuat dan apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya.

Dengan pola pikir seperti ini, kamu tidak memandang kegagalan sekadar dari efek buruknya saja, tapi menjadikan kegagalan sebagai latihan untuk mengembangkan diri.

 

4. Salurkan emosimuĀ untuk usaha menuju sukses

via pexels.com

Saat mengalami kegagalan, banyak orang yang berlarut-larut dalam kesedihan. Kegagalan itu terus menerus mereka bicarakan berulang-ulang dalam nada yang getir. Hindari sikap seperti itu. Kalau kita fokus pada kesalahan dan kegagalan yang sudah terjadi, hidup kita enggak akan maju-maju.

Ketika mengalami kegagalan, untuk satu waktu, puaskan diri untuk menangis dan marah-marah. Sesudahnya kamu harus berjanji pada diri sendiri untuk kembali melangkah maju. Kumpulkan lagi semangatmu. Kalau keinginan untuk mengeluh mendadak muncul, langsung alihkan pikiran dan gunakan emosi itu maju.

 

5. Latih kekuatan tekad

via pixabay.com

Untuk bangkit dari kegagalan butuh kekuatan tekad. Kamu bisa belajar kembali menguatkan tekad. Caranya bisa dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan baru yang bermanfaat.

Kalau biasanya kamu sering telat, mulai bangun lebih pagi. Kalau kamu terbiasa makan makanan cepat saji, ganti dengan makanan yang sehat. Awalnya mungkin rada kikuk dan tidak nyaman tapi percaya deh kebiasaan baru tersebut akan menjadikan kamu lebih positif. Rasa semangat dan percaya dirimu juga akan terpompa kembali.

 

Sudah siap untuk kembali bangkit dari kegagalan?


 

Leave a Reply