7 Kebiasaan Tidak Sehat Generasi Milenial yang Wajib Kamu Jauhi

Banyak yang bilang kalau generasi kita, generasi milenial, adalah generasi yang malas dan manja. Pasalnya, perkembangan teknologi yang semakin pesat bikin hidup jadi semakin nyaman. Sayangnya, banyak yang enggak mau mengimbangi dengan gaya hidup yang baik. Makanya muncul perumpamaan “smart phone, stupid people.”

Biar kamu enggak terjebak stereotip buruk seperti ini, ayo hindari kebiasaan-kebiasaan tidak sehat generasi milenial berikut ini.

 

1. Terobsesi dengan gadget

via pexels.com

Anak muda banyak yang terobsesi mengikuti segala sesuatu yang baru. Sampai-sampai muncul istilah FOMO atau fear of missing out. Kalau dalam bahasa Indonesia artinya kira-kira “takut ketinggalan.”

Alhasil, banyak yang enggak bisa lepas dari gadgetnya. Riset menunjukkan sekitar 87 % generasi milenial menggunakan dua sampai tiga gadget dalam sehari.

Sayangnya, hal ini selain menghasilkan kebiasaan hidup yang buruk, juga meningkatkan stres. Banyak generasi milenial jadi sering membanding-bandingkan diri dengan rekan dan teman-temannya. Aktivitas fisik yang menyehatkan badan juga jadi terbengkalai. Hidup jadi terpusat pada gadget saja.

Coba batasi atau bahkan puasa gadget dan media sosial. Terlalu terobsesi juga enggak bagus. Bukannya menggunakan teknologi, kamu malah diperbudak oleh teknologi.

2. Pola tidur yang buruk

via staticflickr.com

Pernah enggak jadi begadang karena kebablasan nonton Youtube sebelum tidur? Kalau belum pernah, berarti kamu masuk ke dalam golongan orang-orang yang hampir punah. Soalnya generasi milenial hampir semuanya pernah tertidur sambil menggenggam telpon genggamnya.

Sebuah studi menunjukkan ketergantungan pada gadget berdampak buruk pada pola tidur, sementara pola tidur yang buruk menjadi salah satu faktor penyebab stres dan gangguan kesehatan. Dengan kata lain, kalau kamu tidak bisa mengontrol penggunaan gadget siap-siap mengalami gangguan kesehatan.

Karena itu kurangi ketergantunganmu pada gadget. Ganti nonton Youtube atau stalking media sosial sebelum tidur dengan aktivitas yang bisa bikin tidur lebih nyenyak seperti berolah raga atau baca buku.

3. Pola makan tidak sehat

via maxpixel.freegreatpicture.com

Gaya hidup yang mengutamakan kebebasan dan mobilitas tinggi bikin anak muda jadi sering menunda makan dan memilih makan makanan cepat saji yang enggak sehat. Padahal, makan secara teratur dengan nutrisi yang seimbang efektif membuat tubuh jadi fit. Metabolisme jadi normal, kadar gula darah tidak melonjak atau turun drastis, serta kesehatan mental tetap terjaga.

Sebaliknya, telat makan, apalagi kalau dilampiaskan dengan makan makanan yang tidak sehat, berpotensi menurunkan kadar gula darah. Akibatnya, kamu jadi pusing, lemas, dan stres.

Karena itu, balik lagi saja deh ke kebiasaan makan secara teratur. Simpan camilan sehat di tas atau laci meja kantor. Bawa selalu botol air supaya kamu enggak dehidrasi selama menjalankan aktivitas sehari-hari.

 

4. Budaya kerja lepasan yang kebablasan

via staticflickr.com

Tren pekerja lepasan dan kebebasan kerja melahirkan budaya baru di generasi milenial. Banyak milenial yang merasa produktivitas diukur dari hasil dan bukan dari lamanya bekerja di kantor. Bekerja enggak harus terikat sama waktu dan tempat.

Prinsipnya sih kedengaran bagus. Sayang, penerapannya banyak yang salah kaprah. Waktu untuk mengerjakan sesuatu jadi tercampur-campur. Waktunya tidur dipakai untuk kerja sementara waktunya kerja dipakai untuk tidur. Menurut suatu studi, pola kerja generasi milenial yang seperti ini justru bikin tambah stres karena memikirkan pekerjaan dimana pun dan kapan pun.

Bila kamu pekerja lepasan atau melakukan pekerjaan yang enggak harus ke kantor, coba terapkan waktu kerja. Seimbangkan kehidupan pribadimu dengan pekerjaan. Ingatkan pada diri bahwa waktu bekerja gunakan untuk bekerja dan waktunya istirahat kamu gunakan untuk istirahat.

 

5. Kebanyakan nongkrong

via pexels.com

Serial komedi Hollywood seperti Friends sering banget menampilkan adegan anak muda nongkrong-nongkrong ngobrol menghabiskan waktu. Kebiasaan ini memang enggak ada salahnya. Sayangnya, budaya populer ini diadopsi secara salah oleh generasi milenial.

Banyak generasi milenial yang berpikir kalau kumpul berlama-lama mengobrolkan masalah bisa membuat tingkat stres menurun. Sayangnya, studi menunjukkan membicarakan terus-menerus tentang masalahmu malah akan bikin kamu tambah stres. Apalagi kalau kamu berada di kelompok yang sama-sama sedang stres.

Studi juga menunjukkan bahwa kegemaran kita duduk-duduk nongkrong setelah seharian duduk di kantor berdampak buruk bagi kesehatan. Ada relasi kuat antara lamanya waktu duduk dengan tingkat stres. Kalau kamu kerja di kantor seharian, coba sesekali beranjak dari kursi. Lakukan olahraga ringan atau jalan santai keliling-keliling.

 

6. Budaya ngopi yang buruk

via wikimedia.org

Budaya minum kopi yang semakin marak bukannya tanpa sebab. Selain terlihat ngehits dan meningkatkan konsentrasi bekerja, kopi juga sudah menjadi subkultur dengan pengikut yang sangat banyak.

Sayangnya, minum kopi juga bisa membuat orang jadi gelisah, mudah tersinggung dan gugup. Kafein juga mengandung zat diuretik yang bisa menyebabkan dehidrasi. Akibatnya tingkat stres meningkat.

Mulailah kurangi konsumsi kopi harianmu. Kalau bisa, minum kopi tanpa kafein saja. Kalau sudah terbiasa selama beberapa minggu, coba setop sama sekali konsumsi kopi.

 

7. Maraton nonton

via staticflickr.com

Kebiasaan tidak sehat generasi milenial lainnya adalah maraton nonton. Mudahnya mengakses Netflix, Youtube, atau situs streaming film atau drama lainnya bikin generasi milenial betah berlama-lama di depan layar.

Hobi menonton sebenarnya tidak buruk selama tidak dilakukan dalam waktu yang lama. Kalau menonton terlalu lama, kamu justru mengorbankan waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk melakukan aktivitas fisik.

Karena itu coba deh tambahkan porsi aktivitas sehari-hari selain menonton dan main komputer. Lebih baik lagi kalau kamu melakukan aktivitas fisik seperti olahraga, jalan santai, memasak, atau main-main dengan hewan piaraan.

 

Dari 7 kebiasaan tidak sehat generasi milenial di atas, mana yang paling sering kamu lakukan?


 

Leave a Reply