8 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Setelah Naik Gaji

Siapa yang enggak senang kalau gajinya naik? Walau perasaan rada semringah karena dompet makin tebal, jangan langsung jemawa dulu. Terkadang naiknya gaji sering diikuti dengan bertambahnya pengeluaran. Supaya terhindar dari keadaan seperti itu, lakukan hal-hal berikut ini setelah naik gaji.

 

1. Diamkan sementara

8 Hal yang Sebaiknya Kamu lakukan Setelah Naik Gaji
Jangan hiraukan kenaikan gajimu untuk beberapa bulan via pixabay.com

Sewaktu dapat kenaikan gaji, boleh-boleh saja kok merayakannya dengan teman-temanmu. Cuma ingat, rayakan sekali saja. Setelah itu jalankan aktivitas dan pengeluaran kembali seperti biasa, kurang lebih satu sampai tiga bulan. Masa-masa ini adalah masa bagi kamu memikirkan perubahan atau penyesuaian yang perlu kamu lakukan dengan gajimu yang baru.

 

2. Buat Anggaran Baru

8 Hal yang Sebaiknya Kamu lakukan Setelah Naik Gaji
Buat anggaran baru via pixabay.com

Setelah menunggu beberapa bulan, buat evaluasi dari anggaran dan catatan keuangan yang kamu punya. Pos-pos pengeluaran mana saja yang membutuhkan penambahan anggaran atau apakah ada kebutuhan baru yang harus dibuatkan posnya dalam anggaran keuanganmu.

 

3. Bayar Utang

8 Hal yang Sebaiknya Kamu lakukan Setelah Naik Gaji
Hapus hutang-hutangmu via pixabay.com

Salah satu faktor uangmu tidak bertambah adalah karena punya banyak utang. Cek pengeluaran kartu kreditmu, begitu pula daftar utangmu yang lain kalau ada. Pos pengeluaran yang satu ini adalah wajib kamu perhatikan setelah naik gaji. Utamakan membayar utang sebelum kamu mengalokasikan kenaikan gajimu ke pos pengeluaran lainnya.

 

4. Asuransi

8 Hal yang Sebaiknya Kamu lakukan Setelah Naik Gaji
Dengan asuransi kamu akan terlindungi via pixabay.com

Kalau kamu sebelumnya belum punya asuransi, nah setelah gaji naik, wajib hukumnya kamu menyisihkan pendapatan untuk membayar premi asuransi. Pilih tipe asuransi sesuai dengan kebutuhanmu seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan lainnya. Dengan mempunyai asuransi, kamu enggak perlu bingung cari biaya pengobatan atau perawatan kalau tiba-tiba kamu mengalami sakit penyakit.

 

5. Dana Darurat

8 Hal yang Sebaiknya Kamu lakukan Setelah Naik Gaji
Dana darurat dapat digunakan untuk mobilmu yang rusak via pixabay.com

Pendapatan naik, besaran dana darutat juga harus naik. Atau kamu belum punya dana darurat sama sekali? Inilah kesempatanmu untuk buat pos dana darurat tersendiri.

Pos dana darurat ini dapat berguna kalau sewaktu-waktu kamu mengalami kejadian mendesak. Misalnya, rumah kena bencana, kendaraan tiba-tiba rusak, atau ada anggota keluarga yang terserang sakit berat.

 

6. Tabungan Pensiunmu

8 Hal yang Sebaiknya Kamu lakukan Setelah Naik Gaji
Menabung untuk masa tua via pixabay.com

Pengeluaran berikutnya yang perlu kamu lirik setelah naik gaji adalah pos tabungan pensiun. Enggak ada salahnya lho mulai berpikir panjang dan merencanakan pensiun sedari dini. Punya tabungan pensiun berarti kamu sudah punya bekal nanti di masa tua setelah tidak aktif bekerja lagi.

 

7. Wujudkan Impian

8 Hal yang Sebaiknya Kamu lakukan Setelah Naik Gaji
Jalan-jalan via pixabay.com

Kalau kamu punya mimpi jalan-jalan keliling Indonesia, kenaikan gaji bisa jadi kesempatan untuk mewujudkan impianmu tersebut. Pisahkan nilai kenaikan gajimu ke rekening lain dengan menggunakan tabungan berjangka. Saat target uang yang dikumpulkan sudah memenuhi, kamu bisa deh tuh, menjalani impianmu menjelajah Indonesia.

 

8. Tingkatkan Sedekah

8 Hal yang Sebaiknya Kamu lakukan Setelah Naik Gaji
Shelter binatang juga memerlukan donasimu via pixabay.com

Naik gaji berarti rezeki kamu ditambahkan. Jadi jangan lupa ya untuk meningkatkan sedekah sebagai bentuk rasa syukur. Kalau tadinya kamu hanya menyumbang ke yayasan atau rumah ibadah, sekarang kamu bisa menambahkan shelter hewan terlantar dalam daftar tempat-tempat yang wajib kamu berikan donasi.

 

Ketika naik gaji, satu hal yang perlu kamu ingat, sikapi kenaikan gajimu dengan bijak. Dengan begitu keuangan tetap aman terkendali. Kalau versimu, apa yang bakal kamu lakukan setelah gaji naik?


 

11 Comment

  1. Point 7 suka lupa dan susah ?

  2. M dwineko indrianto says: Reply

    Bener banget nih…
    Mengingatkan kembali..
    Kadang terlupakan.. ?

  3. Dwi Yuliana says: Reply

    Bener bgt nih..biasanya gaji naik bikin kalap..thanks tipsnya..sangat bermanfaat

  4. Mario Bya says: Reply

    Mantep nih tipsnya,biar duit gaji jelas alokasinya kemana.

  5. Fitria Yuniarti says: Reply

    Wahhh…. benar banget nih… harus di coba sesegera mungkin… makasih tipsnya sangat bermanfaat…

  6. Ega mardani says: Reply

    Itu dia, selalu aj ada yg terlupakan karena hal-hal yg 8 tersebut

  7. hardyna ayu says: Reply

    waah bener banget nih gaji tiap bulan dapet tapi gk nambah2 angka “0” nya direkening ?
    *maafcurhatsedikit ?

  8. Poin yg sedekah itu penting banget, kenapa? Kadang kita terbalik, buat janji jika sesuatu tercapai maka akan sedekah, gimana jika di balik sedekah dulu sebelum dapat mencapai sesuatu. Kalap mata itu manusiawi tp perencanaan seperti di atas adalah utk mitigasi kekalapan tersebut. Top banget deh tips nya.

  9. Cahyaning Dwi Nugrahaeni says: Reply

    Penting banget tipsnya, biar gak kalap lagi klo belanja ?

  10. Yans dwi putri pamunhkas says: Reply

    No.5 penting banget tu. Terkadang walau dh direncana, adaa aja pengeluaran tak terduga. Hehe..

  11. Deandra veruna says: Reply

    Sangat bermanfaat tips nya supaya gk kalap belanja hehe

Leave a Reply