5 Kiat Agar Bisa Membaca Perlahan dan Mendalam

Sudah banyak studi yang bilang manusia zaman sekarang makin sulit berkonsentrasi. Bisa jadi kamu enggak perlu jurnal-jurnal ilmiah itu karena sudah kamu rasakan sendiri. Keberadaan gadget dan berbagai notifikasi menghambat kemampuan untuk fokus beraktivitas seperti misalnya membaca buku.

Kalau kamu merasa hal ini mengganggu coba deh pelajari kemampuan membaca perlahan. Kebalikan dari teknik membaca cepat, membaca perlahan (atau slow reading) berarti kamu membaca dengan pelan-pelan, detail, dan mendalam. Kamu bisa lebih menghayati isi buku. Mau tahu seperti apa kiat agar bisa membaca perlahan? Simak di bawah ini.

 

1. Singkirkan gangguan

via maxpixel.freegreatpicture.com

Zaman sekarang, mengeblok internet dan gadget sama sekali enggak realistis. Perangkat tersebut kita butuhkan untuk bekerja dan melakukan kegiatan sehari-hari. Saran terbaik supaya bisa mulai membaca perlahan adalah menjauhkan diri dari teknologi untuk sementara.

Sisihkan waktu untuk membaca sekitar empat sampai lima jam per minggu. Matikan koneksi internet dan gadgetmu. Supaya lebih khusuk, kamu bisa juga unduh aplikasi seperti Freedom. Aplikasi tersebut berguna untuk mengeblok internet dan aplikasi online yang mengganggu produktivitas untuk sementara waktu.

 

2. Tetapkan target yang realistis

via pexels.com

Di luar sana banyak buku yang bisa jadi mengundang ketertarikanmu untuk membacanya. Tapi sekadar saran, kebanyakan pilihan buku adakalanya bikin kamu sebentar-sebentar mengganti buku yang sedang kamu baca. Daripada malah malas dan enggak baca apa-apa, sebaiknya kamu lebih realistis membuat target membaca.

Mulai dengan buku-buku yang sudah kamu punya tapi belum selesai kamu baca. Agar kamu lebih termotivasi, baca buku yang menarik bagimu. Pilih buku yang kamu rasa kamu mampu berkonsentrasi membacanya seenggaknya selama 30 menit. Tidak masalah kalau buku itu menurut orang lain terlalu ringan atau sudah pernah kamu baca. Toh yang membaca kan kamu sendiri, bukan orang lain.

 

3. Membaca dengan penuh kesadaran

via flickr.com

Limpahan informasi dari internet cenderung bikin kita jadi pembaca yang buruk. Kita lebih sering membaca cepat agar bisa mendapat banyak informasi dalam waktu singkat tanpa benar-benar membaca secara keseluruhan. Kalau kamu sering harus mengulang yang kamu baca, nah itu tanda kamu pembaca yang buruk.

Biasakan untuk membaca dengan penuh kesadaran. Fokus pada tiap kalimat dan dalami maknanya. Paksa dirimu untuk membaca lebih pelan dan membaca tiap kalimat sekali saja dengan hati-hati dan penuh perhatian.

 

4. Gunakan teknik ulasan awal

via flickr.com

Trik ini amat membantu saat membaca perlahan. Lakukan trik ini sebelum kamu benar-benar membaca isi buku. Caranya lihat judul pada tiap bab. Perhatikan juga subjudul, kata yang dicetak tebal, miring, gambar, ilustrasi, grafik, dan tabel dalam buku. Baca cepat kalimat pertama pada tiap bab dari buku tersebut. Tidak usah lama-lama, cukup 30 sampai 60 detik saja.

Sudah? Tutup buku tersebut dan tanyakan tiga pertanyaan ini pada dirimu sendiri. Pertama, apa inti dari buku itu? Kedua, buku itu menulis tentang apa? Ketiga, apa tujuan dari penulis?

Kamu mungkin merasa enggak bisa membuat ulasan dari informasi sesedikit itu. Namun coba saja dan kamu akan melihat bahwa ternyata kamu sudah bisa menangkap inti dari buku tersebut.

Setelah itu mulailah membaca. Pertanyaan-pertanyaan yang kamu tanyakan tadi pasti masih menggantung tuh di kepala. Justru, kalau kamu punya target untuk mengetahui jawaban pertanyaan tersebut, kamu akan lebih semangat membaca sampai tuntas dengan lebih saksama.

 

5. Hindari mengucapkan apa yang sedang kamu baca

via flickr.com

Kadang-kadang tanpa sadar kita suka mengucapkan apa yang kita baca, entah mengucapkannya dengan mulut atau mengucapkannya di dalam pikiranmu. Kebiasaan ini selain mengganggu konsentrasimu juga mengurangi kualitas membacamu. Fokuskan pikiranmu untuk membaca dan memahami bacaanmu.

 

Seperti sudah disebutkan di atas, membaca perlahan adalah kebalikan dari membaca cepat. Kalau membaca cepat digunakan untuk membaca banyak bacaan dalam satu waktu, membaca perlahan ini berguna untuk menikmati satu bacaan secara lebih lengkap dan mendalam. Sangat cocok untuk buku yang sangat kamu suka sewaktu membacanya.

Kamu punya enggak judul buku yang sangat kamu suka waktu membacanya? Boleh lho berbagi di kolom komentar.


 

Leave a Reply